Selasa, 20 Agustus 2013

Belajar Banyak Dari Kesalahan



Judulnya sih udah keren tuh, tapi gue harap pembaca jangan tertipu, itu sama ajah kaya kaleng biskuit engkong guan yang isinya rangginang atau kerupuk, tapi juga jangan kecewa, selama itu masih bisa dimakan sukuri ajah. *ini apa sih* abaikan.

Buat para cowo ngerokok adalah hal yang wajib, kalo cowo nggak ngerokok di katain banci terus di kecengin gini.

“Banci ajah ngerokok masa lu nggak!”

Kalimat itu nyakitin banget, tapi sekaligus nggak masuk diakal, kenapa? Ya coba lu bayangin ajah, banci ngerokok terus dia juga ikutan ngerokok, jadi siapa yang banci sebenernya? Kalo boleh di jawab ya mereka berdua itu yang  banci, yang ngomong  “Banci ajah ngeroko masa lu nggak!” itu banci dan banci yang udah pasti banci. Ngerti nggak? Nggak yah, makannya belajar. *ngunyah beling*
Jadi, aneh mereka yang ngata-ngatain cowo yang nggak ngerokok, ngatain banci padahal dianya sendiri yang banci. Gue juga dulu ngerokok tapi sekarang udah berenti, alesan kenapa gue berenti, karena rokok nggak sehat, nggak baik buat kesehatan gue, nggak baik buat masa depan gue, nggak enak buat dimakan apalagi di emut.


Alesan yang paling mendasar kenapa gue berenti ngerokok, gue udah kena fleck, bahasa kedokteran sekaligus bahasa para rokoholik (perokok) yang artinya paru-parunya kena, kena apaan? Kena…pa kau tinggalkan diriku dengan yang lain, halahh malah curhat. Oke, skip.

Sampe mana tadi?

Oiyah, sampe paru-paru gue kena. Iya, paru-paru gue kena fleck kanan-kiri dan untungnya nggak gede tuh fleck-nya gue batuk-batuk melulu, sampe ahirnya gue periksa ke dokter dan dokter bilang supaya gue berenti ngerokok untuk ngejalanin pengobatan dan terapi, setelah di ronsen dan di jelasin kenapa gue ngejalanin terapi ini gue-pun dikasih obat yang banyaknya bukan main, kaya permen tapi rasanya pait.

Gue disuruh dateng lagi setelah obat itu habis, obat itu buat satu bulan, gue balik lagi ke dokter berarti satu bulan kemudian. Bulan pertama gue mulai membaik batuk mulai jarang dan sekarang nggak ada darah di dahak gue, tapi masih ada sesak nafas yang kadang-kadang dateng kalo gue lagi belajar di kelas. Gue sampe pengen nangis kalo nafas gue sesek, sayang gue cowo jadi pantang nangis di depan umum.

Bulan kedua gue dateng lagi ke dokter buat periksa, gue keluarin semua keluhan gue, kalo gue itu masih sesek, masih ganteng, dan masih jomblo. Dokter ngasih obat lagi kaya biasanya obat yang dokter kasih banyak banget, sekarang nambah jadi banyak banget banget. Tapi gue nggak protes udah prosedurnya gitu, kalo mau sembuh ya diminum obatnya, mau pait manis, asem, asin, DIMINUM AJAH NGGAK USAH BANYAK NGOMONG!! *caps lock error*.

Obat yang dikasih dokter di bulan kedua ternyata buat 2 bulan kedepan, minum obat kaya gajian bisa dirapel. Pantes obatnya nambah banyak.

Sampe 7 bulan lamanya gue jalanin pengobatan, pas bulan ke 7 tepatnya bulan puasa kemarin gue selesai pengobatan dan waktu gue dironsen untuk kedua kalinya, ahirnya ada kabar baik, dokter bilang kalo gue sembuh. Alhamdulilah. Hasil kesabaran dan do’a dari orang tua gue, ahirnya gue sembuh juga. 7 bulan bukan waktu yang sebentar tapi gue nggak putus asa, gue yakin gue bisa sembuh walopun dengan waktu yang lama dan ahirnya gue dikasih sembuh, terimakasih ya Allah.

Mungkin ini juga berkah bulan ramadhan juga, luar biasa emang. Banyak pelajaran yang gue ambil dari proses pengobatan berlangsung, gue belajar sabar, ngehargain betapa asiknya berenti ngerokok, ngehargain kehidupan dan kesehatan diri gue sendiri dan orang tua gue yang selalu ada buat support dan bayarin obat yang gue minum. Dan masih banyak pelajaran yang gue dapetin.

 


Setelah gue cerita panjang lebar, gue mau kasih kalian tips dan saran ala gue, khususnya buat para cowo, mau tau tipsnya apaan? Disini.

31 komentar:

  1. alhamdulillah.. ternyata sakitnya membawa hidayah (y) heheh, cowok yang gak ngerokok itu gantengnya berlipat 1000 kali lohh~ :D

    BalasHapus
  2. naaah. terbuktikan ngerokok itu gabaik buat kesehatan. alhamdulillah kamu udah engga ngerokok fik. postinganmu ini baiknya dibaca sama perokok2 lain.

    cepet sembuh fik. kalo udah sembuh, jangan balik ngerokok lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya udah ada kok di bungkus rokoknya :D

      okeh makasih ya

      Hapus
  3. baguslah gan kalo udah sembuh.

    Gue malah masih ngerokok gan, susah banget buat berenti. Apalagi kalo abis makan yang pedes2, itu gak bisa nahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa nahan apa bang?? boker yah haha

      Hapus
  4. wah ples kirain gue lo berentii ngerokok karena lo disamain dengan bancii wkwk..

    bagus deh kalo lo udah berenti, lo juga keren posting cerita ini. penting buat orang-orang yg masih ngerokok di luar sana.

    Tips lo yg gue setuju yg nomor 4 'berani tolak tawaran rokok', karena gue belum pernah ngerokok jadi tips lo itu bakal gue ikuti terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau banci mau kaga nggak masalh riz, yang penting kita nggak beneran banci haha

      bagus lah sip

      Hapus
  5. Pik, itu elo yang salah nulis atau sengaja nulisnya gitu? 'Ngeroko'..
    Kayaknya lebih afdol kalo nulisnya ngerokok deh..
    Bacanya lebih mantep aja.. Hehe

    Gue ngebayangin brarti dulu elo perokok parah ya, parah banget.. Sampe paru2 nge-flex gitu..

    Harusnya elo cobain pake pond's whitening aja Pik, menghilangkan flek juga katanya.. Kan gak perlu minum obat sebanyak itu sampe 7 bulan lamanya..

    Tapi sukur deh, elo udah sembuh, mulai sekarang elo ganti kebiasaan elo yg lebih aman aja, nonton sinetron..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya sih emang pengen nulis ngerokok bang cuma keliatannya gue buru2 jadi kurang konsen hahaha udah gue benerin kok

      prah banget bang

      udah bang tapi malah muka gue yang nambah kece,

      iya bang alhamdulilah, gue sekarang stalking cwe mulu bang, kegiatan baru lah, selain nonton sinetron

      Hapus
  6. Iya, jaman sekarang ngerokok cuma buat gaya-gayaan. Mau dibilang itulah, inilah, atau apalah.

    Tapi gue nggak, kadang kalo pikiran gue stuck, terus ngerokok. Muncul aja gitu ide brilian. Apa cuma perasaan gue aja ya? Coba deh tanya dokter lo. Ohiya lo udah sembuh ya. Yaudah lo sakit lagi, terus tanya keluhan gue pik. Sampe sekarang gue masih bingung jawabannya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tips gue tuh bang . bisa di lihat cek ajah

      Hapus
  7. Wah gue bersyukur bukan bagian dari cowok pe-rokok, menurut gue rokok itu udah ada larangannya dan akibatnya jelas ditulis tapi kenapa mereka masih negrokok ya? Tulisannya kurang gede kali xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang kece bang tulisannya haha

      yagitulah, udah jadi candu gituh

      Hapus
  8. Hahahaa,,, sudah dapat hikmahnya?? THink twice before do something :)

    BalasHapus
  9. suka.suka... gitu dong berenti merokok, kan gak baik juga buat kesehatan, untung aja belum terlalu parah dan masih bisa disembuhin, kalo misalny udah stadium akhir kan gawat.. keep fighting aja againts rokok pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok pak sih -_-'

      i'm still young mamen

      Hapus
  10. alhamdullilah dengan perjuangan 7 bulan lamanya, akhirnya lo bebas dari rokok, bang. Good job.

    Btw waktu lo berobat dan bilang "masih jomblo", obat apaan yang dikasih dari dokter nya bang? Bagi ke gue dong resep nyaaaaaaaaaaaaaaaa.

    BalasHapus
  11. wah postingan bagus nih buat cwok2 yg hobi ngerokok...
    emang gitu...klo udah kena paru2nya sampe parah, baru deh brenti ngerokok...

    Bagus banget tuh klo km udh berenti...sebelum terlambat dan gak tertolong...hiii

    Iya..kudu berani nolak tawarannya...klo gak berani, ujung2nya bkalan ikut ngerokok walopun sbnernya gak suka ngerokok...

    BalasHapus
  12. tanpa rokok cowok tetep kelihatan ganteng kok :)

    BalasHapus
  13. Rokok sebenernya banyak banget manfaat baik yang terkandung didalemnya, salah satunya nih buat bahan dasar Pembersih lantai wkwk :D
    Keren lu bang bisa berhenti, biasanya banyak orang yang berenti kalo udah punya penyakit parah selama die ngerokok, lu kayknye perlu jadi motivator buat para perokok bang :D ceilaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue udah kena penyakit parah. salah satunya jomblo akut :D

      Hapus
  14. selamat jadi lelaki sejati dan jadi orang ganteng ya bang :D kan katanya yg ga ngerokok itu lelaki sejati dan orang ganteng hehehe

    BalasHapus
  15. KEREN PANDU!!
    yah, keren lah walopun dulu sempet jadi perokok sekrang you quit smooking which is sooo good!! buat apa coba ngerokok nggak ada untungnya sama sekali, udah mbakar duit, mbakar paru paru juga. trus, cewek jga jauh lebih suka sama cowok yang bersih dari asap kecuali cewek cewek yang...you know lah..
    so, semangat! behehehe

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, akhirnya Tofik berhenti merokok. Iya betul. Belajar dari kesalahan. Dari sana banyak sekali ilmu dan hikmah yang kita dapat. Dan dari sana kita jadi tahu, kesehatan itu mahal harganya.

    Ketika Allah memberikan kesehatan yang indah, kenapa kita tidak menjaganya? ^^

    BalasHapus
  17. baguslah berhenti merokok :p toh gak ada gunanya ngerokok itu ...

    ane sendiri T_T sering2 batuk kalo deket orang perokok --"

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*