Senin, 24 November 2014

Indonesia Is Back #AFF2014




Piala AFF tahun lalu menjadi sebuah kenangan pahit untuk Indonesia,. karena Indonesia hanya menjadi juara dua di kejuaraan antar negara ASEAN itu. Kalau dianalogikan, Indonesia ini kayak ABG yang baru diputusin pacarnya, galau. Mungkin tahun ini adalah sebuah kesempatan yang harus bisa dimanfaatkan oleh timnas indonesia kita tercinta. Persiapan yang pendek mungkin membuat Alfred Riedle nggak cukup buat milih-milih pemain, apalagi dia nggak sempet lihat gue main di liga RT/RW. Makannya pemain yang ada sebagian masih banyak yang menghuni pos timnas tahun lalu.

Tapi disisi lain, itu juga menjadi sebuah keuntungan, karena dengan pengalaman mereka, otomatis mereka tahu situasi dan kondisi di lapangan dan tentunya tahu kelemahan lawan. Jadi kayak semacam nostalgia. Apalagi akang Boaz, dia udah senior banget kayak Buffon dan Pirlo di timnas Italia. Kali timnas indonesia juga diperkuat pemin muda berbakat, seperti Evan Dimas. Gue yakin kehadiran Evan Dimas bakal membawa pengaruh positif buat timnas untuk Evan Dimas juga dipanggilnya dia ke timnas senior untuk menambah pengalaman, selain emang membela negara.

Kita nggak boleh lupa buat ngedukung timnas Indonesia dimanapun kita berada, apalagi kamu-kamu yang masih menginjakan kakinya di bumi pertiwi ini. Gue rasa perlu kita buat ngedukung timnas, jangan ngedukung pas menangnya ajah, tapi nggak papa sih itu adalah bentuk dukungan juga walaupun ngedukung pas senengnya doang. Buat yang suka klub-klub luar negri juga jangan lupa dukung timans INDONESIA.

source

Jangan sampai kita mendewakan sepak bola negara lain tapi lupa bahwa kita juga punya timnas buat di dukung, senggaknya walaupun kita nggak bisa ke Vietnam kita bisa lihat di tipi dan teriak-teriak di balik layar kaca. Apalagi yang sering teriak-teriak ‘nasionalisme’ di muka umum, kamu harus buktiin ke-nasionalisme-an kamu, dukung timnas dong. Gimana sih.. Dan kalian yang suka bilang kalau sepak bola indonesia itu jelek, nggak bagus, mainnya nggak enak dan bentuk-bentuk kesinisan lainnya, nggak kayak sepak bola luar negri, tim-tim Eropa misalnya. Gue cuman mau bilang…

KALIAN NGGAK FAIR!

Bandingin sepak bola Indonesia dengan sepak bola Eropa, jelas ajah kita nggak pernah bagus. Kayak bandingin motor dan sepeda. Harusnya bandinginnya sama sepeda lagi dong. Kalau indonesia dibandingan sama Vietnam, Filipina, Laos dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, mungkin kita bakal dapet skor yang sama! Atau bahkan Indonesia yang lebih unggul! Negara kita adalah negara berkembang, di dalamnya juga masih awud-awudan, dan itu tercermin di dalam timnas dan persepakbolaan indonesia, tapi harpan untuk selalu menjadi lebih baik itu selalu ada. Dan itu bisa dibuktikan timans U-19 saat menjurai piala AFF.

Kita sebagai orang Indonesia yang sejatinya harus mendukung timnas, harus juga menjaga harapan itu. Kita boleh ajah kehilangan kesempatan buat juara AFF tahun lalu, atau kehilangan kesempatan berlaga di Piala Asia, atau Piala Dunia, atau juga piala antar Planet, tapi jangan sampai kehilangan harapan. Bukankah orang yang kehilangan pacarnya (baca: diputusin) itu harus punya harapan buat dapetin pacar baru lagi? kalau kehilangan harpan mungkin akan jadi jomblo seumur hidup.

Pertandingan melawan Vietnam kemarin (22/11) hasilnya 2-2, itu udah bagus banget, walaupun harusnya timnas Indonesia menang. Secara, Vietnam kan tuan rumahnya wajar ajah mereka mainnya rada bagus, terus juga disana Vietnam banyak banget suporternya coba pemerintah indonesia bikin kuis hadiahnya tiket piala AFF kan itu membuka kesempatan supporter Indonesia mendukung timnas secara langsung. 200 orang kek dikirim ke Vietnam…

Suporter kita juga sebenernya nggak kalah banyak, tapi di balik layar kaca. Gol Zulham dan Samsul Arif di babak pertama dan ke dua udah bikin Indonesia bangkit, itu pertanda Indonesia nggak jago kandang. Di kandang lawan pun kita masih bisa menunjukan taring dan mental juara kita.  Semoga Indonesia tahun ini juara AFF. Gue dan masyarakat pencinta bola dan yang nggak suka bola disini mendukung penuh timnas garuda, semoga pertandingan demi pertandingan bisa kalian lewati dengan kemenangan. Semangat!

INDONESIA IS BACK!
 
source
AYO DUKUNG INDONESIA!!

2 komentar:

  1. sebenarnya potensi sepakbola indonesia ini luar biasa namun sayang payah di pengurusan nya

    BalasHapus
  2. terus terang waktu lawan Vietnam kita cuma beruntung, mainnya juga cuma dengan umpan lambung ke depan. tapi aku yakin waktu lawan Filipina bisa lebih baik.

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*