Jumat, 03 Juli 2015

Tips ‘Ketika BBM Ceklis’




Blackberry Messenger atau yang lebih populer dengan sebutan BBM masih menjadi instant messenger yang paling laris di kalangan masyarakat. Terutama di Indonesia. Dalam setiap kesempatan kalau gue lewat di jalan raya kemudian gue lihat ada spanduk dan banner promosi produk atau seminar dan lain lain, mereka selain mencantumkan akun facebook, twiter instagram juga mencantumkan PIN BB.

Itu artinya PIN BB dimana menjadi penghubung antar pengguna BBM lain. Begitu penting untuk dicantumkan. Beda halnya sama kamu, walaupun pacar kamu nyantumin nama kamu di bio twitter dia dengan love hitam di samping kanan dan kiri, belum tentu kamu penting buat dia. So, buruan tanyain sama doi, ‘penting nggak aku buat kamu?’ sepeting nyantumin PIN BB di spanduk iklan di pinggir jalan.


Tapi BBM ini juga bukannya tanpa kekurangan. Kadang ada saja masalahnya. Salah satu yang paling sering dialami oleh pengguna BBM adalan ‘ceklis’. Ceklis adalah keadaan dimana chat kamu nyangkut, dengan status berlambangkan ceklis bukan ‘D’ apalagi ‘R’. Dan itu kadang bikin kesel. Seperti apa yang udah di bahas disini.

Untuk mengatasi BBM yang sering ceklis, gue punya sedikit tips. Mungkin ajah bermanfaat, mugkin ajah nggak tergantung seberapa ganteng kalian. emang nggak nyambung sih tapi kalau kalian ganteng, kalian bakal ngerasain manfaatnya.

Ini deh biar nggak kelamaan nunggunya.. Here they are tips ketika BBM ceklis..

1. Pilihlah provider yang sinyalnya kenceng
Memilah dan mimilah adalah hal wajib untuk setiap hal. Termasuk dalam hal memilih provider. Kenapa sih? Soalnya kalau salah milih kalian bakal nyesel. Pernah kejadian gini, jadi gue dulu punya hape pakek kartu Anu (di sensor). Nah, suatu hari waktu gue di rumah eh sinyalnya ilang-ilangan. Kadang ada kadang nggak. Sakit gue di Pehapein sinyal. Terus rencananya gue mau ganti kartu tapi gue inget banyak nomer penting di nomer yang ini. Akhirnya gue nggak jadi ganti. Dan sinyalnya gitu terus sampai gue jadi genteng.

Disitulah letak penyesalannya, emang sih agak lebay. Tapi, kan jadi susah mau ganti kartu karena gue udah terlanjur milih kartu tersebut. Kayak cinta yang terpaksa gitu. lagi-lagi emang masalah sinyal. Kalau gue di rumah sinyalnya dikit banget. Kalau gue keluar baru deh nambah. Dikit. Jadinya repot, gue mesti keluar terus supaya dapet sinyal. Untung gue kalau tidur nggak sambil mainin hape. Maka dar itu, pilih provider yang sinyalnya tokcer.

2. Jangan diam di ruangan tertutup
Berdasarkan cerita gue di atas, gue bisa dapet sinyal kalau gue keluar. Itu artinya sinyal bertebaran di ruangan yang terbuka. Jadi, kalau kamu ada di dalam kenangan masa lalu kamu nggak bakal dapet sinyal pacar yang baru. Eh itu apa sih? Maksud gue, kalau kalian berada di ruangan tertutup kayak  di wc, daam kamar, dalam ruang tamu dan di dalam kaleng. You should go out. Kalian harus keluar. Keluar angkasa.

Temukan sinyalnya kemudian Ping! dia..

3. Sediakan kartu cadangan
Pemain bola jumlahnya ada 22 kalau bertanding, dan yang main 11 itu berarti setengahnya, yang setengah lagi buat cadangan. Gunanya cadangan buat mengganti pemain yang mungkin kelelahan saat permainan berlangsung, baru main langsung capek. Maka dia harus diganti. Atau ada yang sakit gigi ketika pluit di bunyikan. Itu juga harus dig anti karena mengganggu konsentrasi.

Itulah gunanya pemain cadangan. Sekarang kita masih dalam masalah provider yang minim sinyal. Setali tiga uang, dengan sebuah tim di dalam pertandingan bola kamu pun perlu kartu cadangan. Sekarang kan ada tuh smartphone yang kartunya dua. Kalau nggak ya, pakek itu ajah kartunya bisa dua. Satunya buat cadangan.

4. Cek apakah BBMnya emang lagi gangguan
Gangguan bukan berasal dari sinyal doang. Tapi bisa saja dari BBM itu sendiri. Biasanya kalau di smartphone karena bukan aplikasi bawaan jadi agak sedikit rewel. Tapi sekrang mah nggak kayaknya. Paling kalau versi BBMnya di upgrade bru ada masalah dalam BBM. Masalah dalam BBM bukan cuman ceklis doang, malah kadang nggak bisa ngechat atau kontaknya nggak ada gambarnya atau nggk bisa lihat recent update.

5. SABAR..
Sabar adalah kunci. Jadi kalau kamu malem-malem pulang ke rumah dan rumahnya di kunci sama orang tua kamu. Sabar. Nanti juga dibukain. Untuk sementara tidur di teras dulu. Sama ajah kalau BBM ceklis. Jika semua sudah kamu lakukan dan masih tetep ceklis. Ya, sabar ajah. Nanti juga ke kirim. Kalau tiga hari masih ceklis segera hubungi dokter providernya. 

Nelpon provider…
“Halo ada yang bisa saya bantu” suara oprator..
“Mas.. kenapa sih BBM akhir-akhir ini ceklis terus, kenapa? Sinyal terus-terusan nggak ada, aku tuh nuunggu Mas.. nunggu”
“tapi aku sayang kamu!”
“udah telat mas. Aku sekarang tahu kalau provider tetengga lebih baik. Tapi aku mutusin aku nggak akan milih dua-duanya..”
“ta-tapi..”
“cukup… aku bakal pakek walkie-talkie ajah!”
“TIDAKKKK…..”
Sabar yah, mas operator. Kadang pelanggan ada yang gila juga. Tapi kayaknya operator udah keburu gila juga.

Itulah tips yang bisa gue kasih. Semoga membantu, untuk kamu-kamu sekalian yang BBMnya ceklis melulu. Kalau yang hubungannya di gantungin melulu, gue nggak punya tipsnya.. tapi akan segera gue pikirkan. 

10 komentar:

  1. kesel juga tuh kalau udah ceklis -_- apalagi kalo disaat kita lagi perlu banget, pasti deh bbm nya langsung gaa mendukung :) hihihi

    oke, makasih tipsnya :)
    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. *OTW Punya BBM* Gagal gaul, iya.

    BalasHapus
  3. karena baru make BBM itu pun di android, jadi belum ngalamin hal serupa.

    pik banyak typo nih artikelnya. hehe. sebelum dipost, enaknya dibaca ulang lagi.

    BalasHapus
  4. Kampret... akhirnya lu malah pake walkie talkie *berlagak menjadi mas-mas yang ditelpon tadi*

    Oh iye, BBM ceklis kan terkadang bukan hanya masalah dari provider kita, bisa jadi masalah dari provider si doi yang dikirim pesan juga. Dan, gue sendiri untuk BBM lebih memilih menggunakan hape BB, karna kalo android gue ramnya minim, dan BBM versi android sering ehm-ehman gitu *paham-pahamin aja yak*

    BalasHapus
  5. Niat banget bang bikin artikel tentang BBM, dari kemarin bahas BBM ceklis, cara mengatasinya, harga BBM naik..

    Dalam ruangan sering tuh sinyal ilang-ilangan, mungkin lagi ngambek kali sinyalnya. Ya bang pakai walkie-talkie biar keliatan lebih gaul dan kekinian gitu. Apa nggak sekalian pakai sandi morse atau telegram gitu

    BalasHapus
  6. Paling kesel Bbm itu pending pas lagi penting
    dan itu kadang membuat kesal
    satu2nya cara w suka restart Hp
    dan itupun kadang2 berhsil

    BalasHapus
  7. karena nggak punya smartphone, rasanya saya nggak akan kesel kalau ada masalah sama bbm ceklis

    tapi kalau BBM naik lagi mungkin jadi masalah.
    kantong bisa seret nih harus keluar uang lebih

    BalasHapus
  8. Iya nih niat banget ya bikin postingan tentang BBM ceklis dari kemarin. Jangan-jangan lagi kesel sama BBM yang ceklis, karena putus sama pacar gara-gara ada cowok yang lebih ganteng. Oke nggak nyambung emang, tapi kalau merasa ganteng pasti akan merasakan. (gaje)

    Pake walkie-talkie kayaknya jadi pilihan yang bagus. Atau yang lebih simple lagi, coba pake kode-kode yang kayak di suku Indian. Pake asap-asap gitu.

    BalasHapus
  9. ahhaha, pertamanya sih serius, ke belakangnya makin absurd!! tapi emang kadang pas gue lagi di mall gitu juga suka connecting mulu..tapi pas gue nggak di mall juga no connected..terus pas gue cek..ehhh ternyata paketan gue abis..jadi ya gitu..kalo bbm cilang berarti tandanya paketannya abis...ato bisa checklist juga ga ya kalo paketan abis..tau dah Pek..bingung gue mikirin BBM...mikirin BBM aja bingung apalagi mikirin masa depan ya.

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*