Sabtu, 21 Juni 2014

Seminar Bareng Blogger Cirebon




Di zaman sekarang internet sudah merupaka kebutuhan, di berbagai institusi baik itu pemerintaahan ataupun swasta semuanya membutuhkan internet. Jelas tujuannya untuk berkomunikasi, mencari informasi, mempromosikan produk dan jasa dan masih banyak lagi tujuan yang lainnya. Itu pula lah yang mengilhami para komunitas Blogger Cirebon untuk mengadakan seminar melek internet. Dengan menamakan acara tersebut Seminar Gratis Saatnya Melek Internet Bersama Blogger Cirebon dan Telkom Speedy.

Gue sebagai blogger juga pengen lebih melek lagi dalam hal internet. Makanya gue memutuskan untuk ikut. Kebetulan gue juga anggota Blogger Cirebon, tapi gue anggot yang pasif kebuki kemarin ajah pas acara ulang tahun Blogger Cirebon gue nggak dateng, dan waktu ada Cirebon Creative Expo juga gue nggak menyambangi stand yang di buka oleh Blogger Cirebon. Yah, maklum di saat yang sama tugas kuliah menunggu untuk segera diselesaikan.

Acara itu bertujuan untuk membuat masyarakat Cirebon melek internet, padahal setahu gue internet nggak punya mata. Tapi dengan semangat yang luar biasa para pengurus Blogger Cirebon ingin me-melek-kan masyarakat Cirebon untuk melihat internet sebagai sarana yang bagus untuk menggali informasi dari luar atau bahkan membua informasi itu datang dari wilayah Cirebon. Karena mungkin sebagian orang tahu kalau internet itu ada tapi nggak tau manfaat besarnya. Kayak semacam kita punya pacar tapi nggak tau pacar kita itu siapa. –lah? Alien mungkin.

 
Acara ini terlaksana atas dukungan Telkom Speedy Cirebon, dengan kebaikan dan kemurahan hatinya untuk menyediakan tempat dan sarana prasarananya. Gue sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Telkom Speedy buat nyedian tempat. Disitu lengkap banget ada komputer projector, ruangnnya ber-AC. Gue di dalem ajah sampe pengen tidur karena ACnya adem banget. Maklum dirumah nggak ada AC. Jadi bawaanya pengen yang adem-adem ajah gitu, tapi hati gue pengennya yang anget-anget. Duh.. nggak sinkron nih. 

 
Seminar itu bisa dibilang dadakan, menurut pengurus Blogger Cirebon acara itu sebenarnya acara buru-buru (buru-buru amat mas kayak mau boker) Dan saking buru-burunya gue bisa lihat masih banyak kekurangan yang ada di seminar tersebut. Yaitu, kurangnya koordinasi antar anggota, nggak adanya handbook atau buku panduan 'kenapa dan mau ngapain' ajah kita di acara itu. Dan kebetulan kenapa gue bilang nggak ada handbook atau buku panduan, karena disitu diadakan juga praktek bikin blog.

Minimal kalau disitu nggak bisa buat karena waktunya kurang, kan di rumah bisa membuatnya, dengan panduan praktis dari handbook itu. Selain membuat blog, para peserta juga diberikan pengarahan untuk membuat email. Sebelum bikin blog peserta bikin email dulu. Jadi gue kebalik nih nulisnya. Kasian yang baca jadi pusing. Nah biar nggak tambah pusing, susunan acarnya kurang lebih kayak gini:

Sambutan dari pengurus > Memotivasi para peserta, kenapa membuat blog? > Membuat email  > Membuat blog  > Tanya jawab kepada mentor.

Nah, kayak gitu tuh, susuan acarnya. Masih bingung juga? Minum antimo dong… Baru pertama kali gue ikutan acara model beginian. Seumur hidup baru ini ajah. Katrok banget gue. Setelah acara selesai sekitar jam 4 sore, hampir tiga jam acara itu berjalan. Walaupun acaranya agak sedikit ngaret tapi acaranya bagus, hanya saja, ada beberapa aspek yang harus dievaluasi untuk seminar selanjutnya. Dari tadi gue ngomongin seminar melulu, padahal kata pelaksananya ini tuh kayak semacam sharing ajah. Tapi yaudah lah..


Udah gue bilang kalau acara perlu d evaluasi, karena kedepan pelaksana bilang akan mengadakan acara yang sama. Gu berharap acara selanjutnya semakin terarah, para mentornya juga berbagi ilmunya nggak setengah-setengah, walaupun gue tahu ilmu itu mahal tapi percuma juga kalau dengan harga yang mahal hanya disimpan untuk diri sendiri, minimal dibagi lah buat sesama. Khususnya sesama blogger, dan sesama masyarakat Cirebon. Maju terus Blogger Cirebon.. 

17 komentar:

  1. Wahh mas? bagian dari Rebon nih? cara gabungnya gimana sih mas??

    Kayaknya seru tuh, jadi banyak teman. Bisa nambah wawasan juga dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal gabung ajah ke fan page-nya klik link di blogger cirebonnya disitu ada kok

      Hapus
  2. Wah,asli baru tau kalo Cirebon punya komunitas blogger.... ada kamp-nya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kopdar di Masjid At-Takwa kota cirebon di alun2nya. tepatnya di warung bang tema bang :))

      Hapus
  3. wkwkwkwkwwk ... internet memang nggak punya mata sih.. tapi mata-mata punya mereka .. *lah

    iya sama dengan blogger pekanbaru kerja sama juga sama telkom..

    itu kerja sama ama telkom kan ya..

    serukalau udah pelatihan gini, apalagi yang ikut pelatihan para cowo-cowo kece.. mhuahahah :D

    eh itu yang ganteng-ganteng seringgalau kamu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru dong,

      iya sayang waktu itu gak ada ceweknya

      Hapus
  4. rasanya enak ya kalo punya komuitas yang sesuai regionalnnya, bukan karena banyak ataupun tidaknya tapi gampang ketemunya gampang sharing2 gitu >.<, di jakarta sih ada cuman belum nemu yang pas T_T (seumur) rata2 orangnya udah pada kuliah semuaaaa....................

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur lo berapa sih? justru kalo nongkrongnya sama yang lebih tua lo lebih bnyak dapet ilmu jie :))

      Hapus
  5. ah enak banget loh bang, dikota gue belum pernah ada seminar ginian (belum pernah ato gue yg gak tau sih. haha)
    itu kok pesertanya dikit bener bang ? kurang dipubllish yah ?
    n btw, downloadannya udah selesai blum, bagi dong. wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin dong will

      iya sengaja karenatempatnya juga kecil pesertanya pun terbatas

      Hapus
  6. ini dicerobon keren amat ... di medan kapan ya?

    ada di medan gakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih keren lagi guenya loh

      ya cari dong gimana sih situ kan orang medan

      Hapus
  7. enaknya ada kumpul blogger regional gitu, di banyuwangi mana ada kek beginian T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari ajah pasti ada kok, atau kamu yang memprakarsai

      Hapus
  8. Awal yang sangat baik walau cuma dadakan.
    Cowok semua, jangan-jangan ini perkumpulan penyuka sesama jen... ah, sudahlah~

    BalasHapus
  9. Wew lagi seminar nih ya.keren-keren :v
    Di dukung Telkom Speedy Cirebon lagi, tambah enak tu bisa free hehehe, kecepannya berapa tu ??? * Kepoo:v

    BalasHapus
  10. hah, emang masih ada orang yang gak bisa bikin email ya fik? kasian banget tuh orang yang kayak gitu..

    yang gue takutkan. pas acara kayak gitu tiba2 listrik mati atau koneksi terputus! wahahaha #KamvretingMoment :D

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*