Langsung ke konten utama

Mendatangkan Mood (bukan pawang)


www.zazzle.com

Mood nulis atau ngeblog kadang ilang kadang kadang muncul gitu ajah, mood jadi sesuatu yang penting untuk menghasilkan ide-ide untuk menulis, buat sebagian orang nulis itu gampang gak perlu mood, tinggal corat-coret atau ngetik sesuka hati, tapi kelihatan musatahil buat blogger kaya gue yang moodnya kadang ilang kadang muncul gitu ajah dan gue bukan seorang penulis buku yang idenya muncul seketika, seolah ide itu selalu mengikuti sang penulis.

Ada cara mendatangkan mood buat nulis tapi tidak dengan mendatangkan ide, tapi kalo menurut gue, kalo kita nyari semut itu gampang inget dengan yang satu ini “ada gula pasti ada semut”, sama kaya ide, kalo ada mood pasti ada ide jadi kaya teori stimulus-response, ketika kita memberikan stimulus (rangsangan) otomatis maka akan ada response. Itu memang bener kalo mood itu datang, secara langsung ide itu muncul dan begitu juga sebaliknya, jadi antara mood dan ide saling melangkapi atau lebih tepatnya mereka itu pasangan yang serasi gak mungkin bisa di pisain hanya umur yang memisahkan mereka, ya begitulah. (inget ini menurut gue)

Mood itu sifatnya abstrak gak bisa kita jamah, pegang dan ciumin tapi bisa kita rasakan keberadaannya, mood ini sodaraan sama emosi dan masih ponakannya angin tapi gak sama kentut soalnya dia bisa kita ciumin alias beraroma. Gue mau bagi-bagi sedikit tentang cara bagaimana mendatangkan mood menurut pengalaman gue sendiri. check this out!




Yang pertama mood atau suasana hati itu sebenerenya bisa kita buat dengan mendengarkan, sesuatu yang positif, karena kalo kita denger-denger yang gak enak otomatis hati kita jadi gak karuan. Contohnya dengerin berita tewasnya tukang gorengan disebabkan karena gorengan yang ia jual mengandung plastik ember yang ia masukan kedalam penggorengan biar gorngannya tahan air, dan perbuatan curang itu ketauan oleh salah satu pelanggannya dan si abang gorengan pun langsung di gebugin tanpa ampun, itu kan serem banget men, jangan dengerin berita kaya begituan kalo mood lo mau dateng, pancing dengan dengerin yang positif dan lakukan hal-hal yang positif juga.

Yang kedua sosialisasi, tapi nih ya adakalnya hati kita lagi gak mau ngapa-ngapain dan pengen menyendri, jangan biarkan itu terjadi, kenapa? Itu gak mungkin bisa nyelesin masalah lebih baik kita berbagi sama sahabat baik kita atau orang tua kita, tapi kalo kesendirian buat lo nyaman yah whatever lah. Situasai yang kaya gitu biasanya gak bertahan lama paling sampe lu sadar kesendirian lo buat keadaan jadi makin rumit soalnya gak ada yang bisa kita ajak tuker pikiran atau sosialisasi, masalah yang lo dapet di seselsein sendiri itu jadi gak maksimal men.

Yang ketiga jaga kesehatan, jangan sampe lo sakit kalo udah terlanjur sakit cepetan di obatin, bila sakit berlanjut hubungi tukang becak  dokter. Yang namanya sehat itu mahal makannya mahasiswa kedokteran bayar kuliahya sampe puluhan juta, gak nyambung sih. Kalo misalnya kita sakit itu udah mood pasti gak bakal dateng, yang dateng malah mood’ah-mood’ahan cepet sembuh ya.
Untuk menjaga kesehatan salah satu yang paling simple adalah olahraga, kalo makan-makanan yang sehat itu mah gue gak rekomendasiin soalnya gue ajah gak tau makanan yang gue makan itu sehat apa gak, yang penting sebelum makan gue baca bismilah dan terakhir gue baca hamdalah udah dan gue masih tetep sehat wal afiat.

Udah segitu ajah gue gak bisa kasih lebih, sebenernya ada beribu cara buat datengin si mood ini tapi gue bukan pawang mood jadi sory kalo tips yang gue berikan di atas agak membingungkan kalian sebagai pembaca, actually gue juga lagi berusaha buat ngejaga mood gue dalam menulis dan ngeblog dan yang diatas itu adalah sebagian cara gue buat munculin mood. Terakir gue mau pesen jangan maksain nulis kalo lu gak mood, sesuatu yang berawal dari paksaan biasanya sih gak bakal nyaman dan gak enak buat di jalanin, gue juga gak maksa lu ngelakuin apa yang gue tulis diatas.

So, Ikhlas lah dalam sebuah keadaan yang sulit kawan, itu secara langsung mendeewasakan pemikiran kita. (endingnya agak gak nyambung)


Komentar

  1. Sekarang aku lagi mood buat memberi komentar. Hahaha. Sungguh, benar-benar ini tidak dipaksa. Dan, kalau kamu mau melihat, di tulisanmu ada yang salah ketik jadi 'obtain'. Tapi sayangnya aku tahu itu maksudnya obatin, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di ganti bang hehe
      maksih udah ngingetin

      Hapus
  2. iya, bang.... gue klo lgi ga mood bawaannya diema aj trus, ga mau ngapa''in. tapi klo makan kga brenti, heran juga gue bang -_______-'', sorry mlah jdi curhat gue

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga papa bang lu bisa curhat, anggep ajah gue papa dedeh

      Hapus
  3. Kalo gue lagi gak mood itu bawaannya denger lagu yang melow, ato nonton pilem, abis itu ada kemungkinan mood gue balik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ide yang bagus bang, gue rekomendasiin buat kedepan thanks

      Hapus
  4. Kalau lagi ga mood itu enaknya tidur, atau jalan jalan, atau pulang kampung. Dijamin moodnya balik lagi.

    Mood ah mood ahan tips saya juga bermanfaat.:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, tidur dan jalan2 atau pulang kampung

      Hapus
  5. Sama, aku juga susah mau nulis kalo gak ada mood. Biasanya sih biar dapat mood bagus aku browsing-browsing atau dengar musik. Tapi masalahnya mood biasanya datang pas udah malam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, browsing-browsing atau dengerin musik

      Hapus
  6. Bener tuh, susah banget kalo nulis tapi gak ada mood.
    tulisan jadi ngalur-ngidul kemana2...yg awalnya bahas masalah kesehatan, bisa2 endingnya jd bahas waria yang transplantasi kelamin...hehehe

    kalo gue sih biasanya baca2 buku yg ringan gitu, supaya mood gue bisa balik lagi..hehhe

    BalasHapus
  7. Justru kalo sakit itu bisa jadi bahan buat ngeblog. Misal, "Aku lagi sakit nih. Kemarin sempet ke dokter dan dokternya ganteng loh. Bla bla bla..."

    BalasHapus
  8. yah masing2 kan punya cara dan trik terdendiri buat nulis :)
    oke

    BalasHapus
  9. sekarang gue lagi mood banget buat komen nulis "sekarang gue lagi mood banget" hehehe

    btw itu yang pertama tukang gorengan niat banget make plastik ember -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar renyah kata kang gorengannya bang

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...

Postingan populer dari blog ini

Orang-Orang yang Nggak Disukai di BBM

Alasan-Alasan Cewe Cantik Pacaran Sama Cowo Jelek

Belakangan ini, gue sering banget lihat cowo jelek pacaran sama cewe cantik. Saking seringnya gue sampe masuk angin. -lah? Yang ada di benak gue ketika lihat mereka berdua pacaran adalah “I’M A LOSER”. Iya, gue ngerasa kalo cewe-cewe sekarang udah kena fatamorgana, dan cowo jelek udah berhasil memanfaatkan situas itu.  Di pinggir jalan gue sering banget lihat mereka pacaran, entah disengaja atau nggak. Pas gue lewat mereka bersenda gurau, melempar tawa, membuat hati ini tersayat-sayat. Halah… Maklum jomblo.
Tapi kalo dipikir-pikir, mungkin nggak sih cewe cantik itu kena pelet? Kemungkinannya hanya 10 persen. Kenapa? Sekarang tampang bukan ukuran buat di jadiin pacar, termasuk buat para cewe-cewe cantik ini. Karena selain ganteng itu relatif, cewe-cewe sekarang juga sadar “money can change situation”. Uang bisa merubah segalanya, yang jelek-pun kelihatan ganteng, kalo duitnya banyak.

Cerita Akhir Tahun : Keguruan dan Kedokteran

Apa yang membedakan belajar dan berobat? Menurut gue yang mebedakan keduanya cukup mudah yaitu, tujuannya. Sebuah pertanyaan tadi adalah representasi dari keguruan dan kedokteran. Gue punya sedikit cerita tentang keduanya..
Hari selasa kemarin tepatnya tanggal 24 desember 2013 (ahh udah kaya surat ajah lengkap banget) seorang temen sekelas gue namanya Siti Kresna alias Memey, sedang bersama Dimas temen sekelas gue juga cuma dia agak tua, maaf yah mas gue sebut lo tua, umur emang nggak bisa bohong hampir sama kaya iklan mie. Mereka berdua sedang di laintai bawah kampus gue tercinta, mata gue yang sayu, langkah gue yang gontai, dan muka gue yang setengah panik karena kurang tidur dan kebelet pipis, tiba-tiba memey manggil gue dengan nada sedikit serius.
“Pik.. sini deh” “Bentar mey, si joni mau mau buang air” jawab gue sambil megangin resleting, biar pas gue masuk wc langsung curr..
Selesai pipis gue balik ke si Memey dan Dimas, mereka setia nungguin gue di bawah tangga sambil berdiri,…

Jenis-Jenis Ketawa Dalam Tulisan

Ketawa itu bermacam-macam jenisnya, dari zaman dinosaurus, manusia purba dan sekarang zaman 4L4y3rs. Ketawa mulai berevolusi, termasuk ketawa dalam tulisan, karena zaman udah cangih sampe akhirnya terciptalah handphone yang nggak cuma bisa ngobrol jarak jauh, tapi juga bisa mengirim pesan singkat atau SMS (Short Message Service.red). 
Sebelum tau lebih dalam jenis-jenis ketawa dalam tulisan, ada baiknya kita mengenal arti kata ‘ketawa’ atau pengertian ketawa. Menurut prof.Toples,.eSDe,.eSeMPe,.eSeMA.Kertawa adalah kata kerja, reaksi dari kejadian lucu yang kita lihat dan kita dengar sehari-hari atau duahari-duahari sehingga  menimbulkan tawa.  Kalo ada yang bertanya ‘tawa’ itu apa?

5 Alasan Kenapa Cowok Suka Sama Raisa

Raisa Adriana. Siapa sih yang nggak kenal sama cewek bersuara jazzy ini. Cewek asal Jakarta ini menjadi idola para kaum adam yang jomblo maupun yang udah punya pasangan. Gue sendiri suka sama Raisa. Bohong banget kalau cowok ditanya “suka nggak lo sama Raisa?” terus jawabnya “nggak”. Kecuali kalau cowoknya agak ngondek. Cyin..
Gue suka Raisa karena… apa yah bingung gue. Ya, suka ajah gitu. Kadang kalau gue suka sama seseorang suka nggak punya alasan. Aduh apasih. Malah curhat. Bukan cuman gue tapi banyak cowok di Indonesia raya ini yang suka sama Raisa. Lalu apa sih alasannya mereka suka sama Raisa.

Kompilasi Foto Manyun

Dalam mengekspresikan emosi ada kalanya kita nggak perlu marah-marah nggak jelas, ke orang yang kenal atau nggak kita kenal sama sekali. Iya, ngapain kita marah-marah sama orang yang kita nggak kenal. Entar dikatain stres. Lebih baik kita ekspresikan emosi kita ke dalam sebuah foto. Kalau misalnya kita lagi Bete, kita bisa pake ekspresi manyun.

Manyun adalah ekspresi dimana orang biasanya lagi dalam keadaan nggak enak hati, Bete, dan sejenisnya tapi sekarang manyun juga bisa dikatagorikan sebagai ekspresi seseorang yang sedang berpose dalam kilatan kamera. Dan menurut penelusuran gue, gue menemukan sesuatu yang sangat eksotis, epic dan membahana. Ternyata manyun juga dilakukan bukan hanya oleh seseorang yang sedang dalam proses menuju dewasa (baca: alay), tapi oleh selebriti dan masyarakat biasa, bahkan orang tua.

Cara Nolak Ajakan, Secara Halus

“Pik dugem yuk” ajak Joni. “Aduh.. gimana yah” “Udah ayok, jangan kebanyakan mikir nanti botak kayak Marijo Tegang, lo” “Ta… tapi Jon” topik terlihat ragu. “Kenapa? Udah ayok temen-temen yang lain udah pada gatel pengen joget Pik, ayok ahh” “Yaudah deh iya”
Kita terkadang bingung ketikaberhadapan dengan seseorang yang kita kenal bahkan sangat akrab, waktu dia ngajak, tapi kitanya nggak mau. Bingung karena nggak tau cara nolaknya. Kadang saking bingungnya diajak ngelakuin hal-hal yang negatif-pun, mau ajah. Padahal udah tau kalau itu nggak baik, tapi tetep mau, kalau udah kayak gitu, mutlak kita sendiri yang salah.