3 Tindakan yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Luka Lecet



Terjadinya luka pada bagian tubuh membuat pasien merasa kurang nyaman, meskipun hanya luka lecet. Beberapa cara bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada luka yang diderita. Kebiasaan yang paling buruk ketika terjadi luka bekas sayatan, goresan, akibat jatuh dan lain sebagainya yaitu membiarkan luka tersebut dengan harapan sembuh tanpa harus diobati. Padahal perilaku tersebut bisa menjadi fatal ketika terjadi infeksi pada jaringan kulit luar dan sampai pada lapisan kulit terdalam.

Sebagai langkah atau tindakan yang tepat, sebaiknya Anda lebih memperhatikan luka tersebut agar tidak berdampak buruk kedepannya. Caranya bisa dengan melakukan 3 tindakan seperti di bawah ini:

1. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik



Ketika Anda mengalami luka lecet yang disebabkan karena terjatuh, tergores, tersayat dan lain sebagainya, tindakan pertama yang harus Anda lakukan yaitu membersihkan luka tersebut dengan cairan antiseptik. Tujuannya agar pertumbuhan mikroorganisme bakteri bisa dicegah dan tidak terus menjalar pada area tubuh yang lain.

2. Oleskan obat antibiotik

Antibiotik berfungsi sebagai penghambat, penghancur dan melawan bakteri yang menempel pada luka tersebut. Setelah dibersihkan dengan cairan antiseptik, ada baiknya Anda mengoleskan obat antibiotik untuk mencegah luka agar tidak parah.

3. Gunakan plester hansaplast

Salah satu plester yang mampu melindungi luka dan mempercepat luka menjadi kering yaitu plester hansaplast. Perkatnya sangat kuat, sehingga luka lecet yang Anda derita dapat terlindungi dari sentuhan debu dan kotoran dari luar.

Dengan melakukan ketiga tindakan tersebut dimungkinkan luka lecet yang Anda rasakan akan cepat kering dan akhirnya sembuh secara optimal. Merawat luka lecet sebetulnya sangat mudah, asalkan Anda benar – benar memahami dan mempraktekan tiga tindakan diatas. Intinya, setiap luka yang Anda alami selalu siapkan di kotak P3K plester hansaplast, karena balutan plester pada luka merupakan pertolongan pertama untuk melindungi luka agar tidak infeksi.

Hansaplast juga tidak hanya mengeluarkan produk plester saja, terdapat pula koyo hangat untuk meredakan pegal, nyeri otot dan lain – lain.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

Kita Utang Pada Siapa?

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Ebook Ke Dua