Langsung ke konten utama

Life Ready




Bulan kemarin bapak beli paralon buat benerin saluran air yang udah lama pakek selang. Kata bapak selang bukan untuk tempat air mengalir jangka panjang, sifat selang yang lentur  pun jadi masalah. Dari situ gue banyak belajar siapa tahu nanti ketika gue punya rumah sendiri dan gue harus benerin saluran air sendiri, motong paralon sendiri dan lain-lain serba sendiri karena bapak nggak selalu ada di samping gue. 

Semakin kita dewasa semakin kita dituntut untuk menjadi mandiri dalam segala hal. Kita harus bisa terlepas dari orang tua, dalam artian nggak boleh lagi apa-apa ngandelin orang tua. Di sekolah gue nggak pernah diajarin gimana caranya nyuci baju sendiri. Padahal itu sangat penting. Di sekolah gue cuman diajarin suruh pakek baju/seragam doang soalnya kalau nggak pakek baju aurat gue kemana-mana.

Padahal yang lebih penting menurut gue, di sekolah kita diberikan pelajaran kemandirian. Dikasih tahu bahwa begitu pentingnya mencuci baju sendiri dan menyetrikanya sampai rapih. Supaya apa? Supaya kita tahu bagaimana proses sebuah baju bisa kita pakai – dari mulai kita cuci sampai akhirnya kita pakai – dan ujungnya diharapkan kita nggak bakalan corat-coret baju pas kelulusan.
Kalau kita tahu betapa sayangnya kita dengan seragam yang kita pakai – karena kita yang cuci sendiri dan nyetrika sendiri – mau di corat-coret rasa-rasanya sayang banget dan diharapkan kita bisa ngasiin baju bekas itu ke orang yang lebih membutuhkan.
Tapi kita juga mau mengekspresikan kelulusan kita pik pakek pilok dan corat-coret gitu di seragam kita, buat kenangan.
Men, itu tuh dogma mainstream – kalau kita lulus harus corat-coret pakek pilok dan pakek spidol. Sebenarnya ada media lain untuk kita bisa mengekspresikan diri, yaitu kaos dalem yang tipis. Corat-coretnya disitu ajah, itu kalau lo maksa banget pengen corat-coret.
Tapi kalau lo mencoba melawan ke-mainstream-an itu dengan menyumbangkan seragam yang lo pakai dan nggak usah corat-coret apalagi konvoi di jalanan nggak pakek helm, gue yakin orang tua lo akan bangga melihat anaknya sudah melakukan hal yang bermanfat untuk orang lain. 
Itulah efek kemandirian yang gue maksud – yang harusnya diajarkan dan diperhatikan di sekolah – itu akan berefek pada kehidupan dan akan berlangsung selama kita hidup.
Sekarang gue pun merasakan sistem kemandirian yang gue buat sendiri sejak gue SMA. Walaupun gue belum bisa mencuci baju sendiri tapi gue udah bisa nyuci piring, ngepel, nyapu, angkat galon dan lain-lain. Nah, baru setelah gue kuliah semester lima gue udah mulai nyuci baju sendiri, sampai sekarang.
Mungkin buat kalian yang masih belum mandiri percayalah ada beberapa perempuan yang suka banget sama laki-laki yang LIFE READY. Makanan apaan tuh?
Menurut Tofik Dwi Pandu (alien), Life Ready adalah kondisi dimana ketika kita menjalin hubungan yang serius, lalu kemudian menikah, kita (khususnya cowok) akan dituntut untuk bisa mengatasi hal-hal kecil dalam hidup. Misalnya angkat galon dan tumpahin galon ke dispenser, pasang gas untuk masak, benerin genteng dan lain-lain.  Itulah Life Ready.
Mungkin yang baca bertanya-tanya:
Yang masih pelajar: “pik, kita kan masih sekolah pernikahan masih jauh dari benak kami, gimana dong?”
Oke, gini. Sebuah kebiasaan itu dibentuk dari LIFE DATA BASE EXPERINCE. Kalau lo bisa naik sepeda sekarang, dulu pasti lo pernah belajar naik sepeda sampai jatuh berkali-kali (life data base), sampai akhirnya lo bisa sepedaan kemana-mana, lo benar-benar mengalaminya.
Artinya lo mengalami secara langsung (experience). Itulah kenapa ada  orang yang nggak bisa naik sepeda walaupun sebenarnya naik sepeda itu gampang banget, tapi karena dia nggak mau mencoba untuk benar-benar mengalami gimana rasanya naik sepeda dan belajar mengendaraianya akhirnya dia nggak bisa.
Sama ajah kayak hal-hal yang gue bilang diatas: nyuci baju, ngepel, dan lain-lain. Apa lo langsung bisa? Mungkin karena lo smart, satu atau dua kali nyuci baju aja langsung bisa. Tapi karena kebiasaan itu ‘baru’ saja dimulai waktu SMA atau baru setelah baca tulisan ini, gue rasa bakal nggak kokoh. Lo pasti akan males buat nyuci baju lagi. Hari itu mungkin lo nyuci baju sendiri, bisa jadi besok, lusa atau hari-hari selanjtnya lo bakal males buat nyuci baju lagi.
Hal ini juga bukan buat yang nikah ajah. Lagian lo  juga pasti akan menikah. Ini tuh bisa jadi ‘senjata’ kalau lo udah kerja sendri, jauh dari orang tua dan hidup sendirian di perantauan. Yang nyuci baju lo siapa? Yang nyuci daleman lo siapa? Yang nyuci piring bekas lo makan siapa?
Ya, kalau lo orang kaya gue yakin bakal lo jawab “gampang lah, tinggal ke laundry, beres. Urusan makan juga tinggal makan di restoran atau warung-warung makan”. Itu untuk orang kaya, sementara nggak semua orang punya uang untuk terus-terusan bayarin laundry apalagi makan di restoran dan warung makan.
Hal ini kelihatannya sepele tapi penting untuk bisa kita lakukan. Makanya kita harus mempersiapkan Life Ready  dari sekarang. Apa yang harus dilakukan? Ini dia..

Kita harus bisa beli dan angkat galon
Kebayang nggak sih seorang cowok beli galon nggak tahu caranya gimana. Kalau beli galon sendiri pasti bisa lah urusan gotong ke tempat kita ada mamang tukang galon lah gimana kalau angkat galon? Apalagi ketika numpahin galon ke dispenser.

source

Numpahin galon
Yah, keahlian ini menurut gue sangat amat penting di dunia ini. halah… Gue pun belajar numpahin galon ke dispenser waktu SMA, dan sampai sekarang bisa dikatakan ahli dalam dunia pergalonan khususnya bagian numpahin. Walaupun kadang baju gue basah semua.

Benerin saklar lampu
Nah, untuk benerin saklar lampu gue belajar sama bapak. Di rumah bapak selain ngurusin jajan anak-anaknya, juga ngurusin saklar lampu. Keahlian ini sungguh sangat bermanfaat dikala saklar udah jebol. Yang gue belum bisa bikin adalah saklar buat on-offin perasaan cewek. Untuk kalian para kaum Adam belajarlah tentang saklar lampu niscaya kamu akan mendapatkan kemenangan di masa depan.

Ganti bola lampu yang padam

source
Lampu rumah tidak selamanya menyala seperti kehidupan yang tidak akan selamanya selalu bahagia pasti akan ada kesedihan melanda. Halah.. untuk bagian ini gue rasa cukup mudah cuman kudu hati-hati ajah supaya nggak kesetrum, usahakan pakai alas kaki dan jangan lupa saklar lampunya dimatiin dulu sebelum diganti lampu yang baru.

Benerin genteng
Benerin genteng yah bukan benerin ganteng. Kalau urusan ganteng gue nggak bisa bantu mungkin tetangga sebelah bisa. Untuk kalian yang atap rumahnya terbuat dari genteng tanah mungkin kalian akan sering benerin genteng.

Kenapa gentengnya dibenerin? Sebenarnya dibenerin bukan arti yang sebenarnya yah, tapi  kayak semacam diganti gitu. penyebab genteng diganti karena: bisa karena kegeser akibat ada kucing kawin yang lagi kejar-kejaran ala film India di atas genteng kalian atau bisa juga karena gentengnya mulai pecah-pecah kayak hati lo.

Hati-hati kalau benerin genteng, usahakan pakek tangga dan usahakan juga harus bia turun lagi. walaupun tanpa tangga.

4N (Nyuci baju dan piring, Nyetrika, Ngepel, dan Nyapu)
Ini bukan pekerjaan pembantu men. Ini adalah pekerjaan anak-anak mandiri. Semua skill itu harus lo kuasain. Gunanya ketika suatu saat lo hidup berdua bareng pasangan dan mulai ada si kecil di keluarga lo sementara pasangan nggak bisa nyuci karena harus netein bocah lo harus turun tangan buat nyuci, nyetrika, ngepel dan nyapu kalau ada waktu luang. 



-----
Keterampilan itu nggak bakal kita dapetin di sekolah, emang sekolah nggak wajib ngajarin itu tapi setidaknya ada materi yang membahas tentang kemandirian dalam hidup di kelas-kelas. Biar nggak terus menerus bergantung pada orang tua dan juga agar anak mampu bertahan ketika hidup sendirian (apalagi kalau jomblo).
Didikan ibu-bapak gue dulu, baru sekarang gue rasain. Gue bisa ini itu dan gue nggak malu sama sekali. Gue malu kalau gue nyolong, ngambil hak orang lain dan nggak pakek celana di muka umum. Itu doang.
Jadi tuntutan untuk menjadi mandiri adalah tuntutan yang setiap orang harus melaksanakannya. Gue juga pernah lihat anak orang kaya, anak-anak pengusaha, mereka mulai membiasakan hidup tanpa bayang-bayang orang tuanya. Kita semua bisa melakukan hal apapun asal mau dan tekun ajah. 

Menurut kalian gimana? Komen dong. Kalau artikel ini bermanfaat sebarkan. Kalau mau follow gue di twitter dan lain-lain ada di sidebar. Tinggal klik.

Komentar

  1. Yes, Pik. Bener banget. Mau gak mau, siap gak siap, kita udah harus life ready. Setidaknya sebelum terlambat masuk ke dunia life ready tersebut, kita udah harus persiapkan sejak dini. Sebenernya sih waktu masih sekolah enaknya, kalo umur udah kayak kita gini mah kita lebih enak sharing ke yg lain juga, supaya mereka gak terlambat dan gak kaget ketika sudah masuk dunia tersebut.

    Gua kadang masih bingung dengan orang yg masih tenang dengan hidupnya yang dirasa udah nyaman, padahal nanti dia bakal ngerasain semua.
    Artikel yang tepat nih dibaca sama anak muda zaman sekarang.

    Pik, benerin ganteng bisa gak? Kalo bisa gua pengen belajar dong XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang nyaman-nyaman ajah nggak bakal bisa bertahan di kondisi yang mengerikan Ki

      Hapus
  2. Bener banget, life ready itu sangat sangat penting. Sewaktu smp dan gue masih belum bisa bantu pekerjaan rumah, ibu gue selalu nasehatin kalau "Lelaki juga harus bisa cuci piring, ngepel, dan lainnya". Mulai dari nasehat itu, gue belajar untuk membantu pekerjaan rumah. Padahal sebenernya ngelakuin itu semua karena cuman takut diomelin ibu haha. Tapi karena takut itu, gue bisa ngelakuin itu semua :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah Syam kudu punya kemampuan untuk hidup mandiri walaupun kita bukan cewek tapi nyuci piring doang mah kudu bisa haha

      Hapus
  3. Aku bener-bener belajar seperti itu pas SMA sih. Dulu aku ada asisten rumah tangga. Kalau aku bantu-bantu gak boleh. Trus semenjak SMA beliaunya berhenti. Sejak saat itu gak punya asisten rumah tangga lagi. Mau nggak mau ya belajar beberapa pekerjaan rumah yang sesuai sama kemampuan. :D iyaaa hal seperti itu gak begitu diajarin di sekolah.
    Tapi sekolah ngajarin piket bersih-bersih kelas ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kamu mah udah ngerasain asisten rumah tangga. tapi keren sih masih mau belajar

      Hapus
  4. Bener-bener bermanfaat nih bang postingannya, bisa bikin menggugah semangat buat anak-anak remaja yang biasanya males-malesan dan segalanya pengen instan.

    Tapi ada benernya juga ya, dulu di sekolah kita cuma diajarkan ilmu pasti doang sama ilmu teori, yang itu malah jarang kita gunakan dalam kehidupan seharo-hari. justru ilmu hidup yang sebenarnya itu bisa kita dapat langsung dari kedua orang tua. dan itu memang harus dilakukan secara rutin supaya bisa jadi kebiasaan.

    Jadi kamu sudah bisa dibilang cowok yang life ready ya bang? tinggal nikahnya aja nih yang belum haha

    BalasHapus
  5. Bekerjam mendiri adalah sebuah pengalaman hidup yang sampe sekarang gak bisa gue lepaskan. Bahkan, terkadang sampai terlalu mandirinya, malah agak sulit menerima bantuan orang lain. Tapi, kalo emang udah sampai titik jenuh, pasti akan meminta bantuan kepada orang lain.

    Gue dari SD malahan, udah berusaha nyari uang, melakukan pekerjaan rumah sendiri. Itu memang gak diajarkan secara langsung oleh orang tua gue. Tapi, Bapak cukup menunjukkan sikapnya dan guepun mengikuti apa yang beliau lakukan.

    Kalo inget zaman SD dulu, gue kadang suka sedih. Saat temen-temen yang lain bisa jajan dikasi orang tuanya, gue jutru berjualan kedondong dulu, biar bisa beli jajan. Bukannya gak dikasi, sih, sama orang tua. Tapi, uangnya gue tabung aja, buat keperluan lainnya nanti.

    Nah, kebiasaan hidup mandiri itulah yang gue terapkan selama jauh dari orang tua. Life ready defenisi bg Topik setuju banget. Buat gue sih, intinya jadi cowok atau cewek, harus siap dalam kondisi apapun.

    BalasHapus
  6. g cuman cowok, cewek juga harus siap. semakin kita dewasa, semakin banyak hal-hal yang harus kita hadapi tanpa bantuan orang tua kayak pas jaman kita kecil dulu.

    apa yang saya rasakan soal life ready itu berasa banget pas kuliah. nyuci, setrika, bersih2 sendiri, btw saya juga ngangkat galon lho, dan emejing abis, brasa kayak angkat beban (pantes lengen saya jadi berotot gini).

    BalasHapus
  7. Bener banget bang, ini aku rasain pas enggak tinggal sama orang tua. Apa-apa harus sendiri. Dulu pas tinggal sama mbak aku dituntut mandiri. Suruh nyapu rumah, jagain ponakan, buat mie sendiri, dan lain-lain. Kegiatan yang biasanya tak serahin ke ortu harus aku kerjain sendiri. Dan menurutku itu juga penting buat persiapan kita nanti kalo hidup nggak numpang lagi sama ortu.

    Numpahin galon adalah hal tersulit yang pernah tak lakuin bang, dan sampe sekarang belum bisa. Pernah nyoba numpahin galon malah tumpah ke lantai :(

    Jadi intinya........... kapan nikah bang?

    BalasHapus

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.