Langsung ke konten utama

Membangun SDM Cirebon; Menuju Smart City




Dalam sebuah film Hollywood bergenre Science Fictions zaman dulu seperti Star Trek yang begitu booming atau film zaman sekarang seperti I Robot, Edge of Tomorrow, dan Elysium. Kita melihat betapa teknologi diterapkan bukan hanya pada manusianya tetapi pada sebuah kota yang ada dalam film tersebut. Mungkin itu hanyalah film tapi dibalik itu ada banyak perkembangan di dunia nyata yang menuju ke arah sana.

Tidak usah jauh-jauh ke luar negri. Di Indonesia saja sudah ada model seperti itu walaupun masih jauh dari apa yang digambarkan dalam film-film Hollywood. Bandung adalah sebagai contoh kota yang menerapkan konsep smart city, di sana sudah banyak infrastruktur yang mendukung. Mungkin Bandung bukan kota yang pertama. Ada juga Surabaya, Makasar, dan Balikpapan dan kota-kota besar di Indonesia lainnya.


Cirebon sebagai kota yang termasuk kota besar di provinsi Jawa Barat sedang menuju ke arah sana. Yaitu menuju Smart City. Dari infrastrukutur di kabupaten dan kota Cirebon sudah memadai. Bisa dilihat dari berbagai bangunan komersil seperti hotel dan yang lainnya untuk kebutuhan pariwisata. Salah satunya ada Hotel Aston Cirebon yang berkelas dunia.

Sebelum melangkah lebih jauh membahas smart city alangkah lebih baik kalau kita tahu terlebih dahulu apa itu smart city dan seperti apa konsep smart city. Smart adalah kosa kata bahasa dalam Inggris yang mempunyai arti yaitu pintar. Sedangkan city adalah kota.  Secara etimologi smart city berarti kota pintar atau kota yang pintar. Smart city juga bisa diartikan penataan semua aspek kota yang terintegrasi dan teknologi sebagai perangkatnya. Konsep smart city memang tidak bisa dipisahkan dari teknolgi.

Di Cirebon sendiri teknologi (komunikasi) 4G sudah memadai. Adalah Smartfren sebagai salah satu vendor telekomunikasi di Indonesia yang menggawangi teknologi 4G LTE di Cirebon, dengan teknologi 4G LTE Advancednya. Seperti pada film-film Hollywood yang sebelumnya diceritakan bahwa disana banyak teknologi-teknologi yang menempel pada kota-kotanya. Tapi jangan lupa, teknologi itu diciptakan oleh manusia.

source

Menurut penulis ada tiga hal yang harus dipersiapkan untuk kota maupun kabupaten Cirebon yang akan menuju smart city. Yaitu pengembangan sumber daya manusia dari segi pendidikan, mengembangkan dan membangun kreativitas dan menjalin silaturahmi antar pemerintah dengan komunitas maupun antar komunitas satu dan lainnya

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa hal yang pertama kali dilakukan untuk membangun sebuah daerah adalah pembangunan infrastruktur. Infrastruktur dulu dibangun baru kemudian manusianya. Mari kita berfikir dengan perspektif berbeda. Mungkin akan terasa  percuma jika dari infrastruktur yang memadai kemudian tidak ada sumber daya manusia yang mampu mengelola dan merawatnya. Disadari atau tidak SDM kota dan kabupaten Cirebon masih lebih unggul dari kota-kota lain di Jawa Barat.

Walaupun Cirebon masih di bawah Bandung, optimisme jangan sampai redup. Untuk menjaga semangat keoptimisan itu maka meningkatkan sumber daya manusia lewat jalur pendidikan yang baik dan memadai adalah kuncinya. Untuk menjadikan Cirebon sebagai smart city tentu yang didahulukan untuk menjadi smart adalah manusianya. Dari SDM yang maju dan berkembang maka smart city bukan hanya sebagai wacana belaka.



Pendidikan yang baik membawa kita pada sebuah kreativitas. Anak muda adalah gudangnya kreativitas. Sangat erat hubungan diantara keduanya. Dari anak muda yang berpendidikan baik dan  berakhlak baik, sering muncul kreatifitas. Walaupun takaran kreatifitas bukan hanya berasal dari usia tapi diharapkan dari anak muda lah ide-ide brilian muncul untuk membangun Cirebon menuju lebih baik dan lebih maju. Salah satu contohnya adalah Blogger Cirebon yang sudah mulai bergerak membangun para blogger yang berda di Cirebon untuk melakukan kreatifitasnya di dunia blogging.

source

Belum cukup sampai di pendidikan dan kreativitas saja. Membangun SDM yang baik juga harus memulai membiasakan untuk saling berkolaborasi antar satu dan yang lainnya. Maka dari itu silaturahmi menjadi kunci untuk saling berhubungan antara komunitas. Ada ungkapan dalam agama Islam bahwa 'silaturahmi adalah membawa rezeki'. Harusnya ungkapan itulah yang dijadikan pedoman untuk kita saling berkomunikasi dan bersilaturahmi antara simpul-simpul komunitas yang ada di Cirebon pada umumnya.

source

Membangun bersama-sama Cirebon tercinta. Menuju Cirebon yang lebih baik dan menuju Cirebon smart city. Ketika pemerintah tidak bisa menemui seluruh elemen masyarakat satu-persatu maka komunitas adalah wadah untuk mensosialisasikan program-program pemerintah. Walikota Bandung, Ridwan Kamil dalam suatu acara pernah berkata "sudah bukan jamannya lagi merubah keadaan sendirian, mari kita bersama-sama merubahnya".Termasuk Cirebon yang akan menuju smart city. Diharapkan ketika terjalin hubungan yang erat antar komunitas satu dan yang lainnya, dan pemerintah dengan komunitas, timbul semangat gotong royong. Tujuan baik ini pun akan semakin dipermudah.


It’s not only city but also human. 


Bukan hanya sekedar kota saja tapi lebih dari itu di dalam kota tersebut ada manusia-manusia yang hidup di dalamnya. Membangun sumber daya manusia melaui pendidikan yang baik, lalu kemudian menumbuhkan kreativitas dan juga silaturahmi untuk berkolaborasi  antara pemerintah dengan komunitas dan kommunitas dengan komunitas yang ada. Diharapkan akan menjadikan dasar pembangunan smart city ini kokoh. Kita bisa bersama-sama mewujudkan Cirebon menjadi smart city. Setelah sumber daya manusianya itu dibangun. Baru kemudian membangun infrastruktur-infrastruktur yang menunjang. 

Komentar

  1. kalau mau jadi smart city ya emang harus diawali dengan pendidikan.

    pendidikan yang bagus bisa membangung SDM yang bagus juga. Kalau SDM dah bagus, mereka bisa membangun infrastruktur yang bagus dan modern juga untuk kota mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ra pendidikan yang baik dan menyeluruh

      Hapus
  2. Keren tuh.. Sayangnya di kota gue belum bisa menyatukan blogger2. Kan enak kalo ada kopdar2 gitu..

    BalasHapus
  3. Untuk menuju smart city, harus membangun infrastruktur dan teknologi yang memadai. Untuk membangun infrastruktur dan teknologi, dibutuhkan SDM yang berkualitas. Untuk membangun SDM, diperlukan pendidikan yang baik. Untuk menunjang pendidikan, harus membangun infrastruktur dan teknologi yang memadai. Dan seterusnya jadi rantai panjang. Gue bingung. Tapi yasudahlah :v
    Semoga kota dan kabupaten lainnya bisa menerapkan konsep smart city ini ya, sampai akhirnya Indonesia bisa jadi smart country. Wkwk.

    BalasHapus
  4. Wah konsep smart city L :o

    Yang gue liat kota yang menuju ke arah-arah smart city yaitu Bandung. Jujur, dan gue akui Bandung dalam tata kota ajib banget, ya wajar, Walikotanya aja ahli dibidang tata kota. Penataan adalah awal dari majunya sebuah daerah. Kalo aja seluruh kota di Indonesia bisa gini, wow.

    Semoga Cirebon menjadi kota berikutnya! Aminn... ^^

    BalasHapus
  5. Gue kirain lg d endorse sama smartfren, pik. Hahaha....
    Tpi yah, smua kota juga ingin mnjdikan kotanya sbgai smart city. Keren sih klo cirebon udh ad komunitas bloggernya tersendiri. Gue pgen bikin komunitas blog d mesir, tkut ga ad peminatnya. Bhahaha....

    sdm itu slah satu faktor penting sih buat ngebangun kota mnjdi smart city. Yah, asalkan para pemuda pemudinya berjiwa nasionalis dan pnya keinginan utk memajukan kotanya, pasti bisa kok.
    MERDEKA, FIK!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah merdeka gue mah ji. Dari kejombloan hahahaha

      Hapus

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.