Langsung ke konten utama

Ada Apa Dengan Iklan?




BĂȘte nggak sih kalau berkunjung ke salah satu blog ada iklan-iklan yang ngalangin artikel. Jadi kita harus klik ‘x’ biar iklannya ngilang. Gue sendiri bĂȘte dan agak risih. Soalnya gue berkunjung ke blog itu buat baca-baca artikelnya tapi malah ketemu iklan. Tapi mari kita memandang iklan dengan cara yang benar.

Btw, pada tahu apa itu iklan kan? Barangkali ada yang nggak tahu iklan. Iklan itu salah satu hewan laut. Oke, itu ikan.

Nggak lucu.

Iklan menurut gue adalah salah satu anak tangga sebuah produk untuk dibeli oleh konsumen. Di beberapa stasiun tipi banyak sekali iklan – baik itu iklan produk makanan maupun minuman atu juga kebutuhan lainnya. Bahkan ada iklan program pemerintah yang nyuruh kita bikin anak dua ajah jangan banyak-banyak. Pemerintah nggak fair, masa kita mau bikin anak ajah diatur-atur. Terserah kita dong. Yang harusnya diatur itu kalau mau bikin anak mesti nikah dulu terserah mau bikin anaknya berapa ajah.

Ini kenapa jadi bahas anak sih.

Oke balik lagi ke iklan. Iklan juga banyak ditemui di blog-blog. Seiring perkembangan zaman dan media informasi pun menjadi beragam salah satunya website dan blog. Para pengiklan melihat mengiklankan produknya di website dan blog menjadi sangat penting. Kenapa sangat penting? Blog dan website punya pembaca yang selalu membaca isi blog dan melihat segala konten yang ada di dalamnya.

source

Dengan begitu para pembaca inilah sasaran dan target yang diharapkan mengetahui, melihat, mengklik dan kemudian harapan lebihnya adalah membeli produk yang iklannya ditayangkan di blog dan website tersebut. Cukup sederhana tujuan iklan di website dan blog yang biasa kita lihat. Lalu apa masalahnya.

Masalahnya adalah biasanya iklan yang ditampilakn tidak proporsional, tidak pada tempatnya, memunculkan gambar iklan yang porno dan lain-lain.

Gue sendiri pernah mengalami masalah-masalah ini. Di dalam suatu blog tertentu ada banyak sekali ikalan yang tertempel. Bahakan saking banyaknya sampai gue masuk kedalam artikel yang mau gue baca masih ada iklan lainnya.

 “ini kayaknya blog khusus iklan deh” gumam gue dalam hati sambil close tab dan kemudian  search Fake Taxi.

Masalah pada blog yang gue kunjungi tadi ada dua yaitu iklannya nggak proporsional (banyakan iklannya daripada isi artiekelnya), dan iklan yang ditempatkan nggak pada tempatnya. Waktu gue mau baca iklan itu menghalangi gue untuk membaca isi tulisan dari blog tersebut.

Mungkin kebanyakan dari temen-temen yang lain juga mengalami hal yang sama. Apalagi untuk seorang blogger amatlah penting  mengunjungi blog milik blogger lain (blogwalking.red). kalau blog yang kita kunjungi modelnya kayak gitu, ya, kita juga males berkunjung. Apalagi untuk seorang blogger personal. Iklan adalah sebuah hal yang agak gimana gitu.

Kabanyakan emang blogger personal jarang yang nempelin iklan di blognya. Bahkan ada juga yang anti iklan. Gue sendiri berpendapat boleh ajah sih kita nempelin iklan di blog kita (kebetulan gue blogger personal, eh beneran nggak sih?). Kenapa boleh? Ya boleh ajah orang itu blog punya kita. Bukan blog orang lain. Tapi gue juga punya pengecualian.

Selama iklan itu nggak lebay kayak yang gue bilang sebelumnya – iklannya menutupi hampir seluruh blog dan bukan iklan obat perangsang. Sebagai blogger personal yang sulit mendapatkan kepopuleran karena faktor-faktor tertentu, gue rasa, ya, dari situlah gue bisa dapet ‘sesuatu’ dari blog.

Seleb blog boleh ajah bilang kalau blogger personal yang ngiklan itu udah luntur idealismenya bahkan mungkin bisa disebut bukan blogger personal lagi.  Tapi mereka juga harus fair, kita (gue khususnya) sebagai blogger yang nggak sepopuler seleb blog mau dapet ‘sesuatu’ dari blog gimana? Sementar mereka udah banyak menghasilkan dari blog karena kepopolerannya.

Lah gue?

Perlu disadari, blogger juga manusia butuh duit atau penghargaan lainnya. Gue rasa kalau blogger yang anti banget sama iklan, itu blogger emang anak orang kaya yang nggak butuh duit buat jajan atau emang udah populer banget. Gue mah jujur ajah butuh banget. Selama ini gue ngeblog emang tujuan utamanya bukan untuk uang semata tapi untuk mengekspresikan diri gue dan menggali potensi gue dalam bidang menulis. Siapa tahu gue jadi penulis terkenal di Indonesia. AMIN!

Jadi menurut gue ngiklan di blog itu sah-sah ajah. Asal nggak lebay. Gue lihat Alit Susanto ajah ngiklan kok di blognya tapi ya gitu, nggak selebay blog yang isinya celana dalam. Biasa ajah.

Nggak ada masalah dengan iklan selama iklan itu nggak berlebihan dan nggak mengandung unsur porno. Jadi kalau ada yang risih sama iklan-iklan di samping blog gue, ini nih pembelaan dari gue. Gue sih bodo amat yang penting iklan di sini nggak nutupin artikel yang gue post.

Komentar

  1. Nah iyatuh, kadang suka kesel kalo mau blogwalking tp banyak iklan gitu di blognya, apalagi iklan2 yg porno gitu-__-Jd hrs di klik 'x' dulu atu2.. Kan capek...

    Ehtapi aku kok asal bw ke blog org nongol iklan rame bgtu mulu yak? Apa ini salah browsernya? Bkan salah blognya? Pas aku buka blog sndri jg banyak iklannya gtu. Pdahal aku blm pernah masang iklan di blog._.

    Aku juga stuju tuh, slama iklannya gak ganggu artikel, trs gak mengandung unsur2 begituan mah gapapa. selain itu bsa dapet uang jajan jg dari iklan tsb. Hehee. Nanti deh, aku msang iklan, skrg mah blm ngerti :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang ajah nggak papa selama dalam kaidah dan ajaran dunia perlogan yang benar.. --v

      Hapus
  2. mungkin yang punya blog lg kejar setoran hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. iye mas. kayak metro mini kite

      Hapus
  3. Blog personal saya belum ada iklannya, bukan seleb blog juga, malah blogger remah-remah rempeyek, wkwkk. tapi untuk blog personal sampai saat ini belum tertarik untuk pasang iklan :D
    Salam kenal

    BalasHapus
  4. saya tertarik sama iklan untuk sekarang sih cuma nyoba kalau gk dapet ya tinggal hapus aaj

    paling males tuh sama iklan porno
    saya dirumah ini suka sama adik kalao internetan dan adik saya itu cewek
    tahu sendirilah gimana canggungnya kalau ada iklan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iklan porno yang bagus nggak papa Ra haha

      Hapus
  5. Mungkin karena blog saya masih pemula.. Jdinya ngga ada yang mau pasang iklan ke blog saya... Mungkin salah satu efek blog yg sudah memiliki banyak viewer membuat banyak produsen tertarik untuk berlomba-lomba pasang iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jangan gitu mas, ngblog mah tujuannya bagi2 ilmu jangan tujuannnya ngiklan haha sampingan ajah ikan mah :)

      Hapus
  6. bener banget tuh! Ngblog emang bisa jadi penghasilan kalo ngurusnya bener. Aku maklum juga sih kalo iklannya rapi dan gak ngeganggu blogwalking. Kesel itu tuh, sama yang iklannya numpuk-numpuk dimana-mana. salah pencet,eh.. kena virus! Mending kalo iklan nya ga macem-macem, lha ini iklan togel sama jualan sextoy. heleh

    BalasHapus
  7. ya namanya juga usaha mas supaya dapat passive income

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas asal jangan MLM aja lah haha

      Hapus
  8. iya... kalau udah gila iklan susah. sama kayak web film... bukan web film yang begituan loh ya.. sebuat saja nontonmovie. iklannya suka banget ngeganggu, bikin pengunjung risih. tapi mau gimana, penghasilan adminya kan dari situ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lo sering buka web film jev? download film adult lo ya haha

      Hapus
  9. iklan, iklan itu menyebalkan. apalagi kalau masuk ke blog ketemu iklan yang aada xxx
    jadi pengen langsung keluar. tapi artikelnya menarik buat dibaca.
    terpaksa deh baca ditemani gambar xxx

    BalasHapus
  10. Yang nyebelin itu kadang iklan pop up, mau mencet judulnya aja kita nge-pop iklan banyak banget, sah sah aja sih, saya juga setuju, asal ga berlebihan. dan engga mengganggu content kita. dan satu lagi, gue setuju sama lo, kalo udah nemu blog yang begitu rasanya pengen close tab terus buka fake taxi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue paling suka fake taxi yang taxinya biru hahaa

      Hapus
  11. Iklan yang bergentayangan itu biasa gan, tuh yang res kalau iklannya besarnya selayar monitor udah itu video lagi, ditambah lagi tombol X nya kayak nyari upil. Bete abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu sih bukan iklan emang website khusus iklan haha

      Hapus
  12. setujuuuu sekaliiiiiiii...... paling enggak enak kalo lagi blogwalking isinya iklan semua. selain bikin pusing, juga loading jadi lamaaaa/.... ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ati2 sama iklan yah kalau iklan di blog aku mah di klik ajah haha

      Hapus
  13. suka pegel jari kalau tiap berkunjung ke blog yang ada iklannya...

    BalasHapus
  14. Mereka yang komplen dengan iklan blog kayaknya gak kenal plugin adblock. Huft

    Iklan sih gak ngeganggu selama jenisnya masih wajar. Cuma yang bikin risih kalo tiba-tiba muncul iklan pembersar penis dan sebagainya. Serasa pingin nabokin layar komputernya

    BalasHapus
  15. Gua sih ga tega ya "melacurkan" blog gua yg kece itu. Kalo mau ngiklan ya boleh, tapi dengan cara kerja sama atau endorse gitu. Gua sih ga rela kalo blog gua dipajangin iklan2 MLM atau viagra gitu...wkwkwk

    BalasHapus

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.