Sabtu, 22 Februari 2014

Hal-Hal Absurd Dari Emak Gue


Dari kebanyakan hal di dunia ini, hal yang begitu menggembirakan, salah satunya adalah melihat emak (ibu.red) gue tersenyum karena hal-hal kecil yang gue berikan. Gue manggil ibu gue nggak pake ‘bu’ but, I used ‘mak’. Emak. Karena gue orang kampung jadi panggilan itu seolah melekat kuat, dan nggak bisa gue ganti dengan sengaja untuk mempertahankan gengsi atau sebagainya dengan manggil emak gue dengan panggilan, ibu, mamah, mommy, dan lain sebagainya, di muka umum. Gue malah nggak nyaman manggil mamah kaya orang kaya kebanyakan. 

Sebagai anak yang baik, gue selalu memperhatikan apa yang emak gue lakukan, kalo gue ada dirumah. Bukan apa-apa, soalnya ibu gue kadang suka ngelakuin hal-hal absurd. Sampe gue sendiri nggak tau penyebabnya apaan, mungkin juga dia kepentok waktu lagi masuk kamar mandi. Mungkin. Dan berikut hal-hal absurd yang emak gue lakuin...


Bayar jamu pake brownies 

Lo tau sistem barter yang berlaku pada zaman dulu, dulu banget, waktu fir’aun masih pake boxer? Misalnya kalian pengen punya beras, sementara lo punya ayam. Nah, ditukerin deh tuh ayam sama beras, dia dapet ayam lo-nya dapet beras. Itulah barter. Waktu mata uang belum digunakan untuk transaksi barang dan jasa. Dan rupanya, sistem ini masih di pake sama emak gue. 

Pagi-pagi sekitar jam 7an, biasanya ada tukang jamu pake sepeda mampir di samping rumah gue. Tukang jamu itu adalah langganan emak gue, dia biasanya minum jamu di pagi hari. Tapi rupanya emak gue kala itu nggak punya duit, buat beli jamu, sementara dia mau minum jamu. Ngenes.

“Mak, bawa apaan tuh?” tanya gue.
“Brownies” 
“Wah buat apaan mak, brownis di bawa keluar?”
“Minum jamu”
“Lah kok …….”

Jadilah dia punya inisiatif buat ngebarter barang yang dia punya sama jamu, kebetulan di rumah ada brownies yang dikasih sodara gue. nggak perlu pikir panjang emak gue ngambil brownies di genggaman tangannya. Kemudian dia tukerin sama jamu. Dan akhirnya dia bisa minum jamu juga. 

Emak gue CERDAS! Tapi absurd…

Nyeduh adem sari pake air anget

Ketika kita panas dalam, hal yang paling sering di lakuin, ya, paling minum minuman pereda panas dalam. Semacam adem sari lah, duh… gue nyebutin merek lagi. Bodo amat, lah. Biasanya si adem sari ini kan, diseduhnya pake air dingin biar efek mujarabnya nambah, kalo kurang suka air dingin bisa juga pake air biasa, nggak dingin, nggak panas.

But, emak gue, selalu punya cara tersendiri untuk menyikapi sesuatu hal yang genting. Contohnya ketika dia panas dalam. Dia emang beli adem sari tapi nggak diseduh pake air dingin. Dia nggak pake air dingin, karena dia nggak suka, dia juga nggak pake air biasa soalnya air minum di rumah gue pake air gallon dari merek tertentu, dia nggak suka air gallon. 

“minum apaan mak?”
“adem sari. Panas dalem nih”
“kok pake air anget?”
“ya gak papa, emak gak suka pake air dingin” jawab emak gue nyantai..
“…. Lain kali kalo minum kopi item pake air dingin ya, mak”
“…….”

Akhirnya dia pake air anget, sebagai solusinya. Gue nggak habis pikir, kenapa emak gue bisa se-absurd itu. Nyeduh adem sari pake air anget, secara panas dalam itu kan panas di dalam, lah, emak gue malah nambahin panasnya pake air anget. CERDAS banget emak gue. *big applause*

Nyeduh kopi airnya segelas penuh

Kalo lo ke warung kopi kemudian pesen kopi, mungkin takaran airnya nggak nyampe satu gelas penuh. Palingan di sisasin dikit lah, buat mulut lo nyeruput kopi yang masih panas. Begitupun  kalo lo ke café, hal yang sama akan lo temukan. Buih putih yang ada di atas kopi capucino atau mocacino dengan sedikit hiasan coklat di atasnya itu juga kopi aslinya di sisain dikit buat buih dan hiasan coklat.

Sementara… emak gue. Bikin kopi, pake gelas gede, kemudian airnya segelas penuh. Kopinya tetep satu, dan bisa di pastikan tuh kopi rasanya hambar. Nggak kerasa manisnya, kerasa kopinya doang. 

“mak, itu kopi apa sayur banyak bener airnya?”
“KOPI!!” emak gue melotot…

Aneh banget emak gue, bikin kopi kaya bikin sayur asem. Banyak banget airnya. Lama-lama dia bikin kopi pake baskom, airnya tiga gayung. 

Makan pake sayur nggak pake sendok

Makan paling enak emang menggunakan tangan, rasanya beda ajah gitu. Makan pake sendok juga sebenernya enak. Biar kalo kita makan lauk yang berkuah, tangan kita nggak kotor-kotor banget. Kalo pake sayur juga kan enak, tinggal di sendok ajah. Nggak mungkin kita makan sayur, menggunakan tangan, gimana makannya? Di comot. Kan nggak mungkin. Kalo di seruput mungkin, kaya kopi yang tadi.

Itulah yang di lakuin emak gue. Makan pake sayur tapi nggak pake sendok, langsung di seruput. Kaya minum kopi. 

Duh.. emak gue, kaya gitu amat yah. 
-----
Itulah hal-hal absurd yang di lakukan oleh emak gue, sebenarnya masih banyak kelakuan anehnya. Tapi demi menjaga reputasi emak modern 2014 gue nggak banyak membeberkan ke-absurd-an beliau. Gue juga takut di kutuk. Di kutuk jadi Dion Wiyoko, takut banget. Entar gue jadi ganteng lagi, kan repot.

Biarpun emak gue memalukan dengan melakukan hal absurd, gue tetep hormat, respect, dan sayang. Karena dia emak gue, bukan emak tetangga. Atau emak-emak yang lain. Dia bukan emak biasa, dia emak yang….. gitu deh. 

43 komentar:

  1. Hahaha, emak kamu lucu juga yah.
    Bener bener emak yang masih keukeuh memegang tradisi.
    But, harusnya kamu minta ijin dulu buat mosting beginian sama emak kamu, kalau beliau nggak ridlo, kamu bisa dikutuk jadi monyet.
    *jangan ngarep dikutuk jadi Dion Wiyoko, apa apaan -_____-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke deh mbae
      keras banget. Monyet....

      Hapus
  2. hahaha emak lo gaul bener ..
    doyan ya minum adem sari pake air anget :D

    itu brownisnya dituker berapa potong sama segelas jmu Pik? hahaha

    makin lama makin gaul aja blognya.. ilustrasinya joz!

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gaul bang, kalah gaul gue juga...

      kata da sih dua bang.. haha
      makasih bang

      Hapus
  3. Hahaha emak lo absurd kek anaknya. xD
    Eh tapi adem sari emang pake air anget kan ya? Atau gimana sih. Hahaha.. Gue jarang panas dalam, kalopun panas dalam gue beli AC yg bisa dipasang di dalem. -_-

    Tapi yg terakhir itu absurdd hahahaha... Makan sayur gak pake sendok. :))
    Tapi temen gue ada juga yg kek gitu sih, mungkin mereka menganut paham yg salah. #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti bang haha

      bukan bang, emng ga ada sendok jah kali..

      Hapus
  4. Waduhhh. . .
    kayanya kelakuaan Emak kita sama kali ya, masih ada bau2 kampungnya, secara Emak gue Emang tinggal di kampung.
    Tapi mungkin gaulan Emak gue kali ya. Emak gue ngerokok, sedangkan Bapak kaga. keren kan? haha
    Terus ajaibnya, kalo abis ngunyah daun sirih, air yang di mulut (Yang berubah jadi merah) di semburin lewat jendela, sim salabim air yang diludahin nggak kececer sedikitpun. jadinya nggak ngotorin dinding atau daun jendela sama sekali. . .
    haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset emak lo ngerokok, kek bapa2.. kebalik tuh harusnya bapa lo yg ngerokok, -_-

      Hapus
  5. Poto emak nya dooooooooooooooooong.
    Penasaran. Apa mukanya juga absurd ._.v

    Gak ada salahnya sih makan pake sayur gak pake sendok.
    Yang salah itu makan pake sayur gak pake sendok tapi pake sedotan.
    Bisa di cobain nih !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_- mukanya ga seabsurd kelakuannya kok wi :D

      Hapus
  6. Iya, ini absurd sih memang.. bayangin makan sayur tapi nggak pakai sendok.. jadi airnya gimana dong -___-

    kayaknya seluruh emak di dunia ini selalu punya cara masing masing yang praktis dan nggak ketebak hahaha

    BalasHapus
  7. Kocak asli fik !
    Absurd bgt emak lu.
    Tapi ke absurd an itulah yg bikin emak jd uni, beda ma emak2 laen.
    Barteran jamu ma bronis,
    Nyeduh adem sari pke aer anget,
    Ckckck
    Lucu kali ya klo emak lu jd trendsetter emak2 gaul 2014.
    Hahaha.

    Tofik bikin sendiri gambar ilustrasinya?
    Wih kereeeennn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kocak pisang?? haha
      wahh boleh tuh jadi trendsetter

      iya bikin sendiri mba. :)) makasih

      Hapus
    2. sayangnya belum ada audisi emak gaul 2014.
      kalo ada, emak tofik bakal masuk jajaran finalis.

      Hapus
  8. Iya, fik. coba posting foto emak kamu *penasaran setengah gila* :D

    BalasHapus
  9. haha, ibu-ibu emang suka punya kebiasaan aneh. yg paling absurd sih itu makan sayur apa minum sayur? diseruput gitu? haha.

    itu pake AI gambarnya pik? bagus, pengen nyoba, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga diseruput.. coba ajah

      yoi, silahkan..

      Hapus
  10. Fotoin emakkk lu dong pik..
    Sumpah absurd banget ya emak lu, tapi gila gaul banget >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa ga foto gue ajah sih.. kan lebih kece hahazekk

      Hapus
    2. Iuhhhhh ngapain gue mintain foto lo >.<

      Hapus
  11. bwahaha gilak yang nyeduh kopi ama addem sari itu mirip banget ama emak gua bang..
    makan sayur ga pake sendok ? ini baru ga mainstream ! ahaha makan nya sebiji sebiji gitu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak lo gitu juga? Wah bahaya.. Mereka akan menguasai dunia :D

      Hapus
  12. Absurd banget dah bro. Dikit mirip sama yang adem sari, lain emakmu, lain emakku. Waktu sarapan pagi aku dibikinin mie gelas bukan pake air panas, tapi air es dan itu asli es. Huahaha. Eh iya pastiin emakmu bukan blogger, ntar dia tau dan nggak lucu kalau kamu di kutuk haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emak lo lebih absurd lagi bang bhahaha

      Hapus
  13. Emak lo absurdnya tingkat rumus pitagoras. Itu ada ada aja kelakuan emak lo,sampai barter sekalajamu sama brownis, tapi gue penasran gimana ekspresi tukang jamunya diajakin barter pasti emak lo dikira titisan manusia jaman perang dunia.

    Adem sarinya juga, bikin keram perut, ada ada aja kelakuan emak lo pake air panas segala,

    Salamin sama emak lo, unung aja gue udah punya pacar, kalo gak udah gue jadiin emak tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lo emang ga jomblo bang. Iya gue tau.. Iya..


      Tenang bang gue salamin.

      Hapus
    2. Udah disalamin. Gimana tanggapan emak lo, fik? gak mimpi buruk kan?

      Hapus
  14. Nie buat lo Pik:
    1. Emak loe gaul, sumpah
    2. aku juga manggil ibuku dengan sebutan "mae" soalnya aku juga dari kampung hehehe
    3. Emak kamu lucu, kenapa? soalnya beliau sering melakukan hal-hal di luar kewajaran, masa iya nyeduh adem sari pake air panas? terus makan sayur gak pake sendok? duuuh lucu deh
    kalo barter makanan sih masih wajar2 aja menurutku
    4. Emak kamu pede abis, sepertinya semua ibu2 level kepedeannya sama kyk emak kamu deh Pik
    5. Salam ya buat emak kamu, gaul-abssurd-lucu-gokil-pede hahahaha

    BalasHapus
  15. Waduh banyak amat kak mei.. -_-

    Iya deh nanti aku sampain salamnya haha

    BalasHapus
  16. Gue pernah nih bikin adem sari (nggak sengaja) nyeduh pake air panas. Rasanya jadi aneh. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaiya vin gue ajah sempet minum. Rasanya keren hahaha

      Hapus
  17. eh.. sorry bang! komennya kelewatan tuh..
    soory..

    oh iya, menurutku keren banget tuh, emaknya..

    nyedu kopi sampai segelas penuh.. kalau gelasnya keccil sih ngga apa apa.. lah, kalau besar?
    terus adem sari buat pakai air anget. memang ngga salah sih.. itu kan namanya kreatiitas kan bang! benar nggak? justru karena itulah hal unik diingat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ga papa bang ma ruf, sealww

      emak gue emang unik bang

      Hapus
  18. Kak tofik lucu amat sih emaknya. Absurd banget apalagi yang minum kopi tuh hahaha. Jangan-jangan ngeposting ini diem-diem lagi tanpa sepengetahuan emaknya? Awas nanti beneran di kutuk-_-

    Btw gambar ilustrasinya bagus. Gambar sendiri ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh manggilnya kak, aa ajah hahaha
      iya emak gue nggk tau hehe

      iya buat sendiri, makasih :))

      Hapus
    2. Haha iya iya panggil a aja.

      Sama-sama.. Kereeenn. Tingkatkan! :D

      Hapus
  19. coba deh Pik kalo foto emak lu ada beneran, pasti lebih nendanggg..tapi lu perhatian banget sama emak sampai hal hal mendetail pun nggak luput dari pantauan mata lu..tapi klo yg soal kopi sampai segelas penuh sih bapak gue juga kek gituuu..biar awet kali yakkk...hahaha..
    bagus bagusss, coba teliti lagi mak lo, siapa lagi masih ada hal segepok yg absurd bingit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pada pengen foto emak gue yah.. Guenya ajah sih hahahaha

      Masih banyak mei yg absurdnya..

      Hapus
  20. hahahahahahahaha gendeng fik. emakmu keren gaul abis. :D .....

    wong endi se awakmu ?


    eh gambar ilustrasi mu gawe opo ? apik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku orang cirebon mas..

      Pake AI mas :D hehe

      Hapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*