Minggu, 27 April 2014

Tutorial; Bikin Orang-Orangan Ala Toples #2




Kemarin gue udah bikin tutorial bikin orang-orangan ala kadarnya toples, tapi baru kepalanya doang. Dan responsnya ‘lumayan’ baik; ada yang tertarik ada juga yang tertarik tapi lewat postingan yang lain. Iya maksudnya bukan postingan tutorial yang kemarin, tapi post-post absurd dan gak jelas dari gue. Kebetulan di postingan itu ada gambar-gambarnya gituh. Dan seperti biasa ada yang tertarik dan nanyain cara bikinnya kayak gimana. Semoga dia yang nanya kemarin baca postingan gue yang ini atau yang sebelumnya.

Nah, untuk menebus janji gue kemarin, yang di todong dengan pertanyaan ‘kenapa cuman bikin kepalanya doang’ sekarang gue mau lanjutin ke badan sekaligus kakinya. Sebenarnya ada tujuan tertentu supaya yang mau bikin kaya ginian belajar bikin kepalanya dulu. Karena menurut beberapa orang bikin gambar ini pake mouse itu susah. Gue udah bilang kalau bikin ini semua menggunakan mouse, bukan menggunakan alat-alat gambar kayak wakom dan semacamnya.

Kalau untuk aplikasinya gue pake AI (adobe illustrator). Nah udah pada download belum? Gue sih nyaranin supaya download yang ada crack-nya ajah biar nggak di tagihin serial number terus, haha. Saran gue emang rada sesat. Gue sendiri pake yang portable. Itu ajah sih saran dari gue. Yaudah langsung ajah simak tutorialnya..

Pertama. Seperti biasa buka AInya dan gerayangi dia dengan membuka new file kemudian klik paint brush tool atau klik ‘B’ pada keyboard. Kemudian bikin kepala dan rambutnya dulu. Butuh kesabaran buat bikin kepalanya. Kemarin ajah ada yang bikin dagu dan….. hasilnya kayak alien. It’s ok, namanya juga orang belajar. Nggak mungkin langsung bisa. Pelan-pelan ajah. Bikin dagunya dulu, terus bikin rambutnya, kemudian bikin kupingnya.



Buat aksesoris bikin kacamatanya juga. Nggak bikin juga nggak papa sih. Lanjut bikin mata sama mulut. Bikin matanya cukup di titikin ajah buat mulutnya juga cukut di garis agak melengkung ajah.

Ke dua. Bikin leher sama badan yang di pakein kaos. Bikin lehernya kecil ajah jangan ngikutin kepalanya. Nanti kesannya malah jadi nggak asyik dilihat. Nah, kalau udah bikin leher. Lanjut bikin badannya, bikin kaosnya. Terserah mau lengan panjang kek, mau lengan pendek kek atau mau yang tanpa busana, biar lebih sekseh. Up to you..


Ke tiga. Bikin tangan. Bikin tangan itu susah sodara-sodara, maknnya tangan yang kalian lihat di gambar kelihatan nggak ada jemarinya, tapi nggak papa ngeles ajah tangannya lagi mengepal. Mau nonjok muka orang. Nanti gampang di edit lagi. Gue nggak bosen-bosennya buat ngingrtin jangan takut salah. Kalau salah gampang tinggal hapus atau bisa klik Ctrl+z. Supaya ngelatih kordinasi antara mata tangan dan pikiran. Halah..



Ke empat. Bikin kaki dan sepatu. Seperti halnya bikin tangan, bikin kaki juga sama susahnya. Tapi jangan nyerah dulu, buatlah dengan sabar dan sepenuh hati. Seperti cintaku kepadamu #apasih. Gue buat celananya, celana pensil biar keliatan gaul. 


Kalau udah bikin kaki, tinggal bikin sepatunya ajah. Sama ajah kayak bikin kaki, bikin sepatu ini sulit sodara-sodara, tapi dengan keyakinan kalian pasti bisa, maka akan bisa. Belajarlah sebelum kalian lapar. Ngomong apaan sih gue. yang jelas jangan terlalu perfectionist lah, bikin sesuai kemampuan ajah. Hargai apa yang kita buat sendiri.


Ke lima. Warnain. Ngewarnain ini hukumnya fardu ain. Nggak wajib-wajib amat, tapi berhubung biar gambarnya keliatan lebih berwaran dan lebih indah kayak muka gue jadi di warnain ajah #nggakkonsisten. 


Note: ngewarnain harus bikin layer baru kayak gamabar di bawah ini. Perhatikan tanda panah merah.


Drag new layer-nya ke bawah layer pertama.

------


Sekian tutorial ala kadarnya dari gue, semoga kalian yang mau nyoba dan bikin tutorial ini diberikan kemudahan.  Gue tau betapa sulitnya menggunakan mouse untuk membuat gambar, karena gue ngalamin sendiri. Alangkah baiknya kalian senam jari terlebih dahulu, atau lemesin tangan. Mukulin tembok kek apa gitu, biar nanti pas megang mouse dan nyoba tutorial ini tangan dan jari jemari kalian nggak kaku. Gue takut kalau nggak stretching dulu nantinya jari-jari kalian kesleo dan akhirnya harus masuk rumah sakit bersalin.

Nggak bosan-bosannya gue ngingetin kalau gue hanya mau berbagi ilmu yang gue bisa, dengan harapan ilmu gue bakalan nambah. Gue bikin kayak ginian bukan berarti ngerasa jago, selain karena alasan yang gue sebutin di atas, alasan lainnya adalah ada beberapa orang yang baca blog nggak jelas gue ini, tiba-tiba kesem-sem sama gambar-gambar yang gue buat, dan sebagai rasa penghormatan, gue bikin deh tutorialnya. Dan kalau emang mau nyoba dan ditengah-tengah proses nemuin kesulitan kalian bisa tanyakan ke gue. Gue juga sambil belajar lagi supaya bisa menguasai penuh AInya, pengen mahir gituh.

Kalian bisa mention gue di @TofikDwi, atau komen di bawah. Kenapa harus mention? Pertama twitter gue sepi akan mention, fakir mention. Ke dua, biar akrab ajah. Ke tiga, kan gue yang bikin tutorialnya bukan farhat abas, makannya kalian mention-nya ke gue. Sayang gue nggak punya handy cam atau kamera buat ngerkam tutorial gue. Nanti gue usahakan membuat videonya, biar bikinnya enakan tinggal klik play ajah.


“Whatever we possess becomes of double value when we have the opportunity of sharing it with others.”

Jean-Nicolas Bouilly (1763-1842);
Writer, Politician

Semoga bermanfaat..

24 komentar:

  1. Wuiihh gue perhatiin makin serius aja lo ngegarap blog pik. Haha kerenn..keren.. Untuk tiap postingan aja lo sampe bikin gambar. :D

    Wah kalo bikin itu kepalanya sih masih gampang, yang susah tuh bagian badannya. Hahaha kadang terlalu kurus, kadang juga terlalu gendut. Nice Tutorial... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mumpung masih semangat bang, kalo udah males setengah mati kasian blognya nanti kosong blong haha

      coba terus bang, :))

      Hapus
  2. wahh bak Topik keren bikin tutorial ginian, udah lama pengen buat, tp ga tau caranya dan ga tau make aplikasi apa -_- terima kasih penerangannya! habis ini mau nyari wifi ah buat download, semoga aja jadinya bukan orang2an sawah -_-

    BalasHapus
  3. ini lanjutan yang bikin kepala dulu ya ? tetep keren dan bagus gambarnya...

    btw... aku g pernah pakek Illustrator, tapi keliatannya agak mirip photoshop ato corel... makasih tutorialnya, ini bisa jadi bahan pembelajaranku kalo suatu saat aku kecantol Illustrator...

    aku sih biasanya pakek gimp, soalnya lebih mudah...

    BalasHapus
  4. Apadeh ini udah ada tutorial kedua. Yang pertama aja belum kesampean, ini udah ada tutorial kedua lagi. Tapi nggak papalah, infonya bermanfaat Kak. Mau nyoba dulu yang pertama, kalo sukses baru yang ini. Infonya aku bookmark lagi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian wi, mangga. sekalian praktekin

      Hapus
  5. kelihatannya mudah ne kalo dicoba tutorialnya :) apalagi yang punya basic di adobe photoshop ya tofik . entar mau coba bikin orang-orangan versi pribadi lah kalo susah entar nanya tofik ya tolong dibantuin bikinnya.

    BalasHapus
  6. Kelihatannnya mudah, tapi setelah dipraktekan mungkin akan sulit. Nanti deh aku cobain, di bookmarks aja dulu :D

    Bikin ini tuh pasti butuh kesabaran banget, kalo nggak sabar nggak bakalan jadi-jadi deh :D

    Di tungguin tutorial selanjutnya ya. Eh, kalo mau bikin tutorial video nggak perlu pakai handycam. Pakai aplikasi Bandicam aja bisa kok, cari aja digogle download deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah kok, asal mau nyoba. emang pertama sih gak mungkin langsung bagus

      Hapus
  7. Waw bang topik itu chibi ya ? :D
    Keren - keren, aku juga lagi 'mencoba' ngumpulin 'niat' buat 'belajar' AL, keseringan pakek photoshop jd rada alfa sama tools AL yang hampir mirip Corel. Tapi disaner disaner kartun diluar sana jg lebih prefer ke Al, karna mungkin lebih mendetil. Entahlah.

    Kayaknya bisa dicoba nih. Nah tuh kan chibinya lagi berdiri tuh, sekarang aku boleh request gak sih ? Gambarin chibi yang boker sambil ngupil, terus mukanya unyu manyun gitu hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya fan itu chibi.. sengaja gue nggak bisa gambar kek kartun gituh

      Hapus
  8. ah elu fik, gue gak punya adobe ilustrator, adanyya potoshop. elo kasih tips yang dipakek orang banyak aja lah pik softwarenya -,-
    kasian kan orang2 kayak gue, udah gak punya adobe ilustrator, gak punya pacar pula #oke #kenapaJadiCurhat ?

    BalasHapus
  9. keren nih. ternyata permintaan temen-temen yang ditutorial pertama yang nanyain 'kok cuman kepala doang' itu lo tanggepin. sekarang lo udah bikin tutorial badan nya lengkap.
    semoga bermanfaat lah. meskipun sederhana, tapi yang penting lo mau berbagi ilmu. semoga ilmu lo juga di tambah pik

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa yah..

      Hapus
  10. keren banget Pik, gue aja nggak mampu kalo disuruh bikin kayak gitu...boro boro pake mouse, pake tangan langsung aja kagak bisa...aku mau juga Pik bikinin.. *ngarep *bikinsendiriwoy *khanudahdikasihtutorialnya
    ya maap...

    BalasHapus
  11. Belum punya AI -_-
    sekalian link download-nya dong, Fik hehehe.

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*