Langsung ke konten utama

5 Alasan Kenapa Bikin Kartu Nama Itu Penting




Melihat perkembangan di era digital seperti sekarang rasanya hampir semua hal-hal yang tadinya ‘berformat konfensional’ – dengan menuliskan atau mencetaknya di kertas – beralih ke format digital. Tapi ada yang menurut gue nggak akan bisa tergantikan ketika semuanya berformat digital (setidaknya untuk lima belas tahun kedepan) yaitu KARTU NAMA.

Yah, kartu nama nggak ada matinya.

Kartu nama menurut gue termasuk salah satu 'senjata' untuk orang-orang yang professional di bidangnya. Kayak misalnya designer, developer, businessmen dan orang kantoran atau pun profesi-profesi lainnya yang akan saling berkomunikasi satu sama lain ketika mereka bekerja. Maka dari itu kartu nama amatlah penting untuk kita miliki.

Mungkin 5 alasan ini akan menjelaskan kenapa kartu nama itu penting.


1. Lebih professional
source
Di dalam dunia kerja baik yang ruang lingkup nasional maupun internasional untuk terlihat professional tentu ada beberapa kriteria, diantaranya adalah mempunyai kartu nama. Orang lain akan banyak menilai kita dari berbagai segi: etika berbicara, pakaian, sampai hal-hal kecil seperti kartu nama. Ketika kita mempunyai kartu nama itu sudah memperlihatkan bahwa kita prepared ketika ingin bertukar informasi atau melanjutkan kerja sama di dalam suatu pertemuan bisnis atau lainnya. 

Tidak perlu repot-repot menulis di secarik kertas, cukup berikan kartu nama saja.


2. Reminder
source
Seperti yang gue bilang sebelumnya ketika kita bertemu dengan partner kerja atau klien atau pun rekanan bisnis baru pasti akan bertukar informasi. Informasi apa saja? Banyak. Yang paling penting adalah informasi kontak yang bisa dihubungi atau kalau perlu media sosial untuk sekedar berinteraksi di dunia maya. Biar lebih akrab. Maka dari itu kartu nama mempunyai fungsi reminder. Sebagi pengingat ketika si penerima kartu nama suatu saat membutuhkan jasa kita, kemampuan kita atau memang ada perlu dengan kita.

3. Follow up/ frekuensi komunikasi
Dalam sebuah pertemuan bisnis atau diskusi tentang ide atau sharing – tentang ngeblog misalnya – pasti diharapkan akan ada tindak lanjut dari pertemuan tersebut. Selain untuk membahas lebih lanjut tentang hal yang sudah dibicarakan juga untuk meng-goal-kan poin-poin yang telah disepakati (sudah dibahas bersama).
Selain sebagai remainder tentu kartu nama berfungsi untuk memberikan tindak lanjut pada usaha yang telah kita lakukan atau biasa disebut follow up. Misalnya kita sedang bertemu dengan teman yang mempunyai usaha (bisnis) atau punya keahlian tertentu maka ketika kita sepakat untuk melanjutkan obrolan dan menjadikan obrolan itu sebagai awal kerjasama, maka kartu nama perlu untuk memberitahukan kontak yang bisa dihubungi.


4. Sebagai tools branding
Dewasa ini sedang trennya, semua orang membuat personal branding. Bukan hanya merek produk tapi juga membranding diri. Personal. Sebagai contoh, gue misalnya adalah seorang blogger, yang concern menulisnya kalau nggak absurd dengan sedikit motivasi, ya, absurd semuanya. Itulah branding yang ditampilkan dalam setiap tulisan yang gue buat. Gue akan menampilkan hal lucu dan sebisa mungkin bisa memotivasi. Jadi kalau orang ingat gue, ya, inget kedua elemen tadi.
Nah, kartu nama masuk ke dalam tools branding. Kartu nama akan berisi identitas diri kita dan keahlian kita dan tentu saja ciri khas diri kita dalam membuat sebuah karya (misalnya). Dan satu yang tidak kalah penting adalah design kartu nama yang bagus membuat orang lain akan lebih senang menerima kartu nama kita. Di dalam branding sendiri tentu ada elemen desain yang harus disiapkan. Termasuk desain kartu nama.


5. Ada 3 desain kartu nama gratis!
Nah, yang terakhir kenapa kita harus bikin kartu nama adalah.. Gue mau bagi-bagi design kartu nama dengan kalian. GRATIS. Siapa tahu kalian berminat bikin kartu nama setelah baca tulisan ini. Maka gue akan kasih kalian tamplatenya. Kalian bisa download dan edit nama dan kontak sesuai kebutuhan. Buat yang nggak ngerti PS (baca : photoshop) pun gue rasa gampang kok tinggal ganti ajah nama dan kontaknya. 

Tinggal klik link di bawah -> download -> ekstrak file rar-nya (karena ada di dalam file rar) -> edit

DOWNLOAD

DOWNLOAD

DOWNLOAD

 
Semoga bermanfaat.

Setelah kalian mengedit dan selesai membuat design kartu nama (jangan lupa save ke format jpg) tinggal mencetaknya atau manjadikannya bentuk fisik. Bikinnya dimana?

Tempat bikin kartu nama bisa ke custombagus. Kenapa sih bikin kartu nama di custombagus? Harganya bersaing, kualitas oke, dan gratis ongkir se-Indonesia!




Mending langsung ajah ke websitenya untuk tahu lebih lanjut.

YUK bikin kartu nama di...
Merchandise/Souvenir Kreatif
custombagus

Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

Komentar

  1. Gue setuju sama yang tulisan ini bang. Gak semuanya bisa dengan online, kartu nama harus berbentuk fisik, karena semua yang kita aja ngobrol saat bertemu di suatu tempat belum tentu punya akses tersebut. Gak zaman kan pake nulis di kertas, apalagi itu pebisnis.

    Eh iya, emang bener tuh di custom bagus free ongkir ke seluruh indonesia. Wah..
    Amazing bgt klo gitu, terus harganya bersaing juga ya..keren!

    BalasHapus
  2. Kalau bikin kartu nama berasa jadi orang udah sukses dan orang bos-bos gitu lho hehehe

    BalasHapus
  3. Kartu nama emang penting Pik, setuju gue itu jadi tolak ukur profesional seseorang.. jadi kalo ada yang nanya alamat atau nomer Gak perlu ribet orangnya suruh nyatet.. tinggal kita ngasih Kartu nama aja beres..

    Ah job review, mayan~
    Tapi cara lo mengemasnya keren Pik~

    BalasHapus
  4. kadang nggak kepikiran kalau kartu nama masih penting apalagi di era digital ini. Tapi, beberapa poinnya jadi mengingatkan saya bahwa kartu nama masih penting

    BalasHapus
  5. Profesional banget yah kalo kita udah punya kartu nama fisik. Penting bangetlah benda yang satu ini.

    Tapi yang jadi pertanyaan, pelajar seperti gue ini apakah cocok punya kartu nama sendiri? :p

    BalasHapus
  6. kalau aku bikin kartu nama jika sudah sukses nanti aja.hehe..
    kalau udah punya kartu nama waw banget.

    salam kenal...

    BalasHapus

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

BBM atau Blackberry Messenger adalah salah satu instant messenger yang paling popular, ngalahin sms yang dulu terkenal banget. Dulu banget waktu si Doel masih kuliah. Lama banget yah. BBM juga merupakan tren baru setelah Blackberry memutuskan untuk membuat platform lain kaya Android dan IOS untuk bisa menggunakan BBM juga. Dan hasilnya semua orang yang menggunakan smartphone bisa menggunakan BBM, bahkan setingkat OS Android roti-jahe pun sudah bisa menggunakan BBM.
Dibalik fakta-fakta BBM yang begitu rumit. Ada orang-orang yang sama rumitnya, dari sebelum BBM bisa di akses lewat Android dan IOS sampe sekarang orang-orang itu ada. Mereka adalah orang-orang yang bikin BBM nggak nyaman buat di gunain, walaupun tetap nyaman dengan sedikit paksaan. Mereka adalah orang-orang yang nggak di sukain sama pengguna BBM lain.
Termasuk gue, karena gue juga BBM user. perkiraan gue terhadap orang yang menggunakan BBM adalah.

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua. 

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni.“Aduh.. gimana yah”“Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo”“Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu.“Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh”“Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.