Selasa, 08 Januari 2013

Face Problems

Dalam hidup kadang kita gak tau bagaimana caranya kita bersyukur ketika menghadapi masalah yang sedemikian banyaknya, dan biasanya kembanyakan orang termasuk saya sendiri terlalu cepat mencari dalang dari masalah itu sendiri, seperti misalnya kita menyalahkan teman, atau orang-orang terdekat, kita bahkan menyalahkan diri kita sendiri dan gak sedikit juga yang menyalahkan keadaan. Itu memang salah satu kekurangan pada manusia, perlu kita ingat masalah bukan hanya kita hadapi tapi juga untuk kita selesaikan.

Mungkin kalau kita melihat masalah sebagai salah satu soal ujian yang di berikan tuhan pada kita, kita sedikit lebih optimis untuk menyelesaikannya bukan untuk di hadapi saja, karena secara logika soal yang diberikan akan kita selesaikan bukan untuk kita hadapi atau di lihat begitu saja. Hal seperti itu memang jarang terpikirkan oleh individu yang sedang dalam kekangan masalah termasuk saya sendiri. Apa karena kita sudah hidup di jaman yang serba instan mungkin kita juga menginginkan hal yang begitu cepat bahkan sangat cepat dan instan termasuk dalam menyelesaikan masalah.

Ingat kawan kesabaran adalah hal yang juga harus ada didalam mengatasi masalah, kita bukan mie yang bisa di buat instan kita benda hidup alias manusia, secara bahasa saja kita manusia mahluk hidup tentu saja kita membutuhkan proses untuk bisa menjadi manusia seutuhnya. Bukankah mie instan tadi juga terbuat dari tepung, telur dan bumbu-bumbu lainnya lalu menjadi mie yang bisa kita makan tidak lantas kita menyulapnya menjadi sebuah mie yang siap di masak. Apalagi kita harus memasaknya dulu untuk bisa kita makan. 

Lebih logis kalau kita mencari penyelesain masalah itu sendiri ketimbang menyalahkan takdir tuhan yang sudah pasti terjadi dan mustahil kita hindari, langkah yang lebih konkrit adalah kita sebagai manusia berusaha mengatasi segala masalah yang kita hadapi. Memang bicara kelihatan lebih mudah ketimbang melakukannya dan saya pun mengalaminya, tapi bukankah hidup ini pilihan kawan kalian tinggal memilih saja mau melakukannya dan mulai melangkah menyelesaikan atau diam saja melihat masalah itu selesai, sampai masalah lain menunggu untuk datang kepada kita karena tinggal menunggu waktu saja masalah baru itu datang.

Masalah memang selalu datang setiap saat tidak pernah tau waktu, dan kadang-kadang kita tidak pernah menginginkannya. Apa pernah terpikir kalau kita tidak mempunyai masalah mungkin hidup hanya akan menunggu mati belaka, terlihat membosankan. Whoever you are. The problem come to us forever and ever and ever. Jadi kita hanya bersiap-siap saja mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah dan menyelesaikannya, maka ketika masalah itu datang kita bisa mensyukurinya sebagai sesuatu yang mendewasakan kita membuat kita lebih mengerti bagai mana seharusnya hidup dan lebih berhati-hati dalam melangkah kedepan.

Untuk kawan-kawan sekalian baik itu yang sedang dalam masalah maupun yang sedang menyelesaikannya. Sabar kawan kita cari penyelesaian masalahnya, kita tidak sendirian masih ada orang-orang terdekat kita yang siap membantu menyelesaikannya, yang terdekat yaitu keluarga ada juga sahabat kemudian teman. Saya bukan sok bijak atau apalah itu, saya hanya mengingatkan kalian untuk tetap optimis menghadapi masalah dan menyelesaikannya tanpa mencari apa yang menyebabkan masalah itu terjadi. Perlu di ingat juga, setiap masalah yang tuhan berikan tidak akan melebihi kemampuan kita sebagai individu untuk menyelesaikannya. 

22 komentar:

  1. Masalah yg kita hadapi harus dijadikan sebagai kekuatan, bukan kelemahan yg akan membuat hidup kita semakin dalam penderitaan.

    nice post, mas bro. :)

    BalasHapus
  2. masalah dalam hidup memang berliku
    tapi kita jangan fokus sama masalah tp solusi dari masalah itu
    semangat ya

    n keep blogging n keep writing

    salam blogger energy

    BalasHapus
  3. msalah datang untuk menguatkan, bukannya utk melemahkan.
    smoga kita bisa lebih bijak dan dewasa dalam menanganinya. ^_^

    BalasHapus
  4. ulasannya begitu berat, tapi enak dibaca
    terkadang memang kita lupa akan arti syukur dan malahan selalu mengeluh
    hidup hrs dijalani dgn optimis dan penuh harap. kesabaran kunci utamanya.. semangat

    BalasHapus
  5. masalah itu memang harus ada dalam hidup, kita tidak akan pernah bersyukur mungkin jika tidak mempunyai masalah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget hen setuju deh sama kamu

      Hapus
  6. Memang kalo masalah dihindari itu sama saja membuat masalah baru yg lebih besar..

    BalasHapus
  7. nah itu bner bgt,,tanpa ada masalah dunia ne gak ad apa2nya, smoga kita sllu dberikan kekuatan utk mnghadapinya,, tak ada masalah yg tak bsa slesaikan,,,

    BalasHapus
  8. menurut ane sih masalah itu suatu pembelajaran dan ujian... itu aja bang

    BalasHapus
  9. bener coi, sabar itu kuncine sak wetoro wektu kolo mansane hahaha, bahasa jawa paham kagak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang bisa ga pake bahasa cina aja haha

      Hapus
  10. Having problems is what making us still being called as human.. konsep problem solving yang benar memang sama sekali tidak menyarankan kita untuk menyalahkan orang lain *apalagi Tuhan*, melainkan dengan melihat ke dalam diri, introspeksi, there should be something wrong inside, when something wrong happens in our life..

    but again, problem is the thing which makes us more mature :)

    BalasHapus
  11. MENGAPA UJIAN SEBERAT INI ?
    "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Surah Al-Baqarah ayat 286)

    MENGAPA AKU DIUJI?
    "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
    Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang
    yang dusta" (Surah Al-Ankabut ayat 2-3)

    MENGAPA UJIAN SEBERAT INI ?
    "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Surah Al-Baqarah ayat 286)

    BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA?
    “ Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah
    supaya kamu beruntung.” (Surah Al-Imran ayat 200)

    hehehe kepanjangan ya,,sori sori, tapi itu semua bisa dipelajari dari Alquran :)

    BalasHapus
  12. sebenernya kita menyalahkan keadaan sama dengan mengeluh ..
    gue juga kadang begitu ...
    gue gak munafik , susah juga buat ngilangin hal semacam itu ..

    BalasHapus
  13. saling mengingatkan bang, sesama blogger energy..

    BalasHapus
  14. ya kita memang harus menghadapi dan mencari solusi untuk berbagai masalah yg sedang nelanda. perlu diingat juga bahwa kita berusaha untuk memancing dan membuat masalah

    BalasHapus
  15. manusi pasti nggak luput dari kesalahan bang. tapi inget, setiap orang pasti memiliki kelebihan....
    salam dangdut!!!

    BalasHapus
  16. hidup itu kalo menurut gua emang harusnya punya masalah.. masalah yang kita harus hadapi dan menangkan pada akhirnya.. itulah nikmat hidup

    BalasHapus
  17. Orang sukses selalu punya masalah dalam hidupnya... :)
    Selamat sukses...

    BalasHapus
  18. masalah menjadikan kita lebih dewasa.
    bukan dihindari,harus dihadapi

    BalasHapus

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*