5 Manfaat Buah Kersen Untuk Anak Muda




Pribahasa mengatakan 'semut di seberang lautan terlihat, gajah di pelupuk mata tak kelihatan' yang maknanya adalah; kita sering mencari hal-hal yang kita butuhkan terlalu jauh sampai-sampai yang ada di dekat kita tak terlihat dan kita lupakan. Entah benar atau salah saya mengartikan pribahasa tersebut, tapi kurang lebih maknanya seperti itu.

Lalu apa hubungannya?

Seperti halnya buah kersen - kalau di daerah saya disebut kersem - yang luput dari perhatian kita padahal banyak mengandung manfaat. Pohonya ada disekitar kita, mudah menemukannya. Bahkan sebagian orang menyebutnya pohon liar. Walaupun saya kurang setuju dengan sebutan liar. Mungkin saya lebih suka menyebutnya tanaman yang deket dengan kita. Saking dekatnya sampai dikira pacaran. Halah..

Diantara manfaat-manfaat buah kersen itu menurut saya ada manfaat yang memang sepertinya diperuntukan bagi kaula muda. Kok bisa gitu? Saya juga kurang paham ini antara biar artikelnya dibaca atau memang dugaan saya benar bahwa manfaat buah kersen ini memang untuk anak muda macam aku dan kamu-kamu sekalian.

Apaan sih manfaatnya buah kersen ini untuk anak muda?

Ini dia:

Meningkatkan Kesehatan Mata



Sebagai anak muda yang harus mempunyai fisik yang prima terutama pandangan mata kita. Sebagai alat utama untuk mengamati apa pun dalam bentuk visual. Menurut penelitian - yang saya juga tidak begitu benar-benar tahu keabsahannya - bahwa buah kersen itu diperkaya dengan vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Buah kersen menjadi asupan yang dibutuhkan untuk menjaga retina tetap sehat serta menjaga dan melindungi daya penglihatan.

Dengan mata yang sehat anak muda bisa melihat dengan baik. Dengan begitu diharapkan generasi muda Indonesia bisa membaca, belajar, dan lain-lain dengan mata yang kuat dan tajam dan tidak belekan (yang terakhir penting sekali). Untuk anak muda yang jomblo juga diharapkan dengan menjaga kesehatan matanya dengan memakan buah kersen, bisa melihat mana yang bisa didekati dan mana yang sebaiknya direlakan saja.

Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat & Menjaga Kesehatan Kulit


Anak muda harus senantiasa memiliki pemikiran dan semangat yang fresh seperti usianya. Tapi juga harus punya wajah yang segar dan berseri. Kalau bersinar saya kurang setuju. Memangnya wajah kalian lampu. Nah, biasanya anak muda sering punya masalah dengan wajah dan kulitnya. Biasanya jerawatan yang hampir semua anak muda mengalaminya.

Tapi untuk anak muda di daerah-daerah bersuhu yang panasnya 'kurang santai' bukan hanya jerawatan saja, tapi juga kadang mereka mengalami masalah pada kulit. Kulitnya kering dan kadang busik..

Nah.. untuk kaula muda yang memiliki masalah jerawat di wajah, cobalah untuk menggunakan buah kersen sebagai masker.

Caranya?

Haluskan buah kersen bisa dengan blender atau sekedar ditumbuk lalu kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Atau teman-teman yang muda-muda diluar sana juga bisa langsung menggunakannya dengan memencet buah kersen, kemudan cobalah gunakan bagian biji dan air di dalamnya untuk dioleskan pada kulit wajah. Lakukan perawatan ini rutin;  setiap sebelum tidur malam (bukan tidur siang). Tunggu hasilnya yah. Tidak ada pengobatan yang instan.




Dan ternyata sejumlah antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah kersen sangat efektif mencegah tanda-tanda penuaan dini, sehingga kulit akan tampak awet muda. Ini penting sekali untuk para pemuda yang umurnya muda tapi kelihatan wajahnya kok tua sekali. Sering-sering makan buah ini yah.

Selain itu, mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C akan membuat kulit wajah menjadi lebih berseri 100% alami tanpa bahan pengawet. Katanya 100 gram buah kersen sama dengan 150 miligram vitamin C. Ajaib nian buah ini.

Menurunkan Berat Badan


Untuk anak muda yang mau diet buah ini recommended. Selain memang buah-buahan yang lain. Tapi buah ini relatif murah bahkan GRATIS. Cari saja di pinggir jalan atau kalian juga bisa menanamnya sendiri. Kalau memang malas menanam sendiri cobalah tengok tetangga adakah pohon kersen disana. Tapi saya juga heran ini kenapa buah mungil merah ini bisa untuk diet..

Kok bisa sih?

Nah, katannya si buah kersen ini mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan lapar lebih lama. Cocok untuk kamu jadikan sebagai konsumsi setiap harinya. Nah kalau laper carilah buah kersen. Ini juga cocok untuk anak muda yang ngekost baik mereka mahasiswa atau pun yang sudah bekerja. Wahai anak muda yang ngekost kersen adalah solusi pangan nasional bagi kalian. Segerakanlah mencari buahnya dan kumpulkan untuk kelak di tanggal tua.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker



Ini memang agak serem untuk bahasan sebagian anak muda. Tapi jangan teman-teman pikir kanker itu buat orang-orang tua saja, anak muda juga punya potensi. Halah potensi. Jadi potensi itu bukan potensi di bidang akademik atau non akademik saja tapi di bidang kesehatan juga. Makanya perhatikan dengan baik. Dan segeralah cari pohon kersen makan buahnya dan jangan lupa, jaga mereka supaya jangan ditebang. Asal jangan teman-teman sembah saja.

Terus bagaimana caranya buah imut ini bisa menghambat sel kanker? Nah, ternyata kandungan antioksidan dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten yang ada di dalamnya.

Ternyata bukan hanya buahnya saja, daun buah kersen pun juga bermanfaat karena terdapat kandungan flavonoid yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga mengonsumsinya secara teratur sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Semoga bisa menjadi solusi.

Menjaga Jantung Tetap Sehat


Nah ini ngomong-ngomong soal daun buah kersen ternyata ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi mikrodardium. Apakah itu mikrokardium?

Mikrokardium adalah merupakan lapisan otot jantung yang bertugas untuk memompa jantung dan memasok darah ke seluruh tubuh. Konsumsi teratur daun kersen ini berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium. Sehingga memungkinkan jantung tetap sehat. Mantap bukan?!

Nah ini juga bahasan yang serem nih. Tapi kan banyak anak muda yang jantungan apalagi pas lihat mantannya sudah punya yang baru dalam sekejap. Artinya kita anak muda juga harus memperhatikan kesehatan. Terutama kesehatan jantung kita. Yah, walaupun kita sudah menjaga jantung kita tapi tetap saja ada bagian tubuh kita yang sakit tapi setidaknya jantung kita aman bos. Tetap jaga kesehatan lah. Caranya gampang tinggal makan buah kersen saja. Tapi juga jangan lupa olahraga, olahjiwa dan olah-olah yang lain yah.

Itulah manfaat-manfaat buah kersen untuk anak muda.

Terbukti apa yang ada di sekita kita, tadinya kita anggap sebagai hal yang biasa-biasa saja tapi ternyata mempunyai khasiat dan manfaat yang tidak kita duga sebelumnya. Saya menangkap pesan bahwa apa yang ada disekitar kita adalah prioritas utama yang harus kita perhatikan. Contohnya buah kersen yang tidak jauh dari lingkungan kita ini. Dalam konteks sosial kita juga harus memperhatikan orang-orang dekat disekitar kita; keluarga, sahabat, teman, tetangga dan lain lain yang memang masih bisa kita jangkau. Jaga mereka, hormati mereka, sayangi mereka.


Hehe..

Segitu saja lah. Jaga selalu kesehatan kalian wahai anak muda. Kasih tahu juga teman-teman kalian dengan membagikan artikel ini ke penjuru negeri. Saya do'akan kalian selalu dalam kondisi kesehatan yang prima. Merdeka!



Source image: Self documented & Google

Komentar

  1. buah kersen itu sama nggak buah seri

    BalasHapus
  2. Ini nih buah paling banyak di temuin di desa waktu kecil. Dulu suka banget nyarin buah ini terus di makan rame-rame sama teman. Kalau sekarang mah pohon kayak gini di kota jarang banget ada, kalaupun ada buahnya malah gak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kota mah dimakanin tukang tambal ban Bim hahaha

      Hapus
  3. Join di sahabatkartu sekarang juga !!
    Dapatkan Promo - Promo Menarik Di SAHABATKARTU
    Agen Domino 99 Terbaik Di indonesia
    Bonus Game Hingga 0.5% ( Kalah / Menang Tetap Dapat )
    akses link : www*sahabatkartu*Zone
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan saya akan BW balik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Postingan populer dari blog ini

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

Kita Utang Pada Siapa?

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Ebook Ke Dua