Langsung ke konten utama

Ketika Hape Dipinjem (Dibajak) Temen



Musim bajak-bajakan media sosial udah berlangsung sejak lama, baik dibajak oleh orang lain alias dihack atau dibajak temen sendiri atau juga pacar – kalau punya. Contohnya waktu tiba-tiba gue di chat sama temen dengan nada setengah nggak percaya.

“lo beneran suka makan upil?” katanya.

What?

Gue bingung sejak kapan gue mengkonsumsi upil? Gumam gue dalam hati.

eh? Nggak lah emang kenapa?”
“itu recent updatean lo nulis lo suka makan upil”
“GUE DIBAJAK!!”


Dan akhirnya gue membuat konfrensi press. Kalau gue nggak suka makan upil. Demi menjaga kewibawaan gue dihadapan bangsa ini “gue nggak suka upil. Tadi BBM gue dibajak sama temen”. Kemudian ada teman gue lagi ngechat “pik kita mending ekspor-impor upil ajah gimana. Ini bisns yang menjanjikan!”. BODO AMAT!.

Privasi kita bukan cuman di media sosial ajah. Privasi kita juga ada di hape. Contohnya foto-foto, media sosial, dan aplikasi-aplikasi yang ada di hape kita. Foto-foto kita adalah hal yang harus dijaga banget, jangan sampai ada orang yang bisa mengakses. Apalagi di hapenya ada foto-foto kamu yang lagi gaya alay gitu sambil kayang dengan nggak memakai baju. Kalau sampai temen kamu tahu bisa-bisa dia bakal ngirim foto kamu ke social media dan akhirnya kamu dikenal sebagai cowok alay yang doyan kayang sambil telanjang.

Media sosial juga harus banget banget dijaga supaya nggak dibajak sama temen. Apalagi temen-temen kita pada jahil. Mending kalau dia bajaknya dengan update status yang alay doang, tapi kalau udah update status kayak gue tadi bikin malu ajah. Orang nyangkanya yang nggak-nggak. Padahal kan iya. Kemudian aplikasi-aplikasi. Kenapa sih aplikasi mesti dilock?. Soalanya gini, suka ada temen kita yang tiba-tiba suka pinjem hape – tujuannya kalau nggak negbajak pasti mau minainan aplikasi atau mainan game.

Yang ngeselin adalah kalau kita nggak pekek paketan internet karena pulsanya cuman cukup untuk sms ajah (lagi kere). Terus dia tiba-tiba masuk ke aplikasi yang mengharuskan untuk bayar untuk menjalankannya. Kayak apalikasi permainan misalnya. Dengan tenang dia mainan aplikasi-aplikasi eh tiba-tiba pas dia baalikin terus kita cek pulsa. Pulsa kita tinggal 0.Rp! Mau marah temen sendiri, nggak marah nanti takutnya struk. Jadi bingung.

Makanya kita harus jaga baik-baik privasi di hape kita. Karena dari ketiga hal itu awalnya karena dari minjem hape kemudian jadi merambat kamana-mana. Kita boleh ajah minjemin hape ke temen tapi kan ada beberapa hal yang menjadi hak kita untuk merahasiakannya dari orang lain walaupun sekelas temen kita sendiri. Karena itu kita wajib menjaga privasi. Yah, seperti sms atau chat dengan seseorang yang kita gebet misalnya. Kan kita nggak mau temen kita tahu dulu. Tahu boleh-boleh ajah tapi nggak sampai temen kita tahu semuanya, termasuk isi sms.

Makanya di zaman sekarang karena banyak juga yang punya smartphone dan seperti yang gue bilang tadi hape kita gampang untuk dibajak apalagi smartphone yang bikin temen kita pengen ajah gitu minjem hape buat selfie lah, buat ini-itu lah. Pokoknya pengen pinjem. Makanya biar kita aman biar nggak parno juga ketika hape mau dipenjem sama temen lock ajah beberapa aplikasi atau sosial medianya atau juga data-data penting di hape kita. Caranya?

Banyak aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play yang bisa kita download untuk menjaga ‘keamanan’ privasi kita di hape kita sendiri. Contohnya LEO Privacy Guard. LEO Privacy Guard adalah sebuah aplikasi pengamanan untuk smartphone berbasis Android. Dengan menggunakan aplikasi LEO Privacy Guard, bukan hanya bisa mengunci smartphone agar tidak bisa diakses, tetapi juga bisa mengunci beberapa aplikasi saja agar tidak bisa dibuka oleh pihak yang tidak kita inginkan.




Artinya kamu bisa menjaga privasi kamu dengan mengunci beberapa aplikasi biar cuma kamu ajah yang bisa lihat. App ini tersedia untuk penguncian, pengamanan, pengelolaan aplikasi dan lain-lain. Dengan App ini kamu tidak perlu khawatir lagi tentang masalah privasi dan pengamanan data lagi. LEO Privacy Guard bisa langsung didownload di Google play.

 
Gue bukannya nakut-nakutin atau bikin kalian jadi sebel sama temen sendiri. Gue cuman pengen kalian nggak kayak gue, dibajak hapenya. Mungkin kalau kita lagi happy sih nggak papa dibajak mau separah apapun, tapi gue sendiri nggak selalu dalam keadaan seneng-seneng ajah kadang mood gue lagi jelek atau emang bawaannya pengen marah-marah melulu (lagi mens). Tapi kerena temen sendiri (biasanya) jadinya nggak enak kalau mau marah. Gondok. Jadi kita prepare ajah, biar kitanya juga aman.

Komentar

  1. perlu juga yaa untuk mengunci aplikasi pada sesuatu yang mungkin penting bagi kita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya banyak tangan2 yang jahil

      Hapus
  2. Parah banget bajaknya wkwk. yang lebih parah lagi itu orang-orang percaya kalo lo suka makan upil. Sebenernya kalo status dibajak itu ketara sih, yang gak masuk akal biasanya. Tapi kalo masalah foto atau file yang berkaitan dg hak cipta kita emang wajib diprivasi tuh. Kasih kunci gembok(?) berupa aplikasi bisa jadi pilihan kalo hp nya gak mendukung kunci sendiri.

    BalasHapus
  3. Jadi inget dulu ada yang pinjem tabnya temenku terus dibajak "aku ngompol di celana" akhirnya ngambek dia marahan sama yang ngebajak fbnya. Terus ada hp temenku yang hampir semua appsnya disembunyikan.

    Sebenarnya sih bebas ya mau foto gaya apapun di hp, tapi kebebasan tadi bersinggungan sama kebebasannya orang lain yanng dengan bebasnya otak-atik hp kita. Baru belajar ham jadi bisa komen gituan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itumah nggak ada apa2nya temen gue dulu dibajak statusnya gini "aku homo" hahahaha

      Hapus
  4. wahahaaaaa....gue salah satu orang yang suka bajak wkwk
    pernah bajak DP BBM temen yang lagi kerokan mesra, atau semacam bikin PM kontroversial....
    asyik sih, cuman siap2 aja kena batunya...

    yah yg penting bisa jaga diri aja, jangan nyimpen macem-macem di hape, terutama hal yg privasi, usahain chat apapun yang sifatnya privasi gausah disimpen lama-lama, taku kalo ada orang iseng ngebaca jadi tahu deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lo ngan gitu Yan kasian temen lo nanti namanya bisa tercemar kayak sungai ciliwung

      Hapus
  5. gue pernah juga tuh kena bajak, tapi FB, berhubung di kantor, sering ninggalin kompi dengan monitor mneyala dan memancing keisengan orang2 yg bertanggung jawab, nulis status gue ama om2 lagi, sialll!!!!

    sabar ya masbro kalo lo kena bajak, ato paling ga, lo bales biar puas hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue mah orangnya anti bajak membajak ;)

      Hapus
  6. Aplikasi ini sama clean master app lock bagus mana ya? Kalo ane sih masih make cm applock..

    BalasHapus
  7. dulu pas SMA sering tuh temen suka ngebajak. minjem hp eh malah buka yang lain
    kan kesel jadinya.

    tapi beruntungnya gk parah kok cuma koleksi 3gp aja yang nyebar gk yg lain

    kalau medsos
    alhamdulillah, saya orang baik dan gk banyak musuh
    jadi gk pernah di hack

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila lo koleksi 3gp Ra sini krim email hahaha

      Hapus
  8. Untung temen2 gua baek, ga pernah ngebajak HP gua
    Yg suka ngebajak tuh gua malahan wkwkwk...ganti display picture mereka pake muka monyet =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjir hahahaha perlu ditiru nih ganti dp pakek gambar monyet

      Hapus
  9. Ini lo ikutan giveaway atau dengan tulus ikhlas nulis beginian Pik? :D

    Btw, emang bener.. di dalem HP ada banyak privasi kita yang harus kita jaga dan nggak pengen diliat orang lain.. bahkan kadang kita suka was-was kalo temen pinjem hp terus buka2 galeri atau perpesanan...

    Ini aplikasi emang sering nongol sih di iklan kalo buka aplikasi lain.. btw, kalo hape gue udah ada fitur kaya gininya.. jadi nggak perlu pake aplikasi beginian :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.