Rabu, 28 Mei 2014

Hal-Hal yang Biasa Dilakukan Orang Lagi Flu




Belakangan ini musim panas sudah mulai memanaskan bumi, dah hasilnya orang-orang mulai kepanasan. Kipas angin, AC, buku dan kipas sate jadi alat buat meredakan panasnya. Masa transisi dari musim hujan ke musim panas ini juga membuat orang jadi gampang terkena penyakit. Salah satu sakit yang paling sering di alami adalah FLU. Yap, flu merupakan penyakit yang umum mewabah di kalangan masyarakat.

Kalau udah kena flu ngapain ajah nggak enak. Contohnya kalau lagi makan sama pasangan (kalau punya) tiba-tiba kamu bersin di depan dia yang lagi makan, terus dia ilfil sama kamu dan besoknya putus, kan jadinya nggak asyik. Kebetulan kemarin gue juga ngalamin flu tapi berhubung gue nggak punya pasangan jadi selow-selow ajah. Gue mencoba mengingat-ngingat, apa ajah yang biasa dilakukan orang kalau lagi kena flu. Dan berikut hal-hal yang biasa orang lakuin kalau lagi flu..

Nyari-nyari alasan kenapa bisa flu
Orang yang lagi flu kalau awal-awal dia kena flu,  biasanya nyari-nyari alasan ‘kenapa sih gue bisa kena flu?’. Kalau ada temen lagi flu, biasanya dia akan menyalahkan temannya.

 “Elu sih flu, jadi gue ketularan nih”.

Disadari atau nggak flu itu memang sifatnya menular, apalagi kalau darah kita sama dengan darah orang yang sedang terkena flu. Misalnya darah temen kita ‘A’ nah kita juga ‘A’, otomatis kita berpotensi ketularan. 

Tips:
-Jangan deket-deket sama orang yang lagi kena flu. Termasuk pacar kalian, kalau pacar kalian terkena flu, putusin ajah. ehh.. jangan deh, mending jauhin ajah. demi keselamatan kalian.
-Sebagai teman yang baik alangkah baiknya kalau kalian beliin dia masker. Tapi jangan kalian yang pake masker. Kesannya temen kalian ngerasa terasingkan dan sebagai biang penyakit. Padahalkan, bener.
-Jaga jarak dengan orang yang sedang flu, ya, minimal 3 meteran lah..

Nutupin hidung
Walaupun nggak ngaruh terhadap kesembuhan flu, tetapi ‘nutupin idung’ adalah hal yang biasa dilakukan sama orang yang lagi terkena flu. Iya, maksud gue nggak ngaruh apa-apa sama kesembuhannya, emang kalian pernah lihat orang yang flu terus nutupin idung tiba-tiba sakitnya jadi sembuh. Nggak, kan.

 Jadi harusnya gimana dong?

Tips:
-Pake masker. Bukan masker Limbad. Oke, itu master.
-Bawa sapu tangan. Jangan sarung tangan.
-Bawa tisu. Jangan tisu basah, apalagi tisu gallon.

Sering beli/minta tisu
Sesuai tips di atas kalau misalkan orang yang lagi terkena flu, memang harus bawa tisu. Nggak lain dan nggak bukan, tentu saja buat menahan ingus kita. Seringnya kita ke warung cuman buat beli tisu doang, adalah hal yang sering kita lakuin, atau kalau misalnya kita lagi nggak punya duit atau nggak sempet (karena gak punya duit  juga) biasanya mintaain tisu. Tisu toilet ajah dia minta.

Emang wajib yah?

Nggak juga sih. Tapi kalau baju yang kalian pakai penuh dengan bekas ingus, gue nggak nanggung. Soalnya kalau nggak ada sesuatu buat mengusap ingus, otomatis baju lah yang jadi pilihannya. Gue sih gitu biasanya.


Sering ke kamar mandi
Sering ke kamar mandi atau WC tujuannya bukan buat ngabisin sabun, melainkan buat ngeluarin ingus yang udah di ujung tanduk mau keluar. Kadang kalau orang yang lagi kena flu saking seringnya dia bolak-balik ke kamar mandi, kamar mandinya sampe bosen dan pindah tempat. –lah?

Orang yang lagi boker sama orang  yang lagi flu, lamanya dia di kamar mandi itu sama. Ngeluarinnya pun sama, sama-sama ngeluarin kotoran.  Beda di bau dan bentuk ajah. Iyuhh..

Bolak-balik kamar mandi yang paling nggak enak banget itu, pas lagi ada dosen nerangin, bukan apa-apa, kadang sebaik-baiknya dosen kalau ngelihat mahasiswanya keseringan bolak-balik  ke WC kayaknya bakal marah juga.

Teriak “aaaakkk kapan sembuhnya sih ini flu”
Terkadang cara terbaik mengungkapkan kekesalan adalah dengan berteriak, sekencang mungkin. Dan menunggu adalah hal yang paling membosankan, termasuk menunggu flu itu sembuh. Teriak. Itulah cara yang dilakukan orang aneh seperti gue, kalau gue lagi flu kemudian sembuhnya lama. Padahal baru 2 hari. Nggak tau guenya yang nggak sabaran atau penyakitnya yang sabar berada di dalam tubuh gue. 

Tips:
-Kalau mau teriak usahakan jangan di tempat umum. Nanti lo disangka orang gila.
-Cari tempat yang sunyi senyap, misalnya di ujung jurang. Tapi awas hati-hati masuk jurang.
-Berteriaklah dengan merdu, minimal semerdu suara diva Indonesia lah. Kan lumayan kali ajah ada produser rekaman lo bisa di orbitin jadi penyanyi. Di orbitin di tata surya. Surya toserba #apasih.
Mendadak manja (ada debu sedikit idungnya ditutup)
Debu yang berterbangan emang sangat berbahaya buat kesehatan kita, sama ajah kayak pasangan yang bertebaran dimana-mana memamerkan kemesraannya itu nggak baik buat kesehatan hati. Hati gue.. *hening*. Dan saat flu kita jadi anti banget sama debu, ada orang lagi sapu-sapu dimarahin.

“WHOY! JANGAN NYAPU DEPAN ORANG FLU DONG”
“SANTHAY, COY!”
“EH LO JANGAN NYOLOT!”
“LO YANG NYOLOT CUMI!”
Dan mereka-pun colok-colokan idung pake gagang sapu.

Saking manjanya kita kadang jadi pemarah, gue juga bingung apa hubungan anatara manja sama marah-marah. Entahlah mungkin emaknya si ‘manja’ selingkuh sama bapaknya si ‘marah-marah’. Makin nggak jelas ajah.  

Mendadak suka minumin susu
Susu adalah obat mujarab menurut gue, apalagi susu yang gambarnya beruang kutub. Minum dua kaleng ajah udah bikin kondisi tubuh jadi membaik. Walaupun kelihatannya gue korban iklan, tapi percayalah, susu itu adalah ciptaan Allah yang paling keren dan enak sekaligus berkhasiat. Karena itulah orang-orang flu biasanya pada minum susu. Susu kental manis, susu bubuk, susu cair, dan susu-susu lainnya.

source
Segala macam susu semuanya diminum. Tapi gue saranin sih mending minum susu cair ajah. kenapa? Yaudah deh nurut ajah sama gue, rewel amat *dilempar palu*.

Kalau ngambil wudu paling lama bersiin idung
Solat adalah hal yang wajib untuk umat muslim dan kalau mau solat pasti wudhu terlebih dahulu. Dan di saat wudu lah saat yang tepat bersiin idung dari sisa-sisa ingus yang tadi dibuang di WC. Kadang di tempat wudu juga sering banget buang ingus dan itu membutuhkan waktu yang lumayan lama, kadang saking lamanya, imam udah tahiat akhir dia baru selesai bersiin ingus.

Tips:
-Bersiin sisa ingus baiknya di WC ajah karena kalau di tempat wudu, yang lain bisa lihat dan kemungkinan mereka jadi jijik ngelihatnya, yah, walaupun itu ingus-ingus kalian dan nggak di tempelin ke muka orang lain.

Ngupil
Upil adalah benda yang tidak berbentuk yang berasal dari kotoran yang masuk ke hidung, debu yang tersaring oleh bulu hidung dan ingus yang mengering. Soal rasa yang katanya ‘asin’ gue sendiri belum memastikan kalau ternyata upil ada rasanya. Gue harap sih ada rasa mangga atau buah-buahan yang lainnya biar makin rame rasanya. Dan mungkin upil bisa diproduksi masal dengan berbagai kemasan. Jiwa entrepreneur gue mulai bergejolak nih #enterpreneurready.

 
source
Kebiasaan ngupil ketika seseorang sedang mengalami flu adalah hal yang wajar, karena sesuai definisi yang gue buat sendiri, bahwa upil berasal dari ingus yang mengering. Udah pasti ngupil deh. Soalnya gue gitu juga. :p


Bingung milih air anget apa air dingin
Dilema. Adalah satu kata yang tepat ketika kita lagi flu tapi mau minum air dingin karena cuacanya lagi panas, atau minum air anget biar flunya nggak nambah parah. Cuaca sekarang yang panasnya minta nikah memungkinkan seseorang untuk meminum minuman segar, contohnya es kelapa. Tapi, jadi bingung ketika kita lagi menderita flu yang ngggak sembuh-sembuh (baru dua hari), disisi lain kita pengen minuman seger tapi disisi lain flu yang kita derita akan semakin parah kalau kita minum es.

Maka dari itu kita jadi bingung mau milih air anget apa air dingin. Kalau kalian bingung simak tips berikut. 

Tips:
-Minumlah air putih a.k.a air mineral.
-Kalau mau minum es, usahakan jangan pake es batu, tapi air putih yang di masukin kulkas.

 ----
Orang yang lagi flu alias pilek emang menderita, tapi nggak pake banget, karena flu cuman sakit biasa, ada sakit yang lebih berat di luar sana. Sakit hati contohnya. Hal-hal yang gue tulis di atas adalah sebagian pengalaman gue kemarin yang gue rasa membuat gue cukup mengalami stress ringan. Mengganggu setiap aktifitas keseharian, mengganggu dompet gue yang setiap tisunya habis gue harus merogoh kocek untuk beli tisu.

Disisi lain, setelah gue sembuh, badan terasa enak banget. Gue bersukur gue dikasih sakit sama Allah. Karena sehat itu enak dan mahal. Gue harus tetap bersukur dalam keadaan apapun. Mungkin kalian punya kebiasaan lain yang nggak gue sebutin di atas kalian bisa berbagi bareng gue. Komen ajah di bawah. Aku sayang kalian :* .


40 komentar:

  1. huahhahahaha bener semuanya nih, apalagi yg suka nyari2 alasan.
    pokoknya kalo lagi flu maunya yg anget anget deh.
    air angen teh anget dan pelukan hangat *eh

    BalasHapus
  2. ahahaha ... kampret banget ...
    jokenya bener2 berkualitas banget Pik..
    setiap poin yang elo jabarin, deskripsinya bikin ngakak...
    semuanya bikin gue bilang, "kampret nih! iya!"

    tapi satu hal yang enggak, 'rajin minum susu' .. gue kalo flu gak pernah minum susu.. ini lo observasi di mana? :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang :))

      itu observasi ke diri gue sendiri bang :D

      Hapus
  3. Paling pas buat nilam adalah: kalaok wudhu bersihin idung lama banget >< wkwk xD bahkan wudhunya jadi nggak tertib gitu, nggak urut :p
    Habis idung kan muka, habis muka idung lagi, terus tangan, terus idung lagi xD

    Kapik ada-ada aja ide nulisnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. idih kamu gitu juga yah, lain kali jangan dikasih tau yah.. haha

      spesialis hal2 yang nggak penting nil :))

      Hapus
  4. Haha, sumpah jeli banget lo, fik nulis tema yang model kek beginian, padahal semua orang pasti pernah atau lagi mengalaminya. Pinter lo!!!

    Yang paling bikin gue ngakak pas dipoin nutupin idung sama wakti ngambil wudu. Haha

    Iya, setuju banget, sehat emang mahal tapi kalo sehat hati tetep sendiri keknya gak enak juga deh, fik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang ;))

      jaga kesehatan lo bang, gue khawatir lo sakit. sakit jiwa hahaha

      Hapus
  5. ini idenya mantap, fik! ngakak aku hahaha

    satu lagi yang mesti dilakuin kalo pas flu, bawa cermin kecil, biar pas lagi buang ingus di tissue bisa diliat masih ada apa enggak jejak peninggalan si ingus di idung muehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas ada lalat masuk nay..

      wah oke juga tuh idenya haha

      Hapus
  6. Jiahahaha, hanya karna flu aja bisa sampe jadi tulisan macam beginian. Sumfeh dah kapik bener2 kreatip. Salut dah :D

    Ohya, itu yang minum susu emang ngaruh ya sama flu? Baru tau kalo ful harus banyak2 minum susu -__-

    Tambahin lagi nih tipsnya, "Kalo flu ... usahakan tidur dalam posisi duduk. Percaya dah, 10 dari 9 orang pasti akan lebih memilih tidur dalam posisi duduk, daripada rebahan yang dapat mengakibatkan hidung menjadi buntu karna ingus"
    Sekian ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang orang tuh harus jadi peneliti dirirnya sendiri jie :))

      ngaruh, karena nambah memperkuat sistem imun

      wah boleh juga tuh tipsnya :))

      Hapus
  7. hahahaha aku kalau flu biasanya mengasingkan diri ke suatu wilayah yang nggak padat penduduk fik. demi kenyamanan orang lain #EnggakSih.
    bingung milih dingin atau enggak itu meang dilematis sih, sama kayak lagi sholat trus bersin bersin. mengganggu emang.

    siapa bilang ini musim panas? kemaren di depan rumah banjir men...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eamgn kalo flu berasa jadi orang asing sih :))

      lo di planet mana kuh?

      Hapus
  8. hahahahaha... bener.. bener... terutama yang nomor satu itu tuh... btw, itu kenapa ngupilnya pake jari kaki? hahahaha... itu pasti pemain akrobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. -__- akrobat? gak tau itu nemu di google :))

      Hapus
  9. Niat banget ya bikin postingannya, postingan sepele aja bisa jadi sepanjang ini. Dan kocak-kocak pula hahahaha. Bagus Kapik, bagus. Emang flu itu penyakit sepele yang nggak-enak-banget. Diulang, ENGGAAK-ENAK-BANGET.

    Hiiiiii jangan-jangan baju kamu penuh sama ingus ya? Iiihh *merinding*

    Oh pasangan yang bertebaran juga nggak baik ya? Umm... Aduh kalo gitu aku nggak baik dong. Yah tapi gimana ya, seru sih. Masa punya pacar diumpet-umpetin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa bilang ini nggak penting? ini penting banget tau :))

      ahh kamu..

      Hapus
    2. Baru sempet bewe, untung postingan ini udah dibaca dari zaman firaun masih muda =))

      Iya flu penting kalau lagi kerasa. Kalau belum mah kayaknya inget aja enggak-_-

      Hapus
  10. ahahaha keren gan postingannya, kreatif!
    yang bikin ane tambah ngakak yg gambar ngupil pake kaki, dapet aja gambar beginian hehehe
    klo ane sih klo lagi kena flu pasti banyakin minum anget2 aja, sama minumin madu, wajib itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan! :))
      pernah ngupil pake kaki gak gan? sini gan pake kaki gue nih

      Hapus
  11. haha masker limbad. btw aku setuju banget sama susu yang kamu maksud. meskipun kadang bingung sih itu susu sapi apa susu beruang atau susu naga? entahlah
    btw gambar ngupilnya buset dah hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu suka susu yah? aku juga loh.. kita sama2 suka susu, jangan2, kita?......

      Hapus
  12. Hahaha. Postingannya keren. Foto yang ngupil itu loh, hahaha. :D

    Semuanya bener nih. Tapi yang sering gue alami sih sering ngupil. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims... itu lo bukan ham??

      upil lo rasanya apaan??

      Hapus
  13. hahaha
    iya ya klo lg flu penderitanya cenderung suka menyalahkan teman dekatnya yg kena flu.
    emang nggak nyaman.
    dikit2 meler...
    dah gitu biasanya diikuti ma batuk juga :-P
    paling enak emang sehat kok.
    yang paling menguji kesabaran ya nggak bisa minum es krim klo lg flu,
    ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya soalnya biasanya kit ketularan gitu sih..

      minum es itu bkin flu sembuh loh, tapi abis itu batuk2 haha

      Hapus
  14. Hal yang sering gua lakuin kalo lagi flu ya sering ke kamar mandi.
    Sekarang lagi flu ini, karena cuaca di Riau panasnya pake banget. Emang air yang di masukin kulkas gak ngaruh ya dibandingkan es batu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering banget ke kamar mandi? bawa sabun kagak? haha

      Hapus
    2. Ngapain bawa sabun, kan dikamar mandi ada sabun :D

      Hapus
    3. wah udah sering nih bhahaha

      Hapus
  15. udah sembuh Pik??? hahahaha...baru tau juga gue kalau ternyata gol darah itu mempengaruhi sukses tidaknya virus menginvasintubuh kite...thanks for the info!! tapi tapi Pik, kalau sakitnya bukan masuk angin tapi gondongan gimana dong??? -.-

    niat lu Pik bikin tips kayak gini, gue jadi terinspirasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gol darah itu pengaruh.. tau dari dokter sih heheh
      what? gondongan?? yang semacam kayak lehernya gede gitu bukan sih??

      wah bagus deh

      Hapus
  16. Judulnya mending ganti aja deh jadi "Hal-hal yang biasa dilakuin jomblo kalau lagi flu". *Piss, om*
    Btw saya juga kalau lagi nggak enak badan solusi pertamanya susu beruang, kita harus jadi brand ambassadornya susu beruang!

    Kecuali kalau flu, karena kalau flu, menurutku susu rasanya jadi nggak banget. Karena tenggorokan akan terasa gatal, dan rasa kental susu akan menempel di pinggir tenggorokan. Jadi, kayaknya kamu yang lebih pantas jadi brand ambassador susu beruang, Fik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gue setuju gimana kalo lo usulin gue ajah bang supaya jadi brand ambasadornya susu beruang hehe

      Hapus
  17. berdasarkan pengalaman flu2 yang udah2, kebanyakan yang kak topik tulis ini memang bener2 terjadi.. kalo di kamar mandi bukannya lama, tapi bolak baliknya itu loh yang bikin capek.. apalagi kalo pas lagi kuliah, terus ingusnya keluar sendiri tanpa disuruh, bolak balik keluar masuk kelas kan ngga enak gitu diliat sama dosen,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngelurin ingus di dalem kelas juga bisa kok, asal di kelasnya gak ada siapa2 hahaha

      Hapus
  18. Hahahhaha keren nih postingan kaFik :D
    Itu emang semuanya benar poin-poinnya, dan bikin aku ngakak deh wkwkkwkkw

    Wah jadi inget sewaktu masa sekolah dulu? *heloooo dulu, baru juga libur beberapa bulan* kalo lagi flu, terus teman sebangku juga flu, dan biasanya bareng-bareng deh izin ke toilet hahhaha

    Kalo aku biasanya flu itu karena saat cuaca udah panas kayakgini, terus minum es rajin banget, jadi deh flu. Srannya sih kalo udah ada gejala flu cepet-cepet minum obat. Jadinya virusnya tidak terlalu mengendap, dan kemungkinan sih besok juga udah nggak jadi flu. Ini beneran lohhh hahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kamu dokter yah aku lupa hahaha
      bikin tips kesehatan dong..

      Hapus
  19. Haha, tisu galon tisu basah?
    iya bener yang barusan disampein di atas. cuman yang paling kita sebeli tuh pas tidur dalam keadaan ingus meler atau mampet. sumpah itu bikin streeesss. tidur sambil nafas dari mulut itu enggak enakk haha.

    minum susu bisa bikin sembuh plek tah? baru tahu!!!

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*