Selasa, 23 Juni 2015

Tips Biar Nggak Marah-Marah Di Jalanan




Seperti yang kita tahu ketika puasa bukan hanya nggak makan dan minum tapi juga nggak emosian alias marah-marah. Kalau kita marah-marah puasa kita bakalan batal. Tapi kadang kalau kitanya udah tahu dan udah ngerti, tetep ajah ada penyebab marahnya. Dimana-mana ada ajah yang bikin marah. Di jalanan apalagi.

Di jalanan banyak banget yang bikin kita marah. Tapi kita harus bisa menahan emosi kita. Karena kalau kita nggak bisa nahan. Kemudian kita marah-marah apalagi kalau waktu marahnya makanin beling dan aspal. Bikin batal. Marahnya ajah bikin batal apalagi sampai makan beling dan nyemil aspal.

Lalu, kemudian kita kudu piye menghadapinya. Karena sebagai manusia kita punya limitation dalam menyelesaikan masalah. Maka dari itu gue sebagai manusia lainnya yang memiliki waktu nganggur untuk mikirin hal-hal yang penting, nggak penting, dan sangat tidak penting ini punya tips. Mungkin ajah dari kita ada yang bingung mesti gimana kalau di jalan nahan-nahan emosinya. Oke oke, kang mas paham.

Makanya simak tips biar nggak marah-marah di jalanan berikut ini. Yuk ah..

Jangan terlalu dipikirin
Kebanyakan dari kita (termasuk gue juga) selalu mikirin hal-hal yang bikin kesel. You have another more and more important thing for you think. Banyak hal yang lebih penting yang bisa kalian pikirin. Misalnya mikirin kebahagiaan kalian dan kenapa gue bisa seganteng ini. Setiap individu itu layak bahagia. Lalu kenapa kita mesti pusing mikirin hal sepele kayak disalip motor lain, mobil ngerem mendadak tanpa ngesen dan masih banyak yang lainnya.

Kalau udah tahu kayak gitu mending kitanya yang jangan teralu deket mobil yang lagi kenceng yang berpotensi ngerem mendadak (angkutan umum dan kawan-kawannya). Antisipasi lah. Dan kita nggak perlu marah kalau disalip motor atau kendaraan lain. Hukum alamnya kan kalau lo cepet pasti ada yang lebih cepet lagi.

Hidari ngebut-ngebutan
Asli kebut-kebutan di jalan raya adalah hal yang maaf yah, goblok! Kenapa? Ya, coba di pikir deh ngapain ngebut-ngebutan di jalan raya, di bayar juga nggak, bukan berarti kalau di bayar terus mau yah. Maksud gue resiko kecelakaannya tinggi soalnya jalan raya kan jalannya nggak selalu rata, terus ada mobil-mobil gede juga kadang-kadang. Coba deh dipikir. Jangan kalau udah kecelakaan ajah mulai mikir.

Dan seperti yang gue bilang sebelumnya (eh gue udah bilang apa belum sih) biasanya kalau kitanya doyan ngebut di jalan raya dan kemudian disalip, pasti ada rasa pengen nyalip dia lagi dan nggak jarang ada yang marah. Karena marah jadilah kita salip-salipan sama pengguna jalan lain. Akibatnya bukan cuman buat kita tapi buat pengguna jalan yang lain. Bisa ajah , kan, kalian nabrak motor lain, atau nabrak mobil atau bisa juga nabrak grobak es goyang.

Makanya hindari ngebut-ngebutan di jalan raya, karena akan menimbulkan efek bahaya buat kamu dan orang lain. Stay calm.

Jangan di belakang angkutan umum
Angkutan umum itu nggak jauh beda sama bajay, kalau belok angkutan umum masih suka ngesen tapi kalau berhenti nggak ada yang tahu selain supir sama Allah yang tahu. Itulah makanya kalian jangan di belakangnya. Dikhawatirkan kalau kalian di belakang angkutan umum apalagi kalau deket banget, nanti nabrak bagain belakang.

So, daripada marah-marah nggak jelas karena angkutan umum yang berhenti semaunya. Makanya salip ajah, kalau angkutan umumnya lumayan pelan. Kalau ngebut, nggak usah disalip. Itu menandakan kalau kamu nggak usah deket-deket sama angkutan umum. Nggak papa dia di depan kita asal jaraknya lumayan jauh. Ya kira-kira 100 meteran lah.

Pilih jalan alternative
Di berbagai daerah di Indonesia banyak sekali jalan alternative yang bisa kita gunakan untuk menghindari macet. Jalan alternative juga bisa kalian pakek untuk menghindari potensi marah-marah sama pengguna jalan lainnya yang ngeselin, atau marah-marah karena macet dan suasana yang panas.

Kenapa sih kita pakek jalan alternative? Jalan alternative biasanya lebih lengang, jarang ada yang lewat. Sampe-sampe kutilanak dan kawan-kawannya jarang lewat situ karena takut ada setan. Setan kok takut setan. Jangan takut lewat jalan alternative, nggak bakalan ada setan kok, kan, lewatnya siang. Soalnya ini tipsnya berlaku buat siang ajah, kalau melam mah udah buka puasa. Jadi kalau mau marah-marah ajah gitu.

Tapi kalau mau terus nggak marah-marah juga bagus buat kesehatan. Udah mending jangan marah-marah walaupun udah buka.

Selalu istighfar 

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ
astaghfirullah hal adzim 

Memabaca arah beloknya ibu-ibu naik motor itu kadang susah sama kayak membaca angkutan umum yang mau berhenti apa nggak. Itu semua ibarat membaca kode dari gebetan yang menyusahkan, lebih baik kalian baca istighfar ajah. Yah, dari mulai kamu berangkat baca bismilah terus kamu jalan mending kamu baca istighfar. Supaya kalau kamu di tengah-tengah perjalanan ada yang ngeselin, nggak kesel-kesel banget.

Terus juga selain bisa memaklumi kesalahan orang lain kalian bakalan dapet pahala. Kan, lumayan. Sepanjang perjalanan kalian komat-kamit baca istighfar mungkin ajah sepanjang itu pula pahala yang kalian dapat. Amin.

Jangan keluar rumah

Alternative terakhir kalau kalian nggak mau batal puasa gara-gara kesel sama pengguan motor lain dan marah-marah sama angkutan umum mending stay di rumah ajah. Yah, cara aman biar nggak marah-marah mah mending di rumah. Kalaupun mau keluar kalian harus siapin mental dan harus sadar betul hal-hal yang dari awal gue sebutin itu, bakal ada di jalanan. Makanya siapin mental. Termasuk baca tips ini adalah persiapan juga (promosi). 

Siapa tahu ada yang nggak tahu dan lupa gituh kalau di jalan itu pasti banyak yang bikin kamu marah, bikin batal puasa. Makanya kamu di rumah jangan tidur melulu, baca-baca dong baca tips ini contohnya (promosi lagi). Prepare, kalau mau keluar ya harus tanggung resikonya dan harus melalui persiapan yang banyak.

-----

Nah, kalau udah tahu tipsnya gue harap kalian bisa mengantisipasi hal-hal yang ngeselin yang bertebaran di jalanan. Di jalan itu banyak banget cobaannya, belum kalau ada bencong ngamen yang ngancem kalau nggak ngasih “mending ngasih atau eyke cium”, kan serem. Karena takut rabies dicium bencong, mending kalian ngasih. Ngeselin kan, dan hal semacam itu (yang ngeselin) ada dan merata di Indonesia.

Karena, kan, yang pahalanya gede sebenarnya (kata pak ustad) adalah ketika mendapat cobaan terus kitanya sabar dan bisa mengatasi cobaan itu dengan elegan. Lagi-lagi masalah pahala yah. Soalnya mumpung bulan puasa, nyari pahala sebanyak-banyanya sangat dianjurkan. Daripada kalian galau mikirin mantan yang jelas-jelas udah nggak respect lagi. Napain, kan. Mending mikirin aku *kicep-kicep mata*.

Sekian tips biar nggak marah-marah di jalanan dari gue semoga membantu kalian kalau nanti mau jalan ke luar. Kalau ke luar angkasa gue nggak punya tipsnya. Soalnya gue ajah belum kesana. Nanti gue tanyain sama Thor. 

16 komentar:

  1. Tipsnya oke juga nih, tapi suka gak bisa ngehindar kalau udah kepepet .. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan.. obat tradisoanlanya da buat obat kuat gak gan?

      Hapus
  2. Balasan
    1. iya ang Ahmed istigfar biar dapet ampunan

      Hapus
  3. kalau ngeliat kelakuan orang dijalan yang kurang memerhatikan etika, saya biasanya marahnya di hati aja mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di pendem mas mending keluarin ajah.. ntar jadi jerawat haha

      Hapus
  4. Mhahahah... :D
    berasa baca artikel nyunyu yak! keren lah inisiatifnya... inisiatif nulisin hal yang penting nggak penting ini... tapi nggak ada salahnya banget tips2 ini buat diikuti... bermanfaat...
    oh iya bro, 100 meteran itu kejauhan XD hahaha, gue juga kalo dibayar ngebut sih, mau aja kayaknya ngebut2an.. hehe
    oh iya adalagi, sori bro, masih banyak typo nya tuh. kalo nggak ada typo pasti artikel ini udah sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Wan udah gue benerin yang typonya makasih atas koreksinya :)))

      Hapus
  5. Jangan terlalu dipikirin:iya bener tuh nggak usah dipukirin banget takutnya malah kepancing emosi akhirnya marah, akhirnya ngurangin pahala puasa. Jangan sampai deh orang lain mempengaruhi pikiran kita.

    Btw jangan berkendara dibelakang ibu-ibu pakai matic gak ditulis nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mending mikirin gue ajah

      yah kan udah gue tulis.. dalem hati Ra haha

      Hapus
  6. Gue kadang suka greget sama orang yang ngerem mendadak fik... gue sih engga terlalu mikirin, gue langsung aja sampingin jalannya, gue liatin dia... ternyata dia cewek fik, cakep, badai... abis itu langsung kepikiran gue wkwk...

    Iya perbanyak istighfar, jangan dibelakang angkot, dan yang paling aman jangan kemana mana dah haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga geregetan sama Sherina Sen eh kok..

      Hapus
  7. iya tuh, paling males kalau udah dibelakang angkot
    yang paling parah sih bus

    nggak ngesen, berhenti sembarangan.. dah tahu mobil gede tapi masih aja ada sopir yang ngebut dan suka nyalip

    biasanya sih saya agak ngebut kalau di jalan. tapi kalau sepi aja
    dan ggak pernah marah kok cuma suka ngelamun aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mending di belakang imam ajah Ra hahahaa

      Hapus
    2. iya lah
      jangan sampe di depan imam

      Hapus
  8. Tipsnya bermanfaat sekali kak, tp sayangnya aku jrang kluar, naik motor aja gabisa. wkwk. Aman kan jdnya, gak perlu marah-marah dijalan? :D haha. Stay dirumah aja jdinya ;)

    Tips selalu istighfar bagus jg tuh, jd kita dijalan istighfar aja, inget sama Allah, gausah nginget hal lain yg bkin kesel. Hehee...

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*