Senin, 29 Agustus 2016

Daftar Hotel di Samarinda yang bisa Kamu Jadikan Tempat Menginap




Mimpi gue yang pengen keliling Indonesia mengunjungi tempat terindah dan tempat bersejarahnya masih tetap ada sampai saat ini. Gue percaya suatu saat akan terlaksana. Mungkin awalnya dari kenal orang-orang dari luar pulau Jawa dulu kayak Samarinda misalnya. Gue punya temen orang Samarinda walaupun kita kenal satu sama lain lewat media sosial dan blog. Namanya Kukuh dan Ichsan (si Ayam Sakit). Kita cukup akrab di sosial media, mungkin kalau gue udah start keliling Indonesia dan ketika gue berkunjung ke Samarinda, mereka lah yang akan gue hubungi terlebih dulu.

Sebelum gue sampai tempat-tempat yang akan gue kunjungi nanti mungkin gue akan survey hotelnya dulu. Jadi traveler harus serba tahu dan harus cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan dikunjungi. Buat lo yang suka bepergian secara backpacker ke berbagai daerah, tentunya butuh tempat bermalam bukan? Nah gue udah bikin list beberapa hotel untuk bermalam di Samarinda. Mungkin ini akan bermanfaat buat lo yang sedang merencanakan untuk bepergian ke kota Samarinda namun belum tahu mau bermalam di mana dan hotel apa. Nih beberapa hotel yang bisa lo jadikan tempat untuk bermalam di kota Samarinda.


1. Hotel Bintang Dua
Kelas hotel bintang 2 sering disebut dengan nama Standard Class hotel. Hotel dengan bintang ini dikenal juga dengan istilah budget hotel yakni hotel dengan harga yang sangat terjangkau namun cukup nyaman untuk tidur. 

Standar yang dipenuhi hotel berbintang 2 meliputi kamar dengan shower atau bathtub, jasa membersihkan kamar rutin, TV berwarna, meja dan kursi, sabun dan keperluan mandi lainnya, adanya resepsionis, adanya layanan faksimili, adanya layanan telepon untuk tamu, sarapan, minuman, adanya layanan deposit, sarapan dalam bentuk buffet, lampu baca di sebelah ranjang, handuk, linen, tambahan produk perawatan diri seperti sikat gigi, alat cukur, pasta gigi. Selain itu, juga harus ada layanan pembayaran dengan kartu kredit.

Salah satu hotel bintang 2 yang bisa lo coba di Samarinda yakni Amaris Hotel Samarinda yang berada di Jalan Dokter Sutomo No. 75, Samarinda Ulu, Kota Samarinda. Hotel ini memiliki total 102 smart rooms. Dari situs resminya, harga kamar terendah per malam dibanderol senilai 382.645 rupiah. Harga kamar bisa berubah kapan saja, jadi pastikan anda mengecek lagi di situs resminya.

2. Hotel Bintang Tiga
Kelas hotel bintang 3 sering disebut juga sebagai Comfort Class hotel. Hotel dengan bintang ini umumnya mematok harga terjangkau namun dengan kualitas yang cukup mewah. Standar yang dipenuhi hotel berbintang 3 meliputi standar hotel bintang 2 ditambah adanya layanan mengangkat koper, telepon di dalam kamar, akses internet, alat pengering di kamar mandi seperti hairdryer dan tisu, cermin, alat jahit, alat pembersih sepatu, layanan laundry, bantal tambahan, sistem untuk mengajukan keluhan. 

Salah satu hotel bintang 3 yang bisa anda coba di Samarinda yakni Horison Hotels Samarinda yang berada di Jalan Imam Bonjol No. 9, Samarinda. Hotel ini memiliki total 97 kamar deluxe, lalu juga ada kamar tipe junior suite dan president suite. Dari situs resminya, harga kamar terendah per malam dibanderol senilai 490.000 rupiah. Harga kamar bisa berubah kapan saja, jadi pastikan lo mengecek lagi di situs resminya.

3. Hotel Bintang Empat
Kelas hotel bintang 4 sering disebut juga sebagai First Class hotel. Standar yang dipenuhi hotel berbintang 4 meliputi standar hotel bintang 3 ditambah fasilitas lobby dengan tempat duduk dan layanan minum, layanan makan di kamar, minibar, kursi atau sofa dengan meja, mantel mandi dan selop, restoran a la carte. 

Salah satu hotel bintang 4 yang bisa lo coba di Samarinda yakni Aston Samarinda Hotel & Convention Center yang berada di Jalan Pangeran Hidayatullah, Samarinda. Hotel ini menawarkan kamar tipe Superior dengan luas 24 meter persegi, deluxe dengan luas 25 meter persegi, business suite dengan luas 40 meter persegi, dan junior suite dengan luas 44 meter persegi. Dari situs resminya, harga kamar terendah per malam dibanderol senilai 698.000 rupiah. Harga kamar bisa berubah kapan saja, lagi-lagi pastikan lo mengecek lagi di situs resminya.

 

4. Hotel Bintang Lima
Kelas hotel bintang 5 sering juga dikenal dengan istilah Luxury Hotel. Standar yang wajib dipenuhi hotel bintang ini meliputi standar hotel bintang 4 ditambah fasilitas parkir valet dan layanan membukakan pintu, lobi hotel yang luas, kotak penyimpanan di kamar. 

Salah satu hotel bintang 5 yang bisa anda coba di Samarinda yakni Hotel Bumi Senyiur yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro No. 17-19, Samarinda. Hotel ini memiliki total 142 kamar yang dibagi menjadi 122 superior room, 12 deluxe room, 5 junior suite, 3 executive suite, dan 1 senyiur suite. Dari situs resminya, tidak diperoleh harga kamar per malam. Oleh karena itu, jika lo berminat maka bisa coba langsung menanyakan ke Hotel Bumi Senyiur.




Itulah hotel-hotel yang udah gue list down. Semoga gue bisa keliling Indonesia dengaan cepat dan sampai di Samarinda dengan mudah nyari tempat tidur. Semoga ini juga bisa membantu kalian yang ingin berlibur atau berencana ke Samarinda tapi nggak tahu info tentang hotel-hotelnya. Itu ajah dari gue, silahkan komen di bawah. Kalau bermanfaat silahkan share.

Image source: Google, self edited

12 komentar:

  1. seandainya tiap jalan2 bisa sesuka hati milih hotel
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    tanpa mikirin kantong :')

    BalasHapus
  2. Setuju banget sama komen di atas!

    Hmmm, ngomong-ngomong, awalnya gue kira ini isinya hotel2 melati atau backpacker atau losmen semacemnya yang murah2 gitu. kayaknya kalo hotel berbintang gini mah orang gak susah ya carinya karena di web travel atau maps pun ada. Hihi coba nanti masnya sekali2 share tentang hotel backpacker ��

    BalasHapus
  3. Keren, gue pernah nginap di hotel bintang 3 berkualitas 5, di bandung, kalo nggk salah hotel trio, isinya lengkap, tv kulkas wc meja makannya juga disana ada resroran, keren disana

    BalasHapus
  4. Kok ikut pengen nulis post seperti komentar pertama, ya bg. :D Seandainya..... haahahah.

    Tapi, itu makasih banget bg, udah ngasi informasi dari mulai hotel bintang 1 sampe hotel bintang lima yang ketje badai itu. Andai saja.... :D

    Nanti kalo pas ke Samarinda, keknya bisa nih, referensi. :)

    BalasHapus
  5. Aku pun berasa pengen nulis komen kayak yang pertama. Huhuuu....
    Apalah daku yang cuma serpihan jajan egg rolls ini... :'(

    Tapi ini bisa deh di-noted. Kali2 aja nanti ada sodara, temen atau kenalan yang lagi referensi hotel2 di Samarinda yang nyaman.
    Atau one day kalau udah punya duit banyak trus travelling ke Banjarmasin, bisa lah cap cis cup milih hotel yang udah direkomendasiin ini... :)

    BalasHapus
  6. Bang topik, aku minep di rumahmu aja lah ya, gaisah di hotel hotel gitu. Takutnya enggak bisa tidur. Enggak biasa tidur di hotel sih, iya takut gam bisa tidur kepikiran tagihannya gitu. Apalagi kalo bintangya banyak widih aku malah khawatir pulang pulang lupa cara tidur nyenyak di kasur kosan. Saking jumawanya tidur di hotel bintang hehe

    BalasHapus
  7. baru tau gue perbedaan hotel bintang 2 sampe bintang 5 dari segi pelayanan dan fasilitasnya, hehe... *kampungan*

    tapi harus siapin budget yang lumayan biar bisa tidur di hotel-hotel kayak diatas, harga kamar permalam hotel bintang 2 aja udah bisa bikin kantong mahasiswa gue jebol hahaha.. :v

    gue juga punya cita-cita buat backpackeran, tapi gue ga kepikiran buat nginep di hotel, mungkin lebih ke hostel atau penginapan-penginapan murah, selain hemat, juga feel backpackernya juga bakal lebih kerasa :v

    BalasHapus
  8. Duh aku magh seumur umur baru nginep di hotel yang bintangnya banyak itu sekali doang. Itupun yak gratisan. Hahahaha.

    Menikmati semua fasilitas hotel gratis. Itu nikmat luar biasa bang.

    Tapi kalau jalan jalan luar kota, biasanya aku selalu menghubungi teman di sana. Numpang nginep. Hahahaha. Lumayan buat menekan bujet

    BalasHapus
  9. lengkap banget pik, dari yang hotel bintang dua sampe bintang tujuh :p

    kalau buat kita-kita, anak-anak unyu dengan penghasilan minim, bisa lah nginep di hotel murmer tapi fasilitasnya lengkap. eh tapi kalau boleh nih pik, nginep dirumah kamu aja gimana? (tetep maunya yang gratis)

    BalasHapus
  10. hotel bintang lima bikin kepengen bang, tapi apalah daya tangan tak sampai, hahaha...

    dan akhirnya gue tau apa bedanya hotel bintang dua sampe lima, hahaha...

    Bisalah lah ya, jadi refrensi

    BalasHapus
  11. Gue juga masih punya mimpi untuk keliling indonesia, bro. Semoga kita bisa keliling indonesia!!!

    Hmm... hotel ya? Klo bisa sih yang berbintang banyak tapi tetep hemat di kantong. Apalagi gratisan. Gue banget tuh.. hihu

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*