Langsung ke konten utama

Survive


Di sela-sela kesibukan, ada saja masalah yang datang membuat kita semakin stres. Di setiap rencana yang sudah dibuat, ada saja kesalahan yang tiba-tiba merubah rencana. Di tengah perjalanan, kita sering menemui hambatan yang membuat kita ingin menyudahinya, dan memilih jalan yang lain. 

Dan yang menentukan kita untuk menyelesaikan masalah agar bisa kembali menyelesaikan kesibukan lain, yang membuat kita tetap pada rencana dan memikirkan rencana lain, yang menuntaskan perjalanan di tengah hambatan. Adalah, seberapa kuatkah kita mampu bertahan?

Setali tiga uang, dengan percintaan. Mampukah dua orang yang saling mencintai bertahan, di ambang putusnya sebuah hubungan? Atau kata ‘putus’ adalah opsi terakhir. 

Seperti kalimat umum yang sering gue dengar ‘yang paling sulit itu adalah mempertahankan yang sudah kita dapat’. Iya, bertahan. Gue sendiri sering mengalaminya. 

Lalu apa yang membuat kita bertahan? Menurut gue ada tiga hal, yaitu keyakinan, support, dan fokus.

Keyakinan.
Yakin bahwa semuanya pasti berlalu. Maka pastikan keyakinan kalau masalah yang kita hadapi akan berlalu dan kita mampu bertahan. Yakin, Allah selalu ada untuk hambanya yang selalu meminta pertolongan, lewat do’a yang kita panjatkan. 

Keyakinan menurut gue adalah suatu ‘pegangan’, ketika kita merangkak naik dan di haruskan bertahan tanpa pegangan itu mustahil. Bisa jadi kita jatuh. 

Hal apapun yang kita yakini, membuat kita secara tidak langsung, punya kekuatan diluar kekuatan yang kita punya. Baik itu hal possitif maupun sebaliknya. So, yakinlah pada kemampuan dan kekuatan kita untuk bertahan, dan yakinlah Allah selalu ada.

Support.
Seperti yang gue pernah tulis di postingan ini. Support adalah hal yang sangat penting untuk kita bertahan, menghadapi masalah. Support seperti apakah yang kita butuhkan? 

‘dukungan dari keluarga, sahabat, teman, pacar, gebetan, selingkuhan dan masih banyak lagi, dukungan mereka berupa saran dan masukan, ngasih wejangan atau nasehat, ‘the power of word’ atau do’a khususnya dari orang tua. Intinya, yang bersifat dukungan secara moril’.



Sumber kekuatan kita ada pada orang-orang yang kita cintai. Dorongan yang berupa support do’a dari merekalah yang membuat kita mampu bertahan. 

Fokus.
Ketika bertahan, fokus adalah sesuatu yang di anggap penting. Dengan fokus kita berharap apa yang kita lakukan terarah walaupun menemui masalah di tengah jalan. Walaupun sebelumnya kita harus punya tujuan, karena tujuanlah yang membuat kita fokus. 



Mampu bertahan, kembali ‘on the track’ adalah tujuan utama dari usaha ‘bertahan’ yang kita lakukan. Mungkin itu saja yang bisa gue tulis, barangkali ada yang sedang ‘bertahan’. Keyakinan, support dan fokus adalah sebagian hal yang harus kalian punya. Kuat itu adalah orang yang mampu bertahan ketika dia terjatuh kemudian bangkit lagi. Dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang kuat, dan tetap bertahan.


Share juga kalo kalian punya hal-hal lain yang bisa membuat kita bertahan. Apakah pake strategi 4-4-2, 4-2-3-1 dan lain-lain. 


Inspire me.. 1
Picture source.. 1 , 2 , and 3.

Komentar

  1. Wah iya pik, ini postingan lo paling bijak. Tumben gak ngebahas emak lo lagi. Haha..

    Tiap orang beda2 sih buat bangkit, tapi kalo gue intinya mah fokus..fokus..fokus.. Yah walaupun sulit. Haha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. eamk gue lagi bobo bang kasian aib dia di umbar disini. takut kualat..

      semangat bang!

      Hapus
  2. Postingan yang inspiratif.
    Kompor gas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahaa komennya singkat banget kayak di twitter wkwkkw
      "kompor gas" -----> kata-kata milik Indra warkop saat jadi juri stand up comedy (gak nyambung sama postingan) hahhahaa

      aku setuju ma kamu Pik, mau itu urusan cinta, sekolah, keluarga, persahabatan kalo udah diambang putus / menyerah / setengah gagal yang kita butuhkan emang ketiga itu... yakin, support dan fokus
      insyaallah kita bisa bertahan, karena masih ada dan selalu ada di dekat kita yaitu ALLAH, keluarga dan sahabat
      so apapun masalahnya yakinlah utk survive dgn cara demikian :)

      Hapus
    2. iya dia keseringan maen twitter kak mei :D

      alhambduliah kalo bener kak mei. gak mau nambahin nih??

      Hapus
  3. bener banget nih, fik. Gue juga kalo ada diposisi itu pasti bakalan ngelakuin tiga hal itu, tapi sayangnya gagal mulu, dan gue rapuh. Gue sadar, gue emang cowok yang lemah.

    Tapi kalo menurut gue, dari ketiga hal itu yang paling menonjol banget itu yang support, tanpa support pasti bakalan gak semangat dan gak akan bis abangkit lagi karena gak ada yang care dan nyemangatin waktu jatuh. Keren kan gue? Halah

    Gas kompor!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo rapuh bang? sepasang dong sama sendok.

      call gue bang kalo lo butuh support..

      lo jualan kompor gas bang??

      Hapus
  4. Iya ... bener bangets... mungkin jg salah satu orang yang tiap harinya di ksi masalah bertubih tubih.. ah emang capek sih tapi sekali lagi itu semua cobaan.. dan betul ketiga hal tersebut faktor pendorong untuk kita ttp bertahann..

    Intinya dapet masalah jgn ditinggalin hantam habis2an.. sampai selesai..
    Lagian kalo ada masalah itu sama halnya lagi di kasi ujian buat naik kelas..
    Nah kalo lulus berarti kelas/derajat kita bertambah di mataNya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu cobaan, makanya cobain ajah.. biar tau rasanya

      iya itu bener banget apa yang lo katain

      Hapus
  5. Lagi ngalamin hal labil, eh nemu artikel ini.
    Thanks ya, fik... postingan lo... kompor meleduk! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke nyols..
      makasih ndro.. lah? haha

      Hapus
  6. tumben bijak :p tapi bener lohh kalo mau survive 3 hal itu penting banget. Keyakinan, Support, dan Fokus, tapi kalo menurutku sih yang paling penting itu keyakinan, karna biasanya keyakinan itu sendiri yg akan membawa perubahan, yakin semuanya akan lebih baik maka semuanya pasti akan lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kamu jangan lupa survive yah sama pacar kamu... jangan galau di twitter mulu degara smsnya gak di bales haha

      Hapus
  7. Bener banget!! Ini postingan lo terANEEEEH yang ada di list postingan-postingan lo bang. Aneh, aneh kalo bisa mikir sebijak ini. Habis makan apa yeee?

    Yang paling berantusias buat survive itu si support. Karena dengan support lah bikin kite (manusia) jadi yakin dan kemudian fokus. Support itu efeknya kuat banget. Apalagi kalo dari orang yang disayang, makin gak ketulungan efeknya. Sama kaya gue yang support elo nulis lewat komentar ini. Seperti halnya anak-anak blog yang laen, seumpama berbicara itu didenger, gitu kata blog nya kak Meykeee. Huehehe.

    Gue sih suka pake strategi 1-4-0-2-2 (Itu nomor KF* begok!!)

    Sama, gue juga gak ngerti maksud dari komentar gue ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya gue aneh banget yah, namanya juga manusia kadang suka aneh..

      semua setuju sama support yah..
      kamu pelanggan setia KFCROT yah?

      lah??

      Hapus
  8. bertahan aja gk cukup fik, kita semua emang ingin mendapatkan sesuatu n mempertahankannya namun kalo gk konsisten toh sama aja apa yg kita punya gk bakalan bisa kita pertahanin. dan konsisten itu gk semudah kayak bertahan, nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, tapin ini judulnya bertahan... :D

      Hapus
  9. yang gue pernah baca dari ayah @pidibaiq "masalah adalah apa yang kamu anggap sebagai masalah" jadi jika tidak menganggapnya sebagai masalah, tidak akan meningkatkan stress. asal tidak menggampangkan masalah. itu salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah salah nanti bisa salah... -__-

      Hapus
  10. heey kata-kata lo tumben banget kayak gini? tapi secara keseluruhan bagus kok bro.

    bertahan memang sulit, karena itu juga berkaitan dengan kesabaran. orang yang bertahan pasti adalah mereka-mereka yang sabar dan kuat dalam menjalankan suatu masalah. karena jika mereka tidak kuat dan sabar maka mereka akan mengambil keputusan yang terakhir untuk menyudahinya. yaitu pasrah.
    nih gue ga kalah bijak kan sama lo wkwk

    dari ketiga hal yang lo sebutin diatas, gue lebih setuju sama support. support memang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam mengatasi masalah, khususnya saat mereka jatuh. support dapat membangkitkan semangat kita lagi.

    gue ambil contoh seperti seekor semut. seekor semut yang sedang membawa makanannya yang ukurannya hampir melebih ukuran tubuhnya akan merasa kesulitan dan mungkin akan menyerah saat itu juga. tetapi kawanan semut lainnya pasti tidak diam saja, mereka langsung mengahampiri kawan mereka yang kesulitan membawa makanan tersebut dan langsung mereka bawa secara gotong royong.
    itu contoh support yang berbentuk tindakan. tapi support tidak hanya bentuk tindakan, mereka juga bisa mensupport lewat dukungan, memberi semangat, dan lain-lain.

    itu aja sih dari gue hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0__0 panjang banget, keren zam... bisa kali lo bikin postingan :D HAHA

      emang semuanya setuju sama support zam..
      lo emang nggak kalah bijak, tapi kalo bisa jangan cuma di tulisan tapi di lisannya juga..

      Hapus
  11. Bener... Bener banget! *gebrak meja* Kalau menurutku sih support yg paling berpengaruh. Karena support dari orang yg kita sayang (keluarga, sahabat, temen, pacar, selingkuhan *lah?), itu yg bikin aku kuat dan bertahan. Kalau gak ada mereka mungkin aku gak bakalan bisa 'bertahan'. Dasar lemah :') *terus kenapa jadi ngegalau disini?! #DOR Oke, abaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALHAMDULIALAH kalo bener mah...

      support lagi...

      Hapus
  12. Gimana kalo lo coba bikin akun twitter untuk belajar tegar atao gimana gitu..
    sapa tau followersnya lumayan, nyampe sepuluh biji...
    soalnya kalo elo yang nulis beginian gue agak susah brimajinasi dan meresapi setiap kalimatnya.

    BalasHapus
  13. Hai kak toples. Maaf yaaa baru dateng ke sini...

    Jeng-jeng... Baru nongol lagi di dunia blog langsung baca postingan ginian. Ngena banget ini ngenaaa. Anak panahnya langsung nacep di jantung. Nggak meleset sama sekali.

    Aku lagi ngalami banget yg namanya survive. Alhamdulillah buat yang pertama dan terakhir, masih dapet. Tapi support... Sebenernya itu paling penting menurutku. Kenapa? Percuma kita yakin dan bisa fokus kalo nggak ada yg dukung. Semangatnya jadi nggak terbakar. Ya pasti akan ada saat kita ngerasa nggak ada yg dukung. Orang-orang tercinta sibuk sama urusannya sampe lupa kalo kita juga butuh disemangatin. Aih malah jadi curhat. Udah ah nanti keterusan:(

    BalasHapus
  14. yaaa mempertahankan itu sulit dariapada mendapatkannya,,,, tetap semngat dan minta doa sama Allah,,,,,,

    BalasHapus

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Pos populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.