Selasa, 20 Agustus 2013

Tips Buat yang Mau Berhenti Ngeroko


Berhenti ngerokok emang sulit buat sebagian orang, dulu gue juga pernah mengalaminya, tapi gue coba dengan sepenuh hati kalau gue benar-benar pengen berhenti ngerokok. Sebelumnya gue udah bahas tentang kenapa gue berhenti ngerokok, dan sekarang gue mencoba untuk berbagi pengalaman. Gue punya tips dan saran buat yang mau berenti ngeroko, sebelumnya gue udah ceritain kalo gue mau bagi tips, nggak usah banyak basa-basi lagi, ini dia tips dan sarannya... 


Tips..

      1. Niat. 
Pastiin kalo udah ada niatan dalam diri kalo kita mau berenti ngerokok, nat itu penting dalam proses awal kalian mau ngelakuin apapun termasuk berenti ngeroko. Seperti kata Bang Napi dulu bilang kalo nggak ada niat ya nggak bakalan jadi, walopun situasiya memungkinkan.

2.Konsisten. 
Konsisten sama niat kita, kebanyakan orang yang udah niat mau berenti ngerokok pada nggak konsisten sama niat awalnya, nggak sabaran. Terus ada juga yang udah punya niatan kalo dia udah sembuh dia bakalan ngerokok lagi, itu sama ajah kalian menghindari bahaya untuk bahaya yang selanjutnya yang sama dan udah kalian tau, yang bagus itu menghindari bahaya untuk tidak bertemu dengan bahaya yang sama. Jadi konsisten itu penting.

3.Berdo'a.
Berdo’a adalah ritual yang paling di butuhkan dalam proses berenti ngeroko, jadi gini kalo kalian usaha terus tanpa adanya do’a, kalian sombong. Kalo lo do’a tanpa usaha ,kalian kampret, do’a doang nggak ada usahanya, sama ajah bohong.

Do’anya gimana?

Masa nggak bisa ngomong sih, ngomong ajah pake bahasa kalian. Oke, gue contohin.

“Ya allah atas dasar niatku aku ingin sekali berhenti ngeroko, semoga kau luruskan niatku dan sampai akhirnya aku sembuh. Amin” tuh kaya gitu, allah maha tau kok, pake bahasa inggris juga Allah mah ngarti. Nggak perlu pake alfalink atau google translate.


4.Berani Nolak Tawaran Ngeroko
Berani nolak tawaran rokok atau ajakan ngerokok dari temen, sahabat atau sejenisnya. Hal yang paling berat dalam proses berenti ngerokok itu adalah ketika kita di tawarin rokok sama temen. Dan gue juga ngalamin hal itu tapi mereka ngerti setelah gue jelasin, dan logikanya gini kalo temen atau sahabat kalian ngeledek atau maksa kalian ngerokok pas kalian mau berbubah, dia bukan temen yang baik, tinggalin.

Alesannya?

Nggak ada temen atau sahabat, yang nggak ngedukung kalo kita mau berubah kedalam hal yang lebih baik.  Temen atau sahabat yang baik adalah ngedukung penuh hal yang mau kita lakuin terutama dalam hal positif.

5.Berfikiran Positif
Hilangkan sugesti kalo kita nggak ngerok itu cupu, banci dan sejenisnya berfikirlah yang positif dan pake logika. Gue pernah ngedenger seorang temen ngeluh kalo dia nggak ngeroko itu pusing, segitu hebatkah rokok sampe dia dibikin pusing, gue sih pusing kalo gue nggak punya duit buat jajanin gebetan, itu pusing banget.

Itu juga sugesti yah, kalo kita nggak ngeroko jadi pusing, soalnya rokok emang punya zat yang bikin kita ketagihan, addict.

SARAN...

Saran dari gue sih buat yang masih ngerokok, jangan ngeroko sambil tidur, jangan ngerokok kalo perut kalian kosong, jangan ngerokok kalo nggak punya duit, kalo kalian mau berenti ngerokok jangan langsung berenti, maksudnya kalo kalian mau berenti jangan sekaligus, kalo yang biasanya sehari ngeroko bisa satu bungkus kurangin jadi setengah, besoknya lagi kurangin jadi seperapat. Sampe ahirnya sehari kalian ngerokok cuma satu atau dua batang doang dan kalo bisa bukan sehari tapi seminggu satu batang, dan seterusnya sampe bulanan, taunan. 

Kenapa berhenti ngerokok nggak boleh langsung berhenti total, karena kata dokter waktu gue berobat dulu, takutnya kalo si peroko itu berhenti sekaligus, ketika dia ngerokok 'lagi' dia bakalan kaya pertama kali dia baru ngerokok, bawaannya asem kalo nggak ketemu roko, dia bisa ngabisin tujuh batang atau lebih, itu akan berdampak buruk. Tapi kalo kasusnya kaya gue yang harus berhenti ngerokok sekaligus itu sih nggak jadi masalah.  

Segitu ajah tips dan saran dari gue buat yang Mau berenti ngerokok. Gue sih bukan so-soan ngeguruin, tapi gue cuma mau berbagi pengalaman gue yang udah berhasil sejauh ini berenti ngerokok. Jadi itu semua berdasarkan pengalaman, karana gue nggak mau ada orang yang berenti ngerokok pas dia udah dalam keadaan parah, kaya gue.

Mungkin sekarang gue udah sembuh tapi efek dari rokok itu kan bukan cuma kena fleck di paru-paru doang masih banyak efek negative yang lainnya. Jadi sebelum kalian makin parah mending berenti atau paling nggak kurangin lah. Ini semua buat yang mau berenti ngeroko doang, kalo nggak yaudah terserah, keputusan harus segera dibuat kalo kalian ngerasa kalian kudu berubah.

29 komentar:

  1. bagus juga sarannya, postingan saya yang tentang rokok :::: http://www.habibasyrafy.com/2013/07/masalah-klasik-perokok.html
    gak ada tipsnya kayak gini

    good good

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang, gue kunjung balik dah :D

      Hapus
  2. wah kudu dicatet atau print kalo mau terus sodorin ke pacar nih :))
    belum sepenuhnya bisa berhenti sih, tapi setidaknya sedikit demi sedikit mengurangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di print sebanyak2nya, tapi itu kok ada kata "pacar". #senseofjomblo

      Hapus
  3. karna gue kagak ada pacar, yaudah gue print buat bapak ajaa deeh.. biar bisa brenti ngerokok.. thanks yaak tipsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di print out.. di bagiin sama tetangga juga boleh haha

      Hapus
  4. Wah udah berbagi tips segala dari pengalaman pribadi..
    Untung gue bukan perokok aktif pik, soalnya gue anak kos ..
    Tapi tips-tips lo keren, semoga banyak yang searching di gugel dan nyasar kesini!

    BalasHapus
  5. waaah tipsnya keren nih pik. aku print buat siapa yah? temen deket gak ada yg ngerok soalnya. alhamdulillah :') ooh buat pacarnya temen ajah mihhihi

    tapi bener katamu pik. yang palig berat itu nolak tawaran ngerokok. pernah denger temennya temenku cerita kek gitu. awalnya dia ngerokok juga krn ditawarin dan gak bisa nolak. errrrr -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan prinout terus sebarin ke kelurahan haha

      emang susah pada tahap itu sih

      Hapus
  6. ini juga KEREN, pik!!
    setelah baca yang punyamu kemarin pengalaman itu terus baca ini jadi klop Pik..bagus ini Pik!!
    walopun katanya stop smooking itu susah toh nggak ada yang susah kalo niat dan usaha dilakukan...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo'a niat dulu makannya.. makasih ya

      Hapus
  7. setelah baca sekilas cerita sebelumnya ternyata aku baru tahu kalau kamu dulu perokok berat karena paru-paru kamu sampai kena fleck gt, dan syukurlah karena penyakit itu kamu jadi brhenti ngerokok. Memang gak mudah bagi seorang perokok menghentikan kebiasaannya itu, butuh perjuangan berat keknya.. dan karena kamu udah berhasil berhenti merokok, aku jadi salut,, dan semoga selamanya gak kembali lagi merokok.

    Tips kamu ini, semoga bermanfaat dan bisa mempengaruhi para smookers yangmembacanya biar gak buang-buang uang lagi cuma buat beli sesuatu yang justru berefek menyakiti tubuhya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga oarng2 yg 'mau' berent ngeroko di luar sana bisa baca nih postingan

      Hapus
  8. oom aku perokok parah. sekarang berenti. juga karna penyakit.. dia sadar, dia masi pengen idup lama, masi pengen bahagian istri dan anaknya..

    kayaknya banyak org berenti ngerokok krna penyakit ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata2 emng gitu sih udah siklusnya susah dirubah

      Hapus
  9. Yang SULIT bukan nolak ajakan, tapi how to change our PERCEPTION about cigarette... Menolak itu mudah kalau sudah tersugestif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi yang lebih susah lagi adalh suruh ngunyah cigarette bang, susah dewa..

      Hapus
  10. brenti ngerokok itu harus ada niat, itu pasti . semua berawal dari niat, kalo ga shanggup ya shanggupin! sundul sayang, kecup manja, iris tipis, potong manis, shikat miring!!!

    untung gua bukan perokok bang, menurut gua daripada uang dihabisin buat beli rokok mending ditabung aja dah

    BalasHapus
  11. niat sih,,
    tp klog gue ya ngerokok klo lg kepingin aja
    bukan jadi addict nikotin :)

    BalasHapus
  12. Keren dah fik...
    Tips2nya ngena banget, sampe sekarang gue nggak ngerokok loh! :D

    BalasHapus
  13. Mantep bang :)

    Dulu pertama ngroko pas kelas 5SD waktu ngliat bapa2 beli super di warung.. ewaktu di isep asep nya gakluar2 lagi, wkwk ampe skrg kapok.. muskipun dmana2 di bilang banci cupu cemen tablo.. tapi yaiut konsisten (y)

    Maaf ya bang tadi yang di grup, maaf juga baru bw.. Gua usahain BW ko bang pasti ._.

    BalasHapus
  14. hooo sarannya bisa juga, bagus tuh pertahap
    mungkin si peroko juga harus lebih peka terhadap bahaya merokok, karna terkadang mereka terkesan tidak terlalu peduli dgn efeknya

    BalasHapus
  15. untung aku nggak pernah merokok fik. aku kan anak baik baik ._.
    kalau udah kecanduan kayaknya emang sulit menghentikannya. contohnya aja keacnduan baca hahahaha

    BalasHapus
  16. ane bukan perokok tapi kalo ane liat2 di di internet paru2 perokok itu menjijikan T_T

    BalasHapus
  17. Eh kok nyebutnya 'ngeroko' ? Kirain typo, ternyata sampe abis nyebutnya gitu??

    Alhamdulillah ane bukan perokok. Ane benciiiii gedek banget sama yg namanya asep rokok.

    Selamat berjuang buat yg sedang berusaha brenti meroko...k! Hehe

    BalasHapus
  18. keren nih tipsnya, bisa buat resensi para perokok. Untunglah temen temen saya nggak ada yang ngerokok. Kalau ada, sodorin plastik, suruh ngerokok pake kepala tutup plastik, jadi asepnya diisep sendiri:D

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*