Kamis, 03 Desember 2015

Nanya-Nanya Ajah #1: Sharing Singkat Tentang Nulis Via BBM




Beberapa minggu kemarin gue sedang dipusingkan dengan ide bikin cerita buat Nulis Buku Bareng Blogger Energy. Setelah mikir beberapa tahun lamanya, sampai gue cukur jenggot padahal nggak numbuh jenggot. Akhirnya muncul juga ide buat bikin cerita. Tapi ada beberapa keraguan akan cerita yang akan gue buat ini.  Mengenai alur dan konflik. Memang keduanya selalu bikin gue keder dalam menulis cerita.

Padahal sederhana tapi gue jadi nggak bisa lanjut nulis gara-gara dua mahluk itu. Karena nggak mau sampai cerita ini menguap begitu saja di kepala tanpa tertuang ke dalam sebuah tulisan. Maka dengan segenap tenaga dan upaya, gue harus NANYA! Iya, nanya.

Yah. Seperti pribahasa mengatakan malu bertanya sesat di awal. Gue pun nggak mau tersesat karenanya. Makanya gue nyari orang yang bisa gue tanya-tanyain. Tentu orangnya ini udah sering nulis cerita dan dekat dengan gue. Nggak deket juga sih. Yang penting bisa dihubungin, bisa sharing dengan senang hati dan nggak SOMBONG.


Bang Haris namanya. Kenapa gue panggilnya ‘bang’? Karena dia mirip tukang siomay. Oke, becanda. Alasan yang paling masuk akal kenapa gue nanya dia adalah: pertama dia ini udah banyak nerbitin novel, kedua dia ini nulisnya asoy, ketiga dia ini yang bisa ditanyain. Berikut karya-karya bang Haris..




Sebenarnya gue bisa ajah nanya sama bang Edotz, tapi takutnya dia malah bête gue tanyain mulu. Haha. Tapi gue tetep juga nanya sama dia. Nanya kontak BBMnya bang Haris. Tanpa basa-basi beliau ngasih gue PINnya bang Haris. Yah beliau. Karena dia sepuh buat gue. Piss, bang..

Abis diinvite dan diapprove sama bang Haris. Agak lamaan dikit. Gue biarin. Nggak langsung nanya, gue takutnya dikira mau modusin dia. Nanti dia GR dan malah delcont gue. Baru setelah tiga hari (kalau nggak salah) gue memberanikan diri untuk nanya-nanya tentang tulis menulis.

“bang sibuk nggak” gue memulai chat tanpa basa-basi dengan melempar pertanyaan macam 'hay kamu lagi ngapain'.. Geli. 

”nggak begitu sibuk, kenapa pik?” jawabnya.

Gue mau kasih saran sama kalian yang mau nanya ke orang. Kalau mau naya sama seseorang jangan awali kata “boleh nanya nggak?”. Itu ajah udah nanya. lagian semua orang mah boleh nanya, kecuali nanya kapan kalian nggak jomlo lagi.

“mau nanya soal tulis menulis bang. Hehe.. memunculkan konflik dalam cerita tu gimana bang biar enak? Biar nggak murahan gitu?” krupuk kali murahan..

Agak lama sampai akhirnya bang Haris balas dengan banyak kata. “konflik kan maksudnya tantangan untuk keinginan tokoh utama. Jadi misalkan tokoh utama pengen jadi persiden dibikin konfliknya seperti saingan yang menjatuhkan black champagne atau ternyata tokoh utama gagap kalau disuruh pidato…”

Gue manggut-manggut..

“kalau biar nggak pasaran. Kita jangan pakek konflik yang udah sering dipakek sama penulis lain” lanjutnya..

Gue manggut-manggut lagi..

”oohh gitu bang. Oke, oke. Diksi yang sederhana menurut lo ngaruh sama kualitas cerita nggak bang? Soalnya gue tipikal orang yang pakek kosa kata yang biasa ajah..”

“mau bikin cerita genre apa? Kalau komedi diksi emang sederhana. Yang penting menggelitik hehe.. ada permainan katanya”
“ya komedi si bang, soalnya belum bisa genre lain, hehe”
“iya nggak  papa kok diksi sederhana”
“oke bang. Makasih atas ilmunya.. “

Okeh. Dengan ilmu yang bermanfaat tadi gue mulai nulis, langsung praktek. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT gue berhasil menyelesaikan tulisan buat NBBE 3. Mau lihat nggak tulisannya kayak gimana??

Tunggu yah di buku BLOGGER BAPER. :d 

----

Jadi gitu kawan-kawanku yang tercinta. Kalau bingung dalam hal-hal menulis tanyakan kepada ahlinya. Atau bisa baca dari artikel dan literatur yang lain yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Sukur-sukur punya kenalan orang yang udah jago nulis cerita dan nulis yang lain, kan asyik bisa nanya-nanya. Gratis lagi. Itulah pentingnya relasi.. hehe

Jangan malu buat nanya-nanya. Karena yang sering nanya bukan berarti oon justru yang nggak nanya dan sotoy yang beneran oon. Udah nggak tahu, sotoy pulak..

Next time gue bakal nanya-nanya lagi sama orang yang ahli dalam bidang dunia perblogan terutama dalam menghasilkan uang dari blognya. Tunggu ajah. Kalau nggak bisa nunggu, kamu boleh sama yang lain. Aku ikhlas..

Gimana menurut kalian tentang ilmu yang singkat dan bermanfaat tadi? Komen dong..

16 komentar:

  1. Wih asyik nih udah mau bikin buku segala
    Semangat bang, kalau perlu terbitin biar jadi bet seller

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYA ini proyek Blogger Energy sh ji. hehe

      Hapus
  2. wiih keren+asyik udah mulai nulis buat buku. di tunggu hasilnya.
    ilmunya bermanfaat.
    semoga cepet kelar bukune cepet di terbitin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mulai menuju penulis yang seutuhnya haha

      Hapus
  3. Jangan gitulah Fik. Gue bakal nunggu kamu. Gue enggak bakal sama yang lain. Tsah!!!

    Semoga lancar Fik bikin tulisannya. Dan tolong diperhatikan juga soal typo. Di blog kamu ini aja banyak typonya... Hahahah. Peace!!

    Good Luck!!

    BalasHapus
  4. Waaah asik euy kalo bisa nanya langsung ke ahlinya. Gratis, ga usah bayar. :D
    Kalopun ga punya jalan untuk menghubungi si penulis, sekarang udah banyak buku2 cara menulis cerita. Tinggal kemauan kita aja buat beli itu buku dan ngebaca. Iya, beli. Yawudah pinjem aja dah kalo ga mampu. :D

    BalasHapus
  5. wah gue juga ikut nyumbang tulisan di Buku BE, tau deh keterima atau engga

    BalasHapus
  6. wah NBBE ya. saya gagal dapet kesempatan nih buat nulis bersama. udAH diminta edit cerita tapi gagal dikirim karena saya sendiri sibu kemarin sampai nggak bisa nulis.

    ya bener nih. kalau bingung ya tanya aja sama ahli. jadi orang yg gk tahu malu kalau soal ilmu

    BalasHapus
  7. Wihh, kendala gue dalam nulis buku sih awal mau nulis di halaman kosong. Itu lebih seram.

    Anyway, tipsnya keren bang~

    BalasHapus
  8. Ini susahnya untuk buat cerita. Semua harus ditentukan dulu di awal. Baik itu alur, tokoh, konflik maupun penyelesaiannya.

    Saran gue kalo lo mau nyari konflik yang beda, banyak baca aja tentang buku yang genrenya sama dengan yang mau lo tulis. Dengan begitu, lo bisa berpikir, 'gaya' mana yang sering dijadikan konflik. Lalu, lo buat 'gaya' lo sendiri biar terkesan 'beda', meskipun gak ada yang bener-bener baru.

    Tapi tetap aja, permainan kata-kata jadi senjata utama dalam cerita.

    BalasHapus
  9. Semoga NBBE 3 sesuai ekspektasi.. bro haris emang kece dah. yang gue tau emang 3 koplak mencari cinta, yang cukup terkenal. kalau kick n rush itu... jadi inget sepak bola inggris jaman dulu... Kampretnya gue mau ikut NBBE tapi over deadline -___-

    BalasHapus
  10. Yey, ditunggu deh karyanya. Btw covernya jadi yang warna apa sih? Sampai sekarang belum diputusin.

    Btw kalo kampanye itu bahasa Inggrisnya campaign, disitu nulisnya black champagne jadinya sampanye hitam dong. -> sok ngingetin orang padahal gak jago Inggris.

    Pada ikutan semua nih, sayang aku gak ikut :(

    BalasHapus
  11. Owalah, ini lagi bahas buku Blogger Baper ternyata. Akhirnya setelah nanya-nanya, lo ngerti juga ya bg.

    Gue aja, sempet bingung konfliknya dibuat gimana? Tapi, buat gue yang penting kata bg Haris : Menggelitik.

    Karena setau gue, dikomedi yang utama bisa menggelitik pembaca tanpa pake tangan keluar dari buku. :D

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*