Kamis, 27 Desember 2012

Prilaku Mahasiswa


                   (Nilai anda sebagai mahasiswa dapat di lihat dari prilaku anda di kelas)  

           Bermacam-macam prilaku mahasiswa di dalam kelas atau lebih tepatnya keaktifan mahasiswa di dalam kelas itu sendiri, semangat mahasiswa adalah salah satu kunci menggapai keberhasilan dalam perkuliahan tapi rupanya ada hal lain yang perlu mahasiswa perbaiki yaitu prilaku kita di dalam kelas dan itu tergantung seberapa dewasakah kita di dalam kelas, maksudnya bagaiman? Seorang yang dewasa tidak akan mungkin menjadi pengacau dalam kelasnya, di saat teman-temannya sedang belajar dia malah ribut-ribet sendiri, mengobrol dan lain sebagainya. Prilaku di kelas bisa menjadi tolak ukur nilai mahasiswa. Ada tiga prilaku di dalam kelas yang mempengaruhi nilai mahasiswa.   
          
         Malas terjadi pada setiap mahasiswa, tapi biasanya penyebabnya adalah tidak adanya semangat belajar pada individu tersebut yang membuat dia tidak mengikuti mata kuliah. Saya sendiri pun kadang seperti itu tapi sekarang sudah tidak saya lakukan, tentunya bukan saya sendiri yang malas dalam masih banyak teman-teman saya yang malas, kepada salah satu teman saya. Saya menanyakan kenapa dia malas, apa alasannya. Dia pun segera memberi jawaban atas pertanyaan saya tadi, dia malas karena ternyata memiliki masalah pribadi kemudian membawa masalahnya kedalam aktivitas kuliahnya.
          
          Disaping mahasiswa yang malas, tentu saja ada yang rajin. Yang satu ini mungkin bisa disebut seorang yang dewasa, tingkat kedewasaannya membuat dia berfikir matang, sehingga setiap langkahnya penuh dengan pemikiran yang matang, termasuk kerajinan dia didalam kelas mengikuti mata kuliah. Karena dia berfikir kedepan, seseorang tentu saja akan mendapat nilai yang kurang baik dan itu tidak akan terjadi pada mahasiswa yang rajin.
        
        Di atas mahasiswa yang rajin masih ada mahasiswa yang aktif, namanya juga aktif selalu ada dalam kegiatan apapun yang ada di dalam kampus maupun luar kampus dan di kelas jug dia sangat atraktif ,seringnya melemparkan pertanyaan, sering berdiskusi kelompok dan dia seangat menojol di antara mahasiswa yang lain. Jangan tanyakan nilainya berapa pada mahasiswa yang satu ini, kaerena dia lebih maju beberapa langkan ketimbang semua mahasiswa lainnya dan satu hal yang membuat dia jadi superior dia selalu mendapat nilai A atau paling kecilnya B.
      
    Semua orang memang mempunyai kelebihannya masing-masing mungkin salah satunya ada pada mahasiswa yang aktif tadi, tapi bukan berarti mahasiswa yang lain tidak mempunyai kelebihan atau bakat. Semua manusia pada hakikatnya di berikan kelebihan atau kemampuan atau bakat, hanya saja mungkin mereka tidak seberuntung mahasiswa yang aktif. Salah satu solusinya adalah kita harus rajin belajar dan belajar dari kesalahan ,kedewasaan itu sendiri berperan mengantarkan kita pada sesuatu yang jelas dan membahagiakan termasuk menjadi mahasiswa yang aktif (dari malas menjadi rajin dan kemudian jadilah mahasiswa aktif) agar mendapat nilai yang memuaskan dan pada akhirnya lulus dengan nilai yang bagus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas komen dan kunjungannya. Kalau ada kesempatan gue bakal BW balik. Aku sayang kalian. Muachh.. *kecup basah*