Kepedulian Keluarga Sukanto Tanoto Dalam Pemberdayaan Masyarakat






            Pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup dipercaya oleh keluarga Sukanto Tanoto sebagai solusi pengentasan kemiskinan. Atas dasar itulah, ketiga hal tersebut otomatis menjadi fokus kegiatan Tanoto Foundation.

            Selain memberikan bantuan pendidikan kepada para siswa, mahasiswa, dan guru melalui beasiswa serta program Pelita Pendidikan, Tanoto Foundation juga memberikan bantuan kepada masyarakat sebagai salah satu langkah untuk pemberdayaan masyarakat.

Salah satu bentuk perwujudannya, Tanoto Foundation menggelar beragam pelatihan kepada petani serta ibu rumah tangga. Para petani diberi bekal dalam menjalankan sistem pertanian yang baik, dan melakukan pendampingan agar produksi meningkat. Selain itu, pendidikan untuk pemasaran juga diajarkan.

            Salah satu penerimanya adalah seorang petani sawit asal Pelalawan, Riau, bernama Rusman Efendi. Sebagai tulang punggung kehidupan keluarga, Rusman sangat berharap produksi kelapa sawitnya terus meningkat. Selain itu, ia ingin agar proses pemasaran semakin mudah supaya ekonomi keluarganya kian membaik. 


“Dulu saya harus menempuh jarak yang jauh untuk menjual kelapa sawit. Kadang buah menjadi busuk di tengah jalan. Kini, saya lebih mudah menjual produk saya. Belum lagi saya mendapat pendampingan dan pelatihan dari Tanoto Foundation untuk menjalankan sistem pertanian yang baik. Sekarang, hasil panen kelapa sawit saya terus meningkat,” kata Rusman.

            Sejak saat itu, kehidupan Rusman berubah. Taraf hidup semakin membaik seiring dengan kemampuan ekononi yang meningkat. Namun, bukan hanya Rusman yang merasakannya. Ibu rumah tangga juga mendapatkan dukungan dari Tanoto Foundation untuk memperbaiki hidupnya. Caranya ialah dengan memberi pelatihan untuk mencari penghasilan tambahan.

            Salah satu contohnya adalah Yusfaini yang diajari keterampilan membatik. Ia juga dibimbing dalam memasarkan batik buatannya. Hasilnya sungguh positif. Dari awalnya ia  tidak mampu membantu ekonomi keluarga, sekarang Yusfaini sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri.

            “Dari tidak bisa apa-apa, kini saya bisa membatik berkat pelatihan dari Tanoto Foundation. Saya juga dibantu untuk memasarkan produk batik saya. Hasilnya cukup untuk menambah penghasilan keluarga,” tutur Yusfaini.

            Kisah Rusman dan Yusfaini hanya sebagian dari upaya pemberdayaan keluarga yang dilakukan oleh Tanoto Foundation. Selain mereka, masih banyak pihak lain yang menikmati dukungan serupa.

            Hingga kini, Tanoto Foundation sudah memberi dukungan kepada lebih dari 5.661 petani dalam menerapkan sistem pertanian yang baik. Tanoto Foundation juga menyediakan pelatihan manajemen bisnis kepada 215 pengusaha kecil dan melatih keterampilan usaha bagi 144 orang.

            Harapannya keluarga Sukanto Tanoto untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia, sedikit demi sedikit telah menunjukkan hasil positif.

Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...