Jumat, 29 April 2016

5 Alasan Kenapa Bikin Kartu Nama Itu Penting




Melihat perkembangan di era digital seperti sekarang rasanya hampir semua hal-hal yang tadinya ‘berformat konfensional’ – dengan menuliskan atau mencetaknya di kertas – beralih ke format digital. Tapi ada yang menurut gue nggak akan bisa tergantikan ketika semuanya berformat digital (setidaknya untuk lima belas tahun kedepan) yaitu KARTU NAMA.

Yah, kartu nama nggak ada matinya.

Kartu nama menurut gue termasuk salah satu 'senjata' untuk orang-orang yang professional di bidangnya. Kayak misalnya designer, developer, businessmen dan orang kantoran atau pun profesi-profesi lainnya yang akan saling berkomunikasi satu sama lain ketika mereka bekerja. Maka dari itu kartu nama amatlah penting untuk kita miliki.

Mungkin 5 alasan ini akan menjelaskan kenapa kartu nama itu penting.


1. Lebih professional
source
Di dalam dunia kerja baik yang ruang lingkup nasional maupun internasional untuk terlihat professional tentu ada beberapa kriteria, diantaranya adalah mempunyai kartu nama. Orang lain akan banyak menilai kita dari berbagai segi: etika berbicara, pakaian, sampai hal-hal kecil seperti kartu nama. Ketika kita mempunyai kartu nama itu sudah memperlihatkan bahwa kita prepared ketika ingin bertukar informasi atau melanjutkan kerja sama di dalam suatu pertemuan bisnis atau lainnya. 

Tidak perlu repot-repot menulis di secarik kertas, cukup berikan kartu nama saja.


2. Reminder
source
Seperti yang gue bilang sebelumnya ketika kita bertemu dengan partner kerja atau klien atau pun rekanan bisnis baru pasti akan bertukar informasi. Informasi apa saja? Banyak. Yang paling penting adalah informasi kontak yang bisa dihubungi atau kalau perlu media sosial untuk sekedar berinteraksi di dunia maya. Biar lebih akrab. Maka dari itu kartu nama mempunyai fungsi reminder. Sebagi pengingat ketika si penerima kartu nama suatu saat membutuhkan jasa kita, kemampuan kita atau memang ada perlu dengan kita.

3. Follow up/ frekuensi komunikasi
Dalam sebuah pertemuan bisnis atau diskusi tentang ide atau sharing – tentang ngeblog misalnya – pasti diharapkan akan ada tindak lanjut dari pertemuan tersebut. Selain untuk membahas lebih lanjut tentang hal yang sudah dibicarakan juga untuk meng-goal-kan poin-poin yang telah disepakati (sudah dibahas bersama).
Selain sebagai remainder tentu kartu nama berfungsi untuk memberikan tindak lanjut pada usaha yang telah kita lakukan atau biasa disebut follow up. Misalnya kita sedang bertemu dengan teman yang mempunyai usaha (bisnis) atau punya keahlian tertentu maka ketika kita sepakat untuk melanjutkan obrolan dan menjadikan obrolan itu sebagai awal kerjasama, maka kartu nama perlu untuk memberitahukan kontak yang bisa dihubungi.


4. Sebagai tools branding
Dewasa ini sedang trennya, semua orang membuat personal branding. Bukan hanya merek produk tapi juga membranding diri. Personal. Sebagai contoh, gue misalnya adalah seorang blogger, yang concern menulisnya kalau nggak absurd dengan sedikit motivasi, ya, absurd semuanya. Itulah branding yang ditampilkan dalam setiap tulisan yang gue buat. Gue akan menampilkan hal lucu dan sebisa mungkin bisa memotivasi. Jadi kalau orang ingat gue, ya, inget kedua elemen tadi.
Nah, kartu nama masuk ke dalam tools branding. Kartu nama akan berisi identitas diri kita dan keahlian kita dan tentu saja ciri khas diri kita dalam membuat sebuah karya (misalnya). Dan satu yang tidak kalah penting adalah design kartu nama yang bagus membuat orang lain akan lebih senang menerima kartu nama kita. Di dalam branding sendiri tentu ada elemen desain yang harus disiapkan. Termasuk desain kartu nama.


5. Ada 3 desain kartu nama gratis!
Nah, yang terakhir kenapa kita harus bikin kartu nama adalah.. Gue mau bagi-bagi design kartu nama dengan kalian. GRATIS. Siapa tahu kalian berminat bikin kartu nama setelah baca tulisan ini. Maka gue akan kasih kalian tamplatenya. Kalian bisa download dan edit nama dan kontak sesuai kebutuhan. Buat yang nggak ngerti PS (baca : photoshop) pun gue rasa gampang kok tinggal ganti ajah nama dan kontaknya. 

Tinggal klik link di bawah -> download -> ekstrak file rar-nya (karena ada di dalam file rar) -> edit

DOWNLOAD

DOWNLOAD

DOWNLOAD

 
Semoga bermanfaat.

Setelah kalian mengedit dan selesai membuat design kartu nama (jangan lupa save ke format jpg) tinggal mencetaknya atau manjadikannya bentuk fisik. Bikinnya dimana?

Tempat bikin kartu nama bisa ke custombagus. Kenapa sih bikin kartu nama di custombagus? Harganya bersaing, kualitas oke, dan gratis ongkir se-Indonesia!




Mending langsung ajah ke websitenya untuk tahu lebih lanjut.

YUK bikin kartu nama di...
Merchandise/Souvenir Kreatif
custombagus

Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

7 komentar:

  1. Gue setuju sama yang tulisan ini bang. Gak semuanya bisa dengan online, kartu nama harus berbentuk fisik, karena semua yang kita aja ngobrol saat bertemu di suatu tempat belum tentu punya akses tersebut. Gak zaman kan pake nulis di kertas, apalagi itu pebisnis.

    Eh iya, emang bener tuh di custom bagus free ongkir ke seluruh indonesia. Wah..
    Amazing bgt klo gitu, terus harganya bersaing juga ya..keren!

    BalasHapus
  2. Kalau bikin kartu nama berasa jadi orang udah sukses dan orang bos-bos gitu lho hehehe

    BalasHapus
  3. Kartu nama emang penting Pik, setuju gue itu jadi tolak ukur profesional seseorang.. jadi kalo ada yang nanya alamat atau nomer Gak perlu ribet orangnya suruh nyatet.. tinggal kita ngasih Kartu nama aja beres..

    Ah job review, mayan~
    Tapi cara lo mengemasnya keren Pik~

    BalasHapus
  4. kadang nggak kepikiran kalau kartu nama masih penting apalagi di era digital ini. Tapi, beberapa poinnya jadi mengingatkan saya bahwa kartu nama masih penting

    BalasHapus
  5. Profesional banget yah kalo kita udah punya kartu nama fisik. Penting bangetlah benda yang satu ini.

    Tapi yang jadi pertanyaan, pelajar seperti gue ini apakah cocok punya kartu nama sendiri? :p

    BalasHapus
  6. kalau aku bikin kartu nama jika sudah sukses nanti aja.hehe..
    kalau udah punya kartu nama waw banget.

    salam kenal...

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*