Minggu, 08 September 2013

SKILER Legend

Jajanan apa sih yang masih kalian inget waktu kecil?

Kalo gue sendiri sih suka banget sama sate kikil, yang sampe sekarang keberadaannya mulai terlupakan oleh anak muda  di daerah gue, padahal jajanan yang satu ini enak dan murah, gue ulangin, MURAH. Kalo yang belum tau sate kikil itu apa, oke gue jelasin.

Namanya sate pasti ditusuk, tapi jangan harap nemuin daging ayam, kambing atau gajah di tusukan sate kikil ini, namanya juga jajanan nggak mungkin make bahan dasar model daging-dagingan. Sate kikil ini terbuat dari tepung singkong yang di iris kecil-kecil menyerupai daging, bentuknya kaya dadu, kotak, dan ditusuk pake lidi yang terbuat dari bambu. Kemudian di guyur sambel kacang kaya sate ayam, dikasih kecap sama sambel pedes, mantap.

Mungkin di daerah kalian ada, tapi mungkin namanya yang beda dan gue nggak perduli bodo amat yang gue tau makanan ini namanya sate kikil.




Sore itu kebetulan ada mang Nur, yang biasa keliling jualan sate kikil lewat depan rumah. Temen-temen kakak gue yang kebetulan lagi pada nongkrong di depan rumah yang pertama liat mang Nur dan pesen sate kikil, akhirnya gue ikut-ikutan mesen, mau gimana lagi, lidah emang nggak bisa bohong. Gue ngiler liat temen kakak gue beli sate kikil.








Mang Nur udah jadi legenda di kalangan anak muda kampung gue, cuma dia yang masih eksis jualan sate kikil dari dulu gue SD sampe sekarang gue kuliah. Nggak tau umur mang Nur berapa tahun, yang jelas suara dan kondisi badannya nggak bisa bohong, dia udah tua. Dulu dia make sepeda kumbang buatan jepang, dan kemaren-kemaren gue sempet liat beliau make motor jadul yang kadang suka bocor di perjalanan mulianya mencari nafkah. 

Dan sekarang dia make gerobak panggul ala pedagang sate beneran, mungkin itu berat gue juga bisa liat dari beban yang dia bawa di dalam gerobak panggul itu, tapi lebih berat lagi kalo dia nggak jualan. Dia orang desa seberang, gue ajah kalo naik motor bisa 30 menit nyampe desa dimana mang Nur tinggal, apalagi kalo jalan manggul beban seberat itu, cape men.


Kadang-kadang kalo dia lagi ngelayanin gue sama temen-temen, dia juga suka curcol. Gue sama temen-temen dengan sukarela minjemin kuping buat dengerin curhatannya, walopun gue nggak punya solusi dari masalah yang mang nur ceritakan, dia cuma pengen didenger. Dalam rangka mencari nafkah dia sering banget curhat, itulah dia, mang Nur si sate kikil'er (tukang sate kikil) SKILER Legend *gue ngarang sendiri*. 


SKILER

#ILoveIndonesia

11 komentar:

  1. sate kikil enak tu...
    beli sate kikil Mang Nur dapet bonusnya curcol. di daerah gue gak ada sate kikil.

    BalasHapus
  2. sate kikil di tempatku mah pke kikil asli jadi enak banget :3 dan itu jajan kesukaan :3

    BalasHapus
  3. Bisa jadi dongen tuh, "MANG NUR SANG LEGENDA KIKIL"

    Eh, tapi kikil nya beda sama yg di Surabaya. Kalo di surabaya kikil itu kulit tebal dari kaki sapi. Beda tempat beda penyebutan. Hehehe

    BalasHapus
  4. Aah, elah ah, kenapa namanya sama sih >.<
    suka sih, suka sama sate kikil! Banget malah :'D sampe dulu pernah ngejar tukangnya yang lewat tapi udah kejauhan pake banget dari depan rumah, ngejarnya sampe ke gang deket SD -_-
    wkwkwk
    huh, tapi namanya nyamain ah, uuh u,u

    BalasHapus
  5. di tempatku sate kikil mah pake kikil asli.
    tapi ada kok jajanan yang kayak ginian, biasanya tak dapat di depan SD dekat rumah. gatau namanya. yang jelasnya, enak! hahahaha

    BalasHapus
  6. Gue jarang jajan sate kikil keliling, biasanya kalo itu dijual warteg-warteg terdekat kalo gasalah. Udah jarang banget yang jualan sate kikil keliling kayak gitu. Dan, rasanya sate kikil itu enak, kalo ditambah sama lontong hehehe.

    BalasHapus
  7. enak tu bang, lebih hemat pula.

    mang nur,,,ahhh dia pasti udah kaya angel di kampung lo, mulia abisss

    BalasHapus
  8. Oya yang ini ! di gua juga ada bang gila jadi kangen gini aduh..

    BalasHapus
  9. Aih ... gue ngiler lihat sate kikil *_*
    Daerah gue gak ada sate kikil kayak begitoan yang ada kikil beneran #KakiSapiRed
    Kalau SD dulu itu malah disebut sate ayam kalau gak salah. ngertinya sate cuma ayam doang haha ... XD

    Sekarang gak mau lagi jajan begituan setelah lihat acara Reportase haha .. XD

    BalasHapus
  10. di tempat gua ini namanya bukan sate kikil, gak tau apa.. pokoknya itu bikin gua ketagihan, pengen nambah, pengen nambah, pengen pup deh.

    BalasHapus
  11. sate kikil? hmm baru tahu ada sate semacam itu,, rasanya kyk gmn yh? hmm maklum dii kotaku gak ada yg jualan sate kayak gt

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*