Sabtu, 14 September 2013

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan



Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 

Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa.
Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.  Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

Tawa adalah, kejadian lucu yang mengandung unsur happy, datangnya bisa dari lawakan atau rasa senang seseorang terhadap kejadian yang dia alami, tawa merupakan bentuk dari emosi, emosi bukan saja marah, sedih dan senang, tapi juga tawa.

Masih bingung?

SAMA!!

Ya sudah tidak perlu berlama-lama, berikut jenis-jenis tertawa dalam tulisan ,menurut gue, prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA. *benerin resleting*

 Check this out...

Hahaha… 

source
‘Hahaha’ adalah jenis ketawa nomer wahid, ketawa jenis ini biasa kita gunakan (termasuk gue ) dalam berSMS, berChatingan, berSenggema, yang terahir lupakan. Jenis ini juga punya cabang, nggak cuma restoran berinisial KFC yang buka cabang, tapi ketawa juga buka, buka apa? Buka cabang, cabang apa? Cabang toyib, itu abang. Toyib apa? *jejelin dinamit*

Cabang yang pertama dari ketawa ‘hahaha’ adalah ‘haha’. ‘haha’ ini digunakan pada saat kita ngedenger sesuatu yang agak lucu, gue ulangin agak lucu. Cabang ke dua adalah ‘haa’, ketawa kaya gini bisanya ketawa maksa, ngedenger atau ngeliat sesuatu yang garing, gue ulang sesuatu yang garing, bukan pisang goreng garing, bukan. 

Cabang terahir, adalah LOL (laughing out loud.red) bahasa Indonesianya tertawa terbahak-bahak, kalo di tulis bisa kepanjangan jadi sengaja dibuat se-simple mungkin. ‘hahahahahahahah….’ gitu terus sampe kiamat. Cape ngeliatnya, makan tempat juga, apalagi kalo di twitter yang cuma 140 karakter. LOL ini di gunakan pada saat kejadian atau kita denger dan liat sesuatu yang lucunya tingkat dewa.

Ketawa ini biasanya digunain sama orang bule, secara istilahnya ajah udah bahasa inggris. Segitu ajah cabang yang gue tau mungkin kalian tau cabang yang lain, kasih tau gue. 


Hehehe… 

source
Ketawa ‘hehehe’ ini kalo di film biasanya dipake sama mak lampir, grandong dan temen-temennya. Ketawa ‘hehehe’ ini biasanya sih ketawa yang mempunyai maksud tertentu , contoh.

“neng punya samurai nggak”
“nggak bang, kenapa?”
“nggak papa neng, hehehe, cuma mau minta nomer hape”
Tuh kan ada maksud terselubung, mau minta nomer hape tapi ketawa ‘hehehe’ dulu, udah gitu trik lama lagi pake nanyain yang nggak cewe punya, sekalian ajah nanyain sempak.
“Neng punya sempak nggak?”
“Punya bang”
“Lohh kok?...”
“Iya bang ini sempak suami saya” 
Suaminya dateng, terus mulutnya di jejelin sempak. Rasain lo! pffft..

Makanya kalo godain cewe liat-liat, buat para cowo gue saranin kalo godain cewe liat dulu mukanya, keliatan udah punya suami apa belum, kalo belum, sikat. Kalo udah, tunggu suaminya berangkat kerja #eeaa.

Oke, lanjut. Fokus!

‘Hehehe’ juga punya cabang, yaitu ‘hehe’. Ketawa ‘hehe’ punya arti yang tersirat, yaitu membenarkan sangkaan orang lain terhadap kita, kaya gini nih misalnya.

“Din, lu kemarin ngintip minah mandi  ya?”
“Kata siapa lu, jon”
“Kata gue barusan”
“Hehe, iya jon dikit”

Nah kaya gitu tuh, sebelum ngaku kita ngeles dulu pura-pura nggak ngerti, atau pura-pura nanya balik dan tetep, akhirnya ngaku juga.


Hihihi... 

source
Jenis yang ketiga masih dalam ketawa umum, biasa digunakan sama semua orang termasuk gue kalo smsan. ‘hihihi’ ini biasanya sih dipake di film-film horor indonesia khususnya hantu cewe, kaya, kuntilanak, sundel bolong, wewe gombel dan suster ngepot ehh ngesot. ‘hihihi’ punya cabang juga kaya jenis ketawa yang lain, yaitu ‘hihi’. Sama kaya ‘hehe’, ‘hihi’ punya arti yang hampir sama punya arti yang tersirat tapi kesannya terang-terangan, nggak gelap-gelapan. Gue kasih contoh.

“Pik lu kemarin malem smsan yah sama si sindy?”
“Kata sapa lu, min? Sotoy!” ‘min’ is ‘sarimin’ going to the market.
“Alahh..udah deh ngaku ajah, kemaren sindy curhat sama gue”
“Iya sih min, dikit, hihi, kok lo bisa tau si?”
“Iya lah, kan gue pacarnya! hihi”
“Ohh...”

Pffft...

Menyedihkan.

Jadi kaya gitu tuh, ada maksud tersirat yang di sampein sama si sarimin ke topik lewat ketawa ‘hihi’ yang nyakitin itu, kalo sindy sebenernya pacarnya si sarimin. 

Tokoh dalam cerita tersebut hanyalah fiktif belaka, jika ada nama yang sama persis dipastikan itu hanya karangan penulis, apalagi yang meranin topik itu diperankan oleh model, model majalah f&f (flora dan fauna) *ngarang*.


X +(huruf vokal)+X+(huruf vokal)+X(huruf vokal)...

source
Kaya rumus matematika ajah tuh. Jenis selanjutnya adalah X +(huruf vokal)+X+(huruf vokal)+X(huruf vokal). 

Maksudnya apaan nih?

Tenang sodara-sodara, gue akan jelasin. Jadi gini, ketawa ini sebenernya evolusi dari ketawa yang biasa, cie evolusi. Kalo yang biasanya ‘hihihi’ ,nah huruf ‘h’-nya diganti sama huruf ‘X’, jadi ‘xixixi’. Pernah nggak liat fenomena ketawa dlam tulisan kaya gitu? Kalo gue sendiri sih pernah banget. Gue rasa jenis ketawa ini jarang yang pake tapi nggak tau juga mungkin diluar sana, atau di planet merkurius ada yang ketawa kaya gitu, mungkin.

Wkwkwk ...
Ketawa model beginian muncul sekitar taun 2000an (kalo nggak bener ehh.. salah). Ketawa jenis ini nggak bisa di praktekan di ketawa beneran atau ketawa lisan, cuma bisa di pake buat smsan atau chatingan doang soalnya nih ketawa kedengeran aneh di telinga, nggak percaya? Coba lo praktekin ajah sendiri. Ketawa ini juga unik kalo kta ngulangin kata-katanya, kedengeran kaya ngomong ‘KW’.
Pokoknya ketawa ini diperuntukan hanya dalam tulisan. Udah titik, jangan bandel.

Ketawa ini punya sodara loh, sodara dari anak bapanya si anak ini punya anak nah bapanya dia anaknya nikah sama bapanya tetangga nah tetangga ini punya anak, anak kucing, nah anaknya ini sodaranya dia. *ini apa sih*. Sodaranya adalah, mari kita sambut sama-sama..... ini dia ‘gkgkgk’.  Si ‘gkgkgk’ ini sodaranya ‘wkwkwk’. Sama ajah kegunaanya cuma buat ketawa dalam bentuk tulisan, nggak kaya ketawa ‘hahaha’ ‘hihihi’ ‘hehehe’.

 -----

Gue kira segitu ajah jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ketawa mau gimanapun itu terserah kalian, tapi kira-kira yang mudah dingertiin sama yang baca. Jangan sampe ketawa pas di jelasin panjang lebar kalo tulisan itu adalah tulisan ketawa, jadi nggak lucu lagi entar. Ketawa itu gratis, nikmatin selagi masih hidup, kita kan biasanya suka yang gratis-gratis. Kalo ada kekurangan dimaafin yah. 


Dadah , see you next post.

37 komentar:

  1. Kalo aku paling sering pake yang "hahaha", "hehehe", dan "hihihi" soalnya kayaknya lebih sesuai sama EYD... (Alasan yang absurd.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku suka yang vanila -_-'

      Hapus
    2. Ketawa mana ada rasanya? -_-

      Hapus
    3. ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK GAN ... MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL .... TINGGAL KLIK SALAH SATU..

      ===>> BRA PALING UNIK DI DUNIA
      ===>> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
      ===>> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
      ===>> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
      ===>> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
      ===>> ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
      ===>> CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
      ===>> FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
      ===>> ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO
      ===>> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
      ===>> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
      ===>> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD
      ===>> CARA AGAR WANITA CEPAT MINTA KAWIN
      ===>> RAHASIA WANITA CEPAT INGIN ML

      TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
      SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...


      ---------->>>> TRIMS YA.....

      Hapus
  2. Balasan
    1. emot apa bang, emot rang-rang apa emot hutan , oke itu semut *maksa*

      Hapus
  3. Waduh diklasifikasiin jenis-jenis ketawa, keseringan hahahaha *tenang udah sikat gigi kok* eh salah fokus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang kamu wangi kok udah keliatan *modus

      Hapus
  4. lebih sering make hehe, kadang hoho, tapi lebih enak pake emot, itu yg ketawanya xixixi atau gkgkgk biasanya alay *biasanya*

    BalasHapus
  5. Bermanfaat buat saya gan :)
    Thanks ya gan Infonya :D

    http://anggarafd.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh Pik, ternyata tulisanmu bermanfaat. Kesian dia dari kecil ngga tau caranya ketawa. Semoga amalanmu diterima di sisi-Nya Pik!!!

      Hapus
    2. iya bang keren emang gue nih, haha

      iya itu kok kasian yah nggak tau caranya ketawa ckck

      Hapus
  6. Waaah cerdas juga pik ngebahas beginian, gue kira otak elo kagak nyampe xixixi...

    Ada juga ketawa yang lebih simpel pik, gue pernah sms'an, ketawanya bagus 'haha69x'
    Liat, pake diitung segala, kalo nulisnya 'haha1696x' apa enggak bikin stres -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang atas pujiannya :D

      itu ketawa model baru tuh

      Hapus
  7. yang "gkgkgk" gue baru tau pik...kok berasa kyak "gukgukguk" ya...hahahaha

    yang xixixi kayk ketawany mak lampir...bahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan ketawa aslinya Topik Mif...

      *loncat loncat*

      Hapus
    2. pocong bang maksute?? emang pocong bunyi yahh?? -_-'

      Hapus
  8. kira bakal masuk pelajaan sekolah atau enggak....
    kok rumusnya sekelas luar biasa....

    kalau dijabarkan bisa melebihi pelajarn matematika

    BalasHapus
  9. Gue cuma biasanya ketawa hahaha, hehehe, & hihihi. Tapi, wkwkwk jarang gue pake. Paling diganti wakakaka. Gatau kenapa, serasa lebih efektif itu aja.

    BalasHapus
  10. hahahhaaa....-->agak lucu
    enggak sih, aku mesti pake hahahaha kok... hehehee jarang, hihihiii juga jarang...xixixi sama wkwkwk malah ga pernah. intinya aku kurang gawl-,-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketawa mah ketawa ajah nggak perlu gaul apa nggak.. repot amat sih

      Hapus
  11. Gue kira wkwkwkw itu masih sodaraan ama ckckck, soalnya tadi gue di chatt ama senior doi bilang gini, “Nem elo punya temen cewek kagaka, gue lagi cari calon ni, ckckckckckc”. Kan dia anak surabaya, gue kira dia lagi ngumpat COK COK COK COK gitu. Mungkin elo bisa neliti ckckckc juga dah, ar gue gak salah sangka

    BalasHapus
    Balasan
    1. ckckck itu buat sambil geleng2 kepala bang, ngeliat hal2 yg nggak dia sangka.

      Hapus
    2. Kayak penari jaran kepang berati ckckckckc

      Hapus
  12. " Ketawa ini punya sodara loh, sodara dari anak bapanya si anak ini punya anak nah bapanya dia anaknya nikah sama bapanya tetangga nah tetangga ini punya anak, anak kucing, nah anaknya ini sodaranya dia. *ini apa sih* " <- ini apa banget sih --" gue aja gak hafal sama silsilah keluarga gue, malah disuruh ngapalin ini-_-

    betewe aku paling suka ketawa pake gaya tanda bintang ketawa dan tanda bintang.. *ketawa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makannya hafalin broh, silsilah keluarga kaga tau lu gimana sih

      Hapus
  13. kece yah, pakek emot aja deh kalo gitu :D

    BalasHapus
  14. Wkwkwk1.698.521.998.842.222.615x.

    BalasHapus
  15. Aku biasanya pake hahaha sama wkwkwk. cuma sekarang jadi wekeke. :P

    BalasHapus
  16. selain itu ada juga ckckckc
    sama kayak wkwkwwk lah

    banyak juga ya type ketwa dalam tulisan ya
    ahaha

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*